Brilio.net - Rasa sakit di perut, seperi kram sering dialami wanita yang sedang menstruasi. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk berdiam diri sambil menahan rasa sakit tersebut. Maka tak heran segala cara dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi rasa sakit tersebut.

Muali dari cara tradisional hingga modern. Salah satunya adalah menerapkan cara tradisional seperti menaruh botol minum yang diisi dengan air hangat di atas perutnya. Cara tersebut memang dirasa ampuh dalam mengobati rasa sakit akibat menstruasi.

Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi rasa sakit tersebut, salah satunya dengan melakukan gerakan yoga. Dilansir dari laman Cosmopolitan.co.uk, bahwa rasa sakit harus dilawan dengan hal-hal produktif seperti yoga. Hal tersebut diamini seorang instruktur yoga bersertifikat bernama Kirsty Gallagher.

"Wanita menjalani siklus alami mereka setiap bulan, dan setiap hari kita berbeda -kadar hormon kita berbeda dan tingkat energi kita berbeda dengan latihan yoga kita bisa merespons itu," ujar Kirsty Gallagher.

Untuk mengatasu siklus tersebut Kirsty merekomendasikan melakukan berbagai jenis yoga untuk waktu yang berbeda dalam siklus menstruasi, berikut brilio.net rangkum dari laman Cosmopolitan.co.uk gerakan yoga yang dapat membantu mengatasi kram perut saat menstruasi.

Loading...

1. Child's pose.

 Pose yoga ini bantu atasi kram perut saat haid © 2019 brilio.net

foto: people.com

Gerakan ini sangat simpel, kamu hanya perlu mengikuti gerakan seperti bersujud. Dengan telapak kaki terbuka dan jempol kakimu menyentuh lantai, biarkan badanmu berada di antara dua kakimu. Lebarkan lenganmu diatas kepala, dan keningmu berada di matras. Alternatif lain, kamu bisa mencoba membuka telapak tanganmu ke atas apabila hal tersebut membuatmu lebih nyaman.

2. Standing forward fold.

 Pose yoga ini bantu atasi kram perut saat haid © 2019 brilio.net

foto: people.com

Gerakan ini dapat membantu wanita yang merasakan sakit di kaki. Selain itu gerakan ini bisa meregangkan seluruh bagian bawah tubuh. Kirsty menyarankan dengan menundukkan kepala dan tubuh ke bawah dan tangan yang menyentuh lantai, bisa meregangkan otot-otot di pantat dan paha kamu.

3. Supine twist.

 Pose yoga ini bantu atasi kram perut saat haid © 2019 brilio.net

foto: people.com

Tertidurlah dengan punggung menyentuh lantai, lalu tekukkan lututmu. Angkat satu kaki untuk berada diatas kaki lainnya dan biarkan kakimu menyentuh lantai. Kemudian, lebarkan tanganmu sampai membentuk formasi huruf T dengan telapak tangan menengadah ke atas. Bertahanlah dengan posisi ini sambil bernafas secara perlahan.

4. Supta Virasana.

 Pose yoga ini bantu atasi kram perut saat haid © 2019 brilio.net

foto: people.com

Pose santai ini dapat membantu para wanita untuk menenangkan dan meregangkan tubuh, terutama jika mereka menderita kram di kaki. Jika kamu merasakan sakit yang berlebihan, Kirsty menyarankan untuk berbaring dengan kaki ditekuk kebelakang, kemudian meletakkan tanganmu di perut dan bernapas perlahan. Hal ini dapat membantu meringankan kram.

RECOMMENDED BY EDITOR