Brilio.net - Ambeien atau wasir adalah suatu kondisi pembengkakan pembuluh darah pada saluran anus. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa malu karena mengidap penyakit ambeien. Banyak faktor ambeien yang dialami seseorang, seperti gejala nyeri dubur, gatal, perdarahan, dan kemungkinan prolaps (wasir yang menonjol melalui saluran anus).

Ada dua jenis ambeien yaitu ambeien internal, yang terjadi di rektum bawah dan ambeien eksternal, kemudian berkembang di bawah kulit di sekitar anus. Ambeien luar ini adalah yang paling tidak nyaman, karena kulit di atasnya menjadi iritasi dan terkikis. Ambeien luar, rasa sakitnya bisa tiba-tiba dan parah. Kamu mungkin merasakan atau melihat benjolan di sekitar anus. Sedangkan ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit, walaupun pada saat pendarahan.

Secara umum, ambeien biasanya disebabkan oleh sembelit kronis, mengejan saat buang air besar dan terlalu lama duduk di toilet. Semua hal itu mengganggu aliran darah ke dan dari daerah tersebut, menyebabkannya pembuluh darah membesar. Ketika ambeienmu sudah pada terjadi pendarahan, maka ambeien yang kamu alami sudah parah. Dulu memang ambeien sering dialami oleh kaum pria, namun saat ini pun sudah banyak perempuan yang terserang ambeien.

Kamu mungkin merasakan atau melihat benjolan di sekitar anus? Takut kan, kalau semakin parah dan membesar? Tak perlu susah untuk mengatasi ambeien dengan cara yang sakit seperti operasi. Beberapa bahan alami ini bisa mengatasi ambeien. Berikut 5 caranya untuk mengatasi ambeien tanpa operasi, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/7).

1. Kulit manggis.

Loading...

Cara mengatasi ambeien © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Kulit manggis berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh. Kandungan xanthone dalam kulit ini tidak hanya berfungsi sebagai anti-oksidan tapi juga dapat sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-plasmodial.

Cara penggunaannya:

1. Keringkan kulit manggis terlebih dahulu

2. Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut

3. Minum air rebusan tersebut setiap hari

2. Daun sirsak.

Cara mengatasi ambeien © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi wasir adalah daun sirsak. Ya, ternyata sirsak bukan hanya buahnya saja yang enak, namun pada bagian daunnya juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Daun sirsak mengandung senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Karena itu tidak salah jika kamu menggunakan daun sirsak sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Cara penggunaan:

1. Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral

2. Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja

3. Minum air rebusannya setiap pagi dan malam

3. Temulawak.

Cara mengatasi ambeien © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Pada umumnya masyarakat lebih mengenal temulawak sebagai bahan obat untuk mengatasi gangguan pada lambung dan dimanfaatkan untuk para ibu pasca melahirkan. Namun sebenarnya, temulawak memiliki sejuta manfaat dan khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya ambeien.

Cara penggunaan:

1. Siapkan rimpang temulawak 2 biji, 1 biji kunyit, dan air

2. Iris tipis-tipis kedua bahan itu, lalu rebus

3. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari setelah makan

4. Lidah buaya.

Cara mengatasi ambeien © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Lidah buaya memiliki efek pencahar (laxative), antiradang dan melembutkan kulit (emoliens).

Cara penggunaan pertama:

1. Siapkan lidah buaya dan juga air matang

2. Daging lidah buaya diparut atau dijus. Tambahkan segelas air matang dan 2 sendok makan madu murni. Saring lalu minum sarinya

Cara penggunaan kedua:

1. Siapkan lidah buaya, norit dan juga bubuk gambir

2. Lidah buaya dijus, tambahkan norit dan bubuk gambir secukupnya. Aduk hingga merata kemudian oleskan di bagian wasir

5. Daun sosor bebek.

Cara mengatasi ambeien © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@heppie_nia

Efek antiradang pada sosor bebek mengurangi pembengkakan dan peradangan. Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang mujarab. Hal ini dikarenakan banyak zat-zat dalam cocor bebek yang bermanfaat bagi tubuh antara lain glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin.

Cara penggunaan:

1. Siapkan 50 helai daun sosor bebek dan angin-anginkan hingga kering

2. Tumbuk halus dan simpan dalam wadah tertutup rapat

3. Cukup satu sendok makan bubuk daun sosor bebek lalu seduh dalam satu cangkir air panas

3. Minum setelah hangat. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari

RECOMMENDED BY EDITOR