Brilio.net - Komedo merupakan masalah wajah yang cukup mengganggu. Meski bukan suatu hal yang besar, namun komedo di wajah membuat penampilan seseorang menjadi tidak maksimal. Bahkan merusak rasa percaya diri seseorang. Tak hanya itu saja, komedo benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Jelas ini sangat mengganggu bukan?

Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul menyumbat pori-pori. Kemudian komedo berubah menjadi warna hitam ketika permukaan pori-pori tersebut terbuka dan terpapar oleh udara luar.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo, misalnya dengan facial, konsultasi ke dokter kecantikan, dan yang paling aman menggunakan bahan-bahan alami tanpa efek samping. Bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo, berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/7).

1. Lemon dan jeruk nipis.

Cara alami menghilangkan komedo © 2020 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Menghilangkan komedo dengan lemon maupun jeruk nipis, terbilang cukup ampuh dan caranya juga sangat mudah. Tinggal campurkan perasan air lemon maupun jeruk nipis dan campurkan dengan madu dan oleskan ke seluruh wajah terutama di area komedo hitam. Diamkan sampai kering dan bilang menggunakan air. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya.

Cara alami menghilangkan komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk soal kecantikan, lidah buaya memang bisa diandalkan. Lidah buaya bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan bisa menutup pori-pori. Tak hanya itu saja, komedo juga bisa terangkat dan benar-benar bersih.

Caranya cukup mudah, Oleskan gel yang ada di lidah buaya pada kulit wajah yang berkomedo. Diamkan sampai gel terasa kering, lalu bilas sampai bersih.

3. Madu.

Cara alami menghilangkan komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Madu dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika wajah berminyak, kamu bisa menggunakan madu untuk mengatasinya, komedo juga bisa diatasi dengan cepat. Madu membantu kulit Anda senantiasa terhidrasi dan mengencangkan pori-pori sehingga kulit terlihat lebih mulus.

Cara menggunakannya, oleskan madu pada area komedo dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Kulit jeruk.

Cara alami menghilangkan komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit jeruk bisa menjadi scrub yang bisa menghaluskan wajah sekaligus menghilangkan komedo. Cara membuatnya sangat mudah, yang kamu butuhkan hanyalah kulit jeruk dan gula pasir.

Pertama-tama steam wajah agar pori-pori terbuka untuk memaksimalkan proses scrubbing. Kemudian gunakan uap air hangat atau bisa juga menggunakan waslap yang telah dibasahi air hangat.

Haluskan kulit jeruk dan campurkan dengan gula, kemudian gunakan sebagai scrub. Jangan terlalu kencang menggosok ke wajah, lakukan secara perlahan. Setelah itu bilas bersih dengan air.

5. Pepaya.

Cara alami menghilangkan komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tak hanya melancarkan pencernaan saja, pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi kecantikan. Kandungan enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi dan melembabkan kulit. Juga dapat menyapu kulit mati dan membersihkan komedo membandel.

Caranya, haluskan daging buah pepaya matang. Kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Penyebab munculnya komedo

Tak hanya mencari tahu bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi komedo, namun kamu juga harus tahu apa yang menyebabkan komedo muncul di wajah. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Sering menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering ternyata bisa berdampak buruk pada kulit wajah. Salah satunya muncul komedo maupun jerawat. Tangan dianggap mengandung banyak kuman, karena kita gunakan untuk memegang berbagai macam benda asing. Tangan yang kotor atau tidak steril mampu membawa jutaan kuman apabila digunakan untuk menyentuh wajah. Oleh karena itu hindari menyentuh wajah terlalu sering, apalagi dalam kondisi tangan yang tidak steril.

2. Polusi dan asap kendaraan bermotor.

Kegiatan di luar rumah tentu membuat wajah kamu terkena paparan polusi, debu dan asap kendaraan selama di jalan. Polusi, debu dan terpaan asap knalpot kendaraan pun mampu membuat wajah mulusmu berubah menjadi tidak mulus dengan munculnya komedo yang membandel. Makanya, penting sekali membersihkan muka sehabis bepergian agar wajah tetap bersih dan sehat.

3. Makanan berminyak.

Mengonsumsi makanan berminyak seperti goreng-gorangan berlebihan juga nggak baik buat kondisi muka kamu. Makanan yang banyak mengandung minyak, akan memicu munculnya minyak berlebih terutama pada wajah.

4. Malas mencuci muka

Untuk mencegah komedo bandel, sebaiknya kamu rajin-rajin mencuci muka paling nggak dua kali sehari. Jangan malas cuci muka deh pokoknya.

5. Make Up yang berlebihan

Menggunakan make up yang berlebihan dan terlalu sering juga nggak sehat buat muka kamu lho ladies. Paparan produk kosmetik yang terus menerus bisa membuat bakteri semakin menumpuk. apalagi jika kamu nggak segera membersihkannya.

6. Merokok

Merokok nggak hanya berpengaruh pada kesehatan jantung dan janin, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Asap rokok mengandung partikel-partikel halus yang sifatnya berbahaya bagi wajah. Terpaan asap rokok terus menerus bisa membuat wajah kamu tidak bersih sehingga muncullah komedo maupun jerawat.

7. Hormon yang tidak stabil

Hormon yang tidak stabil pada manusia berakibat pada banyak hal. Salah satunya dengan kesehatan kulit wajah. Jika hormonmu sering berubah-ubah komedo akan rentan muncul di wajah mulusmu.

RECOMMENDED BY EDITOR