Brilio.net - Virus Corona atau COVID-19 yang menjangkiti banyak manusia di berbagai negara membuat tiap negara memberlakukan beragam cara atau kebijakan demi mencegah lebih banyaknya korban jiwa. Hampir tiap negara melaporkan jumlah kenaikan warga yang terjangkit ataupun korban jiwa. Hal tersebut membuat tak sedikit negara memulai langkah-langkah seperti himbauan kepada warga agar tidak keluar rumah ataupun tempat keramaian hingga melakukan lockdown. Salah satu negara yang mempunyai langkah yang bisa jadi inspirasi bagi negara lain adalah Vietnam.

Langkah yang dilakukan oleh Vietnam adalah dengan membuat ruang disinfektan yang bisa digunakan oleh siapapun demi mencegah penyebaran virus Corona. Ruangan tersebut dibuat oleh tim dari National Institute of Occupational and Environmental Health serta The Hanoi University of Science and Technology dengan menggunakan ion air garam. Alat tersebut menggunakan sistem ruang disinfeksi mobile yang bisa ditaruh di area padat penduduk untuk memastikan keamanan dan membatasi penyebaran patogen berbahaya.

Ruang disinfektan ini dirancang secara modular sehingga dapat dengan mudah dilepas dan diangkut. Ini bertujuan agar ruangan tersebut dapat dipindah di lokasi yang angka terjangkit virus Corona-nya masih tinggi. Dikutip dari Vietnam.org, hanya dibutuhkan 15-20 detik untuk 'membersihkan' tubuh seseorang. Sistem instalasi yang lengkap dapat memenuhi kapasitas disinfeksi hingga 1.000 orang per hari.

Inilah beberapa potret ruang disinfektan yang brilio.net lansir dari Dream, Selasa (17/3).

1. Dapat diakses oleh siapa pun demi menghindari penyebaran virus Corona yang makin meluas.

Potret ruang disinfektan twitter

foto: SOHA.VN

Ruangan ini boleh dipakai oleh siapa saja demi menghambat penyebaran virus Corona. Ruangan ini juga dirancang berdasarkan prinsip penggunaan larutan garam terionisasi (anolyte) dalam bentuk kabut yang menyemprotkan seluruh tubuh dengan cepat untuk meng-disinfeksi permukaan tubuh. Sistem pada ruangan ini juga aman bagi yang memiliki kulit sensitif.

2. Bisa bersihkan sistem pernapasan.

Potret ruang disinfektan SOHA.VN

foto: SOHA.VN

Sistem ini terdiri dari dua ruangan, yang satu berbentuk semprotan air elektrolisis dan satunya lagi berupa bentuk tetesan yang mengarahkan panas dan ozon ke tubuh. Ruangan tersebut dapat membersihkan sistem pernapasan karena diproduksi dengan mengelektrolisis air biasa yang mengandung natrium klorida terlarut.

3. Memiliki sensor inframerah.

Potret ruang disinfektan SOHA.VN

foto: SOHA.VN

Menurut Prof. Dr. Doan Ngoc Hai, Direktur Vietnam Academy of Science and Technology (VAST), "Di dalam ruang disinfeksi tersebut terdapat sensor inframerah sehingga secara otomatis akan mengaktifkan proses penyemprotan begitu orang masuk ke dalamnya."

Hasil penelitian tes mikrobiologis pada manusia yang dilakukan oleh Departemen National Institute of Occupational and Environmental Health menunjukkan bahwa lebih dari 90% bakteri ataupun virus yang ada di permukaan tubuh dan pakaian sepenuhnya bisa hilang setelah melalui ruangan tersebut.