Brilio.net - Buah plum adalah salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di Eropa dan Asia Barat. Buah plum Eropa berwarna merah dan ungu, empuk, dan terasa manis. Sedangkan buah plum Asia Barat berwarna hijau kekuningan dan rasanya cenderung asam. Namun ada juga buah plum yang berwarna putih kekuningan dan ungu kehitaman, semua tergantung pada jenis buah plum yang berbeda-beda.

Meski belum populer di Indonesia, namun buah plum sudah mulai dibudidayakan di berbagai daerah, khususnya di daratan tinggi. Ada juga yang menggunakan media tabulampot untuk menanamnya. Buah plum juga sudah banyak dijual di supermarket, baik dalam bentuk buah asli atau olahannya. Biasanya buah plum dijadikan olahan seperti selai dan manisan.

Kaya akan nutrisi, buah plum mengandung pottassium, selenium, vitamin C, mineral, dan betakaroten yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu buah plum dijuluki sebagai superfood yang bisa mencegah berbagai penyakit. Misalnya seperti mencegah penyakit stroke, jantung, dan kolesterol.

Namun tidak banyak yang tahu, ternyata buah plum juga bermanfaat bagi kesehatan pria lho. Penasaran apa saja? Berikut 4 manfaat buah plum untuk pria.

1. Memperbaiki kualitas sperma.

10 Manfaat buah plum bagi kesehatan, ampuh obati sembelit © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah plum dipercaya mampu memperbaiki kualitas sperma. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sperma akan terlindung dari radikal bebas dan racun anti oksidatif. Selain itu, vitamin C pada buah plum juga bisa meningkatkan motilitas sperma. Motilitas adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan sperma bergerak kedalam rahim dan menuju sel telur.

2. Meningkatkan kesuburan.

plum © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Seperti yang diuraikan diatas, buah plum mampu memperbaiki kualitas sperma, sehingga kesuburan pria pun ikut meningkat. Apabila sperma yang dikeluarkan berkualitas dan motilitasnya pun baik, maka potensi sperma yang membuahi sel telur pun semakin besar.

3. Meningkatkan stamina.

plum © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab menurunnya stamina pria adalah tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Nah, buah plum kaya akan zat besi yang baik untuk peredaran darah. Selain meningkatkan produksi sel darah merah, zat besi juga bisa menambah sirkulasi darah ditubuh. Sehingga jika rutin mengonsumsinya, peredaran darah akan lancar dan stamina pria pun akan meningkat.

4. Mencegah kebotakan pada pria.

plum © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Bukan hanya mahkota bagi wanita, rambut juga sama pentingnya bagi pria. Banyak pria yang tidak percaya diri karena kebotakan. Dalam banyak kasus, kerontokan rambut dan kebotakan terjadi akibat kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, buah plum juga bisa mencegah kebotakan pada pria karena zat besi yang terkandung didalamnya.

Cara penggunaanya

Buah plum bisa dikonsumsi langsung dengan memakan buahnya yang sudah masak. Namun ada juga cara lain untuk mengonsumsinya, yakni sebagai berikut:

1. Pasta buah plum

Bahan:
-4 buah plum segar
-3 gelas air panas
-gandum
-kefir
-biji rami

Cara membuat:
-Siapkan buah plum segar, cuci bersih
-Potong buah plum
-Masukan buah plum pada wadah
-Siram buah plum dengan air panas
-Tutup wadah dan diamkan selama 15 menit
-Tambahkan gandung, kefir, dan biji rami
-Aduk hingga menjadi pasta

2. Jus buah plum

Bahan:
-2 buah plum segar
-air secukupnya
-es batu secukupnya
-susu kental manis secukupnya

Cara membuat:
-Campurkan buah plum ait dan es batu
-Haluskan menggunakan blender
-Tambahkan susu kental manis agar semakin nikmat

3. Buah plum kering

Cara membuatnya:
-Potong-potong buah plum sesuai selera kemudian cuci bersih
-Keringkan dengan dipanggang
-Jika ingin dijemur, diamkan selama 3-4 hari hingga benar benar kering
-Rebus buah plum dengan air mendidih, kurang lebih suhunya hingga 250 derajat celcius.
-Buah plum kering siap dikonsumsi


mgg/deta jauda