Brilio.net - Tekonologi modern saat ini memang nggak bisa terlepas dengan adanya beragam inovasi yang mampu memudahkan kehidupan kita. Contohnya adalah jaringan wi-fi yang bisa kita temukan dengan mudah di banyak tempat saat ini.

Bahkan sekarang kalau ingin mengunjungi sebuah tempat, tak jarang kita nanya, "Ada wi-finya nggak?" Namun, kita seringkali lupa kalau semua hal pasti ada dampak negatifnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Health Agency menemukan bahwa router-perangkat yang menghubungkan sinyal wi-fi dengan alat komunikasi kita-ternyata punya efek yang berbahaya bagi tubuh. Router yang memancarkan gelombang elektromagnetik atau kita kenal sebagai WLAN ini ternyata bisa menyebabkan beragam penyakit.

Seperti yang brilio.net lansir dari dailyhealthgen ini, yuk kita simak apa aja sih akibat negatif dari wi-fi.

1. Berkurangnya konsentrasi.

pengaruh buruk wifi © 2016 brilio.net foto: tumblr.com

Radiasi wi-fi bisa menembus lebih dalam ke otak dan membuat sel-sel otak menjadi rusak, sehingga ini bisa menyebabkan gangguan konsentrasi, bahkan kamu bisa kehilangan memorimu dalam jangka pendek lho!

2. Sakit di kepala kronis.

pengaruh buruk wifi © 2016 brilio.net foto: healthtips

Hampir sama dengan yang di atas, gelombang radiasi yang dihasilkan wi-fi membuat sel-sel yang ada di otak menjadi rusak dan berakibat sakit kepala yang parah dan kamu juga akan mudah lelah karena paparan tersebut

3. Masalah tidur.

pengaruh buruk wifi © 2016 brilio.net foto: idesehat


BACA JUGA: 30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

Hasil studi  menunjukkan bahwa mereka yang terkena radiasi elektromagnetik secara signifikan lebih sulit untuk tertidur serta mengalami perubahan pola gelombang otaknya. Hal ini pada akhirnya juga dapat mengembangkan tingkat depresi maupun darah tinggi (hipertensi) yang diakibatkan kualitas tidur yang kurang baik.

4. Meningkatkan risiko masalah infertilitas.

pengaruh buruk wifi © 2016 brilio.net foto: ibudanbalita

Dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paparan frekuensi wi-fi dapat membawa efek negatif yang mempengaruhi sperma, di mana hal tersebut dapat mengurangi gerakan sperma dan menyebabkan fragmentasi DNA.

5. Risiko penyakit jantung.

pengaruh buruk wifi © 2016 brilio.net foto: dokter.id

Sebuah penelitian yang melibatkan 69 subyek melaporkan bahwa banyak yang terkena paparan radiasi elektromagnet mengalami peningkatan denyut jantung. Jantung kamu bisa mulai berpacu ketika kamu terkena frekuensi radiasi tingkat tinggi. Wah!

Memang sih kita nggak bisa hidup tanpa teknologi itu, namun kita juga harus bijak ya dalam penggunaannya. Kamu bisa coba mengganti wi-fi kamu dengan yang kabel. Selain itu juga hindari penempatan router di kamar tidur atau dapur. Jangan lupa untuk matikan wi-fi kamu ya kalau nggak dipakai.