Brilio.net - Komedo yang ada pada wajah dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Meski keduanya sama-sama mengganggu, namun bagi banyak orang menganggap komedo hitam yang membuat tidak nyaman. Ya, pasalnya komedo hitam terlihat secara kasat mata dan memengaruhi penampilan. Tentunya kalian tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan?

Perlu diketahui, bahwa munculnya komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta menyumbat pori-pori. Apabila dibiarkan komedo yang menumpuk itu akan menjadi jerawat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus rajin-rajin mencuci dan membersihkan wajah dua kali sehari. Namun jika ingin memberikan perawatan lebih pada wajah dan ingin mendapatkan hasil maksimal, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Bahkan kalian tidak usah repot-repot facial ke salon dan mengeluarkan biaya lebih untuk menghilangkan komedo, lho.

Penasaran cara-cara seperti apa yang mudah dan aman menghilangkan komedo di wajah kalian? Nah brilio.net telah merangkum dari beberapa sumber, 30 cara menghilangkan komedo paling ampuh dan simpel, dengan menggunakan bahan-bahan alami, Senin (12/11).

1. Menggunakan tomat

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Selain bisa dimakan dan menyehatkan tubuh, tomat bisa menghilangkan komedo yang bersarang di wajah. Kandungan antioksidan yang ada pada tomat diyakini ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Selain itu, tomat bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Caranya sangat sederhana, hancurkan tomat dengan diblender atau ditumbuk, lalu oleskan pada wajah. Gunakan masker tomat secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

 

2. Menggunkan putih telur

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Komedo dapat muncul akibat produksi minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Bila dibiarkan secara terus-menerus akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan kasar. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa menggunakan putih telur sebagai masker wajah alami. Pasalnya putih telur diyakini sangat ampuh membasmi komedo pada wajah.

Selain itu putih telur mengandung asam amino serta asam folat yang bisa mengecilkan pori-pori pada wajah dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya oleskan putih telur pada wajah yang berkomedo, kemudian lapisi dengan tissu. Ulangi hal tersebut hingga dua atau tiga kali, diamkan hingga mengeras dan mengering, lalu lepaskan.

 

3. Lidah Buaya

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Umumnya lidah buaya diketahui ampuh untuk menumbuhkan rambut atau mempertebal rambut. Namun pada kasus ini, ternyata lidah buaya mampu menghilangkan komedo yang selama ini menjadi musuh bagi kaum hawa. Kandungan zat saponin dan astrigent pada lidah buaya bisa membunuh bakteri dan mikroba yang ada pada wajah setiap manusia. Selain itu gel yang ada pada daging lidah buaya, diyakini ampuh mengurangi minyak berlebih pada wajah yang mengakibatkan munculnya komedo.

Cara menggunakannya juga mudah, pertama kupas lidah buaya, kemudian oleskan gel yang ada pada daging lidah buaya pada wajah, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih, untuk hasil yang maksimal lakukan hal tersebut secara rutin 2-3 kali seminggu.

 

4. Uap dari air panas

 

Uap dari air panas ternyata mampu membuka pori-pori sehingga kotoran serta komedo yang ada pada wajah lebih mudah untuk terangkat. Kali ini, jangan lupa juga siapkan plester pengangkat komedo atau porepack komedo. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama siapkan air panas pada mangkuk, kemudian arahkan wajah kalian pada mangkung yang berisi air tersebut agar uap mengenai wajah. Setelah lembab tempelkan pore pack komedo pada hidung, tunggu 15 menit lalu lepaskan pore pack.

 

5. Pasta gigi

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Umumnya pasta gigi digunakan untuk menggosok gigi agar bersih dan putih. Di sisi lain pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengangkat komedo pada wajah yang membandel. Carilah pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami atau herbal, karena sebagian pasta gigi ada yang megandung beberapa zat kimia dan tidak alami.

Jika kalian ingin mencobanya di rumah, caranya juga cukup mudah. Pertama oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berkomedo, kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

6. Madu

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Selain memiliki rasa manis dan bisa bisa dikonsumsi sebagai penambah stamina, madu juga dipercaya dapat menghilangkan komedo yang menumpuk pada wajah. Madu bisa dioleskan secara langsung pada wajah, atau dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain seperti jeruk nipis atau oatmeal sebagai scrub alami. Caranya oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan ait hangat.

 

7. Lemon dan Jeruk nipis

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Lemon dan jeruk nipis banyak mengandung antioksidan, serta vitamin C yang tinggi. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, lemon dan jeruk nipis juga bisa menghilangkan komedo yang ada pada wajah, bahkan komedo hitam yang paling mengganggu sekalipun. Jika digunakan secara teratur, wajah kalian akan tampak bersih dan terlihat cerah.

Cara menggunakannya juga mudah, cukup peras lemon atau jeruk nipis. Kemudian oleskan pada pada wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

 

8. Teh hijau

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata teh juga menyehatkan bagi tubuh bila dikonsumsi dengan takaran yang pas. Pasalnya teh mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit serta mampu menangkal radikal bebas.

Bahkan selain dikonsumsi, teh juga memiliki khasiat yang bisa menghilangkan komedo pada wajah lho. Cara penggunaannya, cukup tempelkan ampas teh yang sudah diseduh pada wajah berkomedo. Kemudian tunggu sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

 

9. Kedelai

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Kacang kedelai umumnya digunakan untuk membuat tempe, tahu, dan susu kedelai. Percaya atau tidak, ternyata kedelai juga ampuh membasmi komedo yang ada pada wajah. Kedelai memiliki kandungan vitamin yang hampir sama dengan teh hijau, yaitu vitamin E, tentunya bagus untuk kulit.

Caranya rendam kedelai selama 10 menit, lalu blender hingga halus untuk dijadikan masker. Sebelum menggunakan masker kedelai, jangan lupa uapi wajah terlebih dahulu. Setelah itu oleskan kedelai pada seluruh wajah, kemudian diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih.

 

10. Minyak Jarak

Dahulu minyak jarak sudah dikenal ampuh membersihkan dan memijat kulit tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Minyak jarak juga diyakini bisa membersihkan komedo yang bersarang pada pori-pori wajah lho.

Bila kalian ingin mencobanya di rumah, caranya sangat mudah. Oleskan minyak jarak pada seluruh wajah, pijat dengan gaya memutar selama satu menit, kemudian diamkan hingga mengering, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

 

11. Gula dan kopi

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Apabila gula dan kopi diseduh dengan air hangat akan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Namun jika ingin menghilangkan komedo pada wajah, gula dan kopi ini cukup dilarutkan dengan sedikit air hingga mengental. Kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo lalu gosok. Dengan cara begitu sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah akan hilang dan membuat kulit terasa lebih halus.

 

12. Pepaya

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Pepaya mengandung vitamin A, E, dan C yang baik untuk kecantikan kulit bahkan mengurangi komedo.
Caranya juga sangat mudah, haluskan pepaya kemudian oleskan pada seluaruh wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

13. Tepung gandum

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Kalian pasti terheran-heran kalau tahu ternyata tepung gandum bisa digunakan sebagai bahan dasar utama untuk mengangkat komedo. Biasanya tepung gandum hanya digunakan untuk membuat kue atau roti saja. Namun di sisi lain tepug gandum terbukti ampuh bisa menghilangkan komedo yang ada pada wajah.

Caranya juga mudah. Larutkan tepung gandum menggunakan air biasa atau air mawar sampai mengental. Kemudian oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 15 menit hingga mengering. Lalu bilas menggunakan air hangat.

 

14. Larutan air garam

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Biasanya garam digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan agar terasa lebih gurih dan nikmat. Di sisi lain garam ternyata terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo hitam yang mengganggu penampilan.
Cara menggunakannya juga cukup mudah. Larutkan garam pada semangkuk air panas, kemudian arahkan wajah pada mangkuk agar terkena uapnya. Setelah wajah terasa lembab, gosok wajah yang berkomedo dengan menggunakan kapas hingga bersih.

 

15. Es batu dan air jeruk

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Air jeruk dan es batu bisa untuk mengatasi komedo yang ada pada wajah. Cara yang tepat yaitu perasan air jeruk dibekukan menjadi es batu. Setelah itu, oleskan pada wajah yang berkomedo. Sebelum menggunakannya, pastikan tangan dan wajah kalian sudah dicuci bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan hal itu secara rutin.

 

16. Minyak Kelapa dan kunyit

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang bagus untuk kulit tubuh. Minyak kelapa juga diyakini bisa mengangkat komedo yang ada pada wajah. Untuk hasil yang lebih nyata dan maksimal campurkan dengan bubuk kunyit. Namun jangan menggunakan bubuk kunyit terlalu banyak karena dapat menyebabkan wajah berwarna kuning dan terkesan aneh.

Caranya larutkan satu sendok makan bubuk kunyit menggunakan minyak kelapa sampai mengental. Kemudian oleskan pada seluruh wajah, terutama bagian yang berkomedo, diamkan selama 10 atau 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat atau air dingin hingga bersih.

 

17. Kayu Manis dan madu

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Umumnya kayu manis dan madu digunakan sebagai bahan pelengkap minuman atau makanan. Perlu diketahui ternyata kayu manis dan madu bisa dipakai menghilangkan komedo. Kayu manis dan madu sama-sama mengandung zat antibakteri yang alami, sehingga mampu mencegah masuknya bakteri pada wajah yang bisa menimbulkan komedo atau jerawat pada wajah.

Caranya campurkan madu dan satu sendok teh kayu manis, aduk hingga merata. Lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih.

 

18. Yoghurt

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Selain enak dikonsumsi dan memperlancar Buang Air Besar (BAB), makanan yang berasal dari fermentasi susu sapi tersebut ternyata bisa membantu menghilangkan komedo pada wajah. Bila kalian ingin mempraktekkannya di rumah, caranya sangat mudah. Campurkan yoghurt dengan oatmeal hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan pada seluruh wajah dan gosok secara erlahan seperti menggunakan scrub pada umumnya selama 3 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

 

19. Pala dan susu

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Jika kalian memiliki alergi terhadap susu sapi, sebaiknya hindari membersihkan komedo menggunakan cara ini. Sedangkan kalian yang tidak memiliki alergi, bisa mempraktekkannya. Caranya gampang banget, campurkan satu sendok makan susu sapi bubuk dan biji pala. Kemudian beri sedikit air hingga mengental, lalu usapkan pada wajah yang berkomedo secara perlahan. Setelah dirasa cukup bilas menggunakan air bersih dan rasakan perbedaannya.

 

20. Menggunakan baby oil

 

Banyak orang yang memilih ke klinik kecantikan untuk mencari cara praktis menghilangkan komedo di wajah. Sekarang tak perlu lagi ke klinik kecantikan dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Caranya bisa menggunakan bahan-bahan alami dan aman untuk menghilangkan komedo dengan lebih praktis.

Salah satunya menggunakan baby oil dan minyak zaitun. Cukup campurkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan baby oil. Kemudian usapkan secara menyeluruh pada bagian wajah yang berkomdo, mijat secara perlahan lalu angkat dengan kapas, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

 

21. Menggunakan masker lumpur

Tentu kalian akan jijik jika membayangkan menggukan lumpur sebagai masker penghilang komedo pada wajah. Jangan berpikiran negatif dahulu. Lumpur yang digunakan untuk masker ini dijamin aman dan steril kok. Masker lumpur ini berasal dari kemasan siap pakai. Jadi kalian cukup mengikuti arahan atau petunjuk yang ada pada kemasan. Sangat mudah bukan?

 

22. Menggunakan cuka sari apel

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Kali ini ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan komedo. Cuka sari apel bisa membuat komedo yang ada di wajah kalian lebih cepat hilang. Pasti kalian ingin segera mencobanya di rumah kan? Caranya gampang banget, tuangkan cuka apel pada kapas, kemudian letakan pada seluruh wajah kalian dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

 

23. Menggunakan buah strawberry segar

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Buah jenis strawberry paling enak dan paling menyegarkan bila dijadikan jus. Selain dijadikan jus, strawberry umumnya digunakan sebagai topping pada kue. Namun di dunia kecantikan, strawberry digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan keriput, kulit yang kusam, kering, dan kulit berjerawat atau berkomedo.

Nah untuk kalian yang ingin menghilangkan komedo, cara ini bisa kalian praktekkan sendiri di rumah. Pertama haluskan 3 buah strawberry, campurkan dengan satu sendok madu, lalu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

 

24. Menghilangkan komedo dengan kentang

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab munculnya jerawat dan komedo pada wajah adalah bakteri. Nah, jika wajah kalian terdapat komedo dan ingin segera menghilangkannya, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan kentang. Kentang diyakini mengandung vitamin C dan anti-bakteri yang menghilangkan komedo pada wajah.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama cuci bersih kentang, setelah itu diparut, kemudian tempelkan parutan kentang pada seluruh wajah. Biarkan hingga mengering, lalu cuci bersih menggunakan air hingga bersih.

 

25. Menggunakan kacang almond

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Terkadang komedo putih dan komedo hitam, memerlukan perawatan yang berbeda-beda. Namun dengan menggunakan kacang almond, komedo putih atau komedo hitam dapat teratasi. Caranya juga cukup mudah, rendam 4 kacang almond selama satu jam di dalam air. Setelah direndam, tumbuk kacang hingga halus, kemudian oleskan pada seluruh wajah, jika perlu gosok pada bagian yang berkomedo secara perlahan. Jika dirasa sudah cukup, bilas dengan air hingga bersih.

 

26. Menggunakan bawang putih

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Bagi sebagian orang bau bawang putih tidak enak. Di sisi lain bawang putih mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan wajah. Salah satunya menghilangkan komedo hitam dan komedo putih. Caranya haluskan dua bawang putih, lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

 

27 Menggunakan daun fenugreek

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Bagi beberapa orang mungkin asing mendengar nama daun tersebut. Untuk menemukan daun ini kalian bisa membelinya di supermarket terdekat. Daun fenugreek ternyata memiliki khasiat yang mampu menghilangkan komedo pada wajah. Pertama siapkan satu gelas daun fenugreek, haluskan daun tersebut lalu beri sedikit air. Setelah itu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo, diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

 

28. Menghilangkan komedo menggunakan daun mint

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Selain menjadi penyegar pada minuman, ternyata daun mint sangat efektif untuk menghilangkan komedo pada wajah. Cara penggunaannya juga terbilang cukup mudah lho. Pertama siapkan beberapa lembar daun mint, haluskan daun mint, dan berikan sedikit air. Setelah oleskan pada bagian wajah yang berkomedo, bila perlu gosok secara perlahan. Kemudian bilas dengan air hingga bersih, pastinya wajah kalian terlihat bersih dan terasa segar kembali.

 

29. Menggunakan kulit jeruk

bahan alami basmi komedo pixabay.com

foto: pixabay.com

Banyak orang yang mendambakan kulit bersih, halus dan terbebas dari komedo. Nah jika kalian memiliki wajah yang berkomedo dan ingin segera menghilangkannya, tidak salahnya untuk mencoba cara baru dan alami. Salah satunya menggunakan kulit jeruk.

Coba saja gosokan kulit jeruk pada bagian wajah yang berkomedo, kalian akan merasakan komedo yang terangkat karena kulit jeruk. Selain itu kalian juga bisa membuat scrub dari kulit jeruk, caranya parut kulit jeruk dan campurkan dengan gula. Kemudian gosokan scrub kulit jeruk tersebut pada bagian wajah yang berkomedo, lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

30. Menggunakan plester pengangkat komedo

Bila komedo sudah banyak dan sulit teratasi, tidak ada salahnya bila kalian membeli plester pengangkat komedo atau pore pack. Kalian bisa mendapatkannya di minimarket atau supermarket. Cara penggunaannya juga mudah. Sebelum menggunakan produk tersebut pastikan sudah membersihkan wajah. Lalu sebelum menempelkan pore pack, basahi hidung menggunakan sedikit air. Diamkan selama 15 menit, kemudian lepaskan pore pack dari hidung.

 

Reporter: mgg/vaulika rinjani