Brilio.net - Komedo merupakan masalah umum yang dialami hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Komedo muncul pada kulit wajah, namun dapat pula muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Komedo memang bukan masalah serius untuk kulit, namun jika tidak diatasi bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu orang juga merasa tidak percaya diri jika kulitnya tidak bersih.

Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul menyumbat pori-pori. Minyak ini dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori. Mungkin kamu menemukan komedo di wajah berwarna hitam, hal itu dikarenakan pori-pori terbuka dan terpapar oleh udara luar.

Jika kamu mengalami masalah komedo, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu yang paling aman adalah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan mengatasi komedo, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/6).

1. Lidah buaya.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Untuk soal kecantikan, lidah buaya memang bisa diandalkan. Lidah buaya bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan bisa menutup pori-pori. Tak hanya itu, komedo juga bisa terangkat dan benar-benar bersih.

Caranya cukup mudah, oleskan gel yang ada di lidah buaya pada kulit wajah yang berkomedo. Diamkan sampai gel terasa kering, lalu bilas sampai bersih

2. Lemon dan jeruk nipis.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Menghilangkan komedo dengan lemon maupun jeruk nipis, terbilang cukup ampuh dan caranya juga sangat mudah. Tinggal campurkan perasan air lemon maupun jeruk nipis dan campurkan dengan madu dan oleskan ke seluruh wajah terutama di area komedo hitam.

Diamkan sampai kering dan bilang menggunakan air. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Kulit jeruk.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kulit jeruk bisa menjadi scrub yang bisa menghaluskan wajah sekaligus menghilangkan komedo. Cara membuatnya sangat mudah, yang kamu butuhkan hanyalah kulit jeruk dan gula pasir.

Pertama-tama steam wajah agar pori-pori terbuka untuk memaksimalkan proses scrubbing. Kemudian gunakan uap air hangat atau bisa juga menggunakan waslap yang telah dibasahi air hangat.

Haluskan kulit jeruk dan campurkan dengan gula, kemudian gunakan sebagai scrub. Jangan terlalu kencang menggosok ke wajah, lakukan secara perlahan. Setelah itu bilas bersih dengan air.

4. Pepaya.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya melancarkan pencernaan, pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi kecantikan. Kandungan enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Juga dapat menyapu kulit mati dan membersihkan komedo membandel.

Caranya, haluskan daging buah pepaya matang. Kemudian gunakan sebagai masker wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

5. Madu.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Madu dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika wajah berminyak, kamu bisa menggunakan madu untuk mengatasinya, komedo juga bisa diatasi dengan cepat. Madu membantu kulit senantiasa terhidrasi dan mengencangkan pori-pori, sehingga kulit terlihat lebih mulus.

Cara menggunakannya, oleskan madu pada area komedo dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

6. Uap garam.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Garam mengandung senyawa ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral. Kandungan itulah yang bisa menghilangkan komedo.

Caranya, cukup dengan mendidihkan 1,5 liter air dan pindahkan ke sebuah wadah. Kemudian larutkan 3 sendok makan garam. Posisikan wajah berada tepat di atas wadah tersebut hingga terkena uap panas. Lakukan sekitar 5 10 menit.

7. Tomat.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Tomat dipercaya dapat mengatasi masalah komedo, hal ini dikarenakan tomat mengandung likopen yang bersifat antioksidan. Tak hanya membersihkan komedo, namun tomat juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, haluskan tomat sudah dicuci bersih. kemudian oleskan pada wajah secara merata (terutama pada bagian yang berkomedo). Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

8. Kunyit.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit memang sejak lama dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan kecantikan. Salah satunya adalah membersihkan komedo.

Caranya, mencampurkan dua sendok teh kunyit bubuk dengan dua sendok makan air daun mint. Oleskan pada area komedo dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kamu juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan beberapa bahan lainnya, seperti bubuk cendana dan susu. Setelah dicampur menjadi satu, oleskan pada wajah terutama pada bagian komedo. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

9. Kayu manis.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kayu manis juga sangat cepat dalam mengatasi masalah komedo. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan bahan alami satu ini.

Caranya, campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu. Setelah itu oleskan pada wajah sebelum tidur.

Diamkan semalaman. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Teh Hijau.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, hal ini karena kandungan sehat di dalamnya seperti vitamin E dan antioksidan. Teh hijau mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penumpukan komedo pada wajah.

Caranya, tempelkan ampas teh hijau yang sudah diseduh pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya, dan diamkan selama 15-30 menit sampai ampas mengering.

11. Scrub Kopi + gula.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Campuran kopi dan gula ternyata efektif dalam mengangkat komedo dan sel kulit mati. Caranya, siapkan 2 sendok bubuk kopi dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian tambahkan 1 sendok gula pasir. Kemudian gosokkan selama 1 menit pada wajah yang sudah dibersihkan.

12. Putih telur.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Putih telur dapat mengangkat komedo dengan cepat. Caranya, ambil bagian putih telur dan kocok. Lalu oleskan pada wajah terutama pada area yang berkomedo. Kemudian tempelkan kertas di tisu yang sudah dipotong sesuai kebutuhan.

Setelah itu oleskan kembali putih telur di atas kertas tisu yang sudah ditempelkan. Diamkan beberapa saat dan pastikan benar-benar mengering. Setelah itu angkat berpalahan. Kamu akan melihat komedo menempel pada seutas tisu tersebut.

13. Kedelai.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kedelai mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Tidak hanya membantu mengatasi masalah komedo saja, penggunaan masker kedelai secara rutin dapat mencerahkan wajah.

Caranya, rendam kacang kedelai dalam air selama satu hari. Kemudian haluskan dengan blender. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih.

14. Oatmeal dan Yoghurt.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Oatmeal dan Yoghurt merupakan paduan yang pas untuk menghilangkan komedo. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok makan yoghurt tanpa rasa, beberapa tetes air perasan lemon, dan sedikit minyak zaitun.

Setelah diaduk merata, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

15. Es batu.

Cara menghilangkan komedo secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Es batu juga bisa mengangkat komedo. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian tekan-tekan wajah menggunakan es batu secara perlahan, khususnya pada bagian wajah yang berkomedo. Cara ini dapat membuat komedo mengering dan mudah untuk diangkat.

Penyebab munculnya komedo.

Tak hanya mencari tahu bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi komedo, namun kamu juga harus tahu apa yang menyebabkan komedo muncul di wajah. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Sering menyentuh wajah.

Kebiasaan menyentuh wajah terlalu sering ternyata bisa berdampak buruk pada kulit wajah. Salah satunya muncul komedo maupun jerawat.

Tangan dianggap mengandung banyak kuman, karena kita gunakan untuk memegang berbagai macam benda asing. Tangan yang kotor atau tidak steril mampu membawa jutaan kuman apabila digunakan untuk menyentuh wajah. Oleh karena itu hindari menyentuh wajah terlalu sering, apalagi dalam kondisi tangan yang tidak steril.

2. Polusi dan asap kendaraan bermotor.

Kegiatan di luar rumah tentu membuat wajah kamu terkena paparan polusi, debu dan asap kendaraan selama di jalan. Polusi, debu, dan paparan asap kendaraan pun mampu membuat wajah mulus berubah menjadi tidak mulus dengan munculnya komedo yang membandel. Makanya, penting sekali membersihkan muka sehabis bepergian agar wajah tetap bersih dan sehat.

3. Makanan berminyak.

Mengonsumsi makanan berminyak, seperti goreng-gorengan, berlebihan juga nggak baik buat kondisi muka kamu. Makanan yang banyak mengandung minyak, akan memicu munculnya minyak berlebih terutama pada wajah.

4. Malas mencuci muka.

Untuk mencegah komedo bandel, sebaiknya kamu rajin-rajin mencuci muka paling nggak dua kali sehari. Jangan malas cuci muka deh pokoknya.

5. Makeup yang berlebihan.

Menggunakan makeup yang berlebihan dan terlalu sering juga nggak sehat buat muka kamu lho ladies. Paparan produk kosmetik yang terus menerus bisa membuat bakteri semakin menumpuk. apalagi jika kamu nggak segera membersihkannya.

6. Merokok.

Merokok nggak hanya berpengaruh pada kesehatan jantung dan janin, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Asap rokok mengandung partikel-partikel halus yang sifatnya berbahaya bagi wajah. Terpaan asap rokok terus menerus bisa membuat wajah kamu tidak bersih, sehingga muncullah komedo maupun jerawat.

7. Hormon yang tidak stabil.

Hormon yang tidak stabil pada manusia berakibat pada banyak hal. Salah satunya dengan kesehatan kulit wajah. Jika hormon sering berubah-ubah komedo akan rentan muncul di wajah.