Brilio.net - Kita pasti sudah tak asing lagi dengan bawang putih. Bawang putih adalah nama tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium.

Selain sering digunakan sebagai bahan utama untuk bumbu dasar masakan. Bawang putih juga memiliki banyak kandungan yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, bawang putih mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai antibakteri alami.

Terdapat beberapa jenis bawang putih, salah satunya adalah bawang putih tunggal. Bawang putih tunggal sendiri adalah bawang putih yang tidak ada teman dalam satu wadah kulit bawang putih atau memiliki satu siung.

Sekilas tampak mirip, namun bawang putih tunggal memiliki bentuk yang berbeda dari bawang putih yang sering kita temui di dapur. Bawang putih tunggal atau juga dikenal dengan bawang putih lanang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10).

1. Meningkatkan stamina.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih tunggal mampu menjadikan otot dan jantung bekerja lebih efektif, sehingga olahraga akan lebih maksimal. Selain itu, bawang putih tunggal juga dapat menjadikan kita lebih produktif dan tidak mudah lelah.

2. Mencegah timbulnya jerawat.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Kandung antioksidan dalam bawang putih tunggal dapat menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat. Bawang putih tunggal kaya akan antioksidan, sehingga bawang jenis ini dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit dan memperlambat sembuhnya jerawat.

3. Mengobati sakit gigi.

bawang putih tunggal istimewa

foto: Instagram/@skinrenewalsa

Bawang putih tunggal juga dapat menyembuhkan sakit gigi. Sifat antiseptik dalam bawang putih tunggal dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga nyeri dapat teratasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah bawang putih tunggal saat sakit gigi. Senyawa allicin dalam bawang putih tunggallah yang bisa membunuh kuman penyebab sakit gigi.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin yang bisa menangkal virus. Sehingga jika kita rutin mengonsumsinya dapat memperkuat daya tahan tubuh.

5. Mengobati diabetes.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih lanang memiliki sifat hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menggepreknya terlebih dahulu, lalu dikunyah. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan agar madu tersebut adalah madu asli rendah gula.

6. Mengatasi ambeien.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih tunggal berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Cara menggunakan bawang putih tunggal sebagai obat ambeien adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian dioleskan pada sekitar anus atau daerah yang sakit. Selain dioleskan, bawang putih tunggal juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus sayuran.

7. Menurunkan kadar kolesterol.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih dikenal efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dari 500-100 miligram kolesterol. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus bawang putih dengan air atau dihaluskan.

8. Menyehatkan jantung.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bawang putih tunggal memiliki kandungan yang bermanfaat bagi jantung. Bawang ini mampu mengontol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, dapat mengurangi risiko aterosklerosis yaitu gangguan yang terjadi pada jantung.

9. Mengobati asma.

bawang putih tunggal istimewa

foto: Instagram/@wirafarmaapotek

Memiliki sifat antiperadangan, bawang putih tunggal juga mampu mengobati penyakit asma. Asma sendiri termasuk dalam jenis penyakit radang. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih tunggal kemudian campur dengan madu lalu minum.

10. Mengatasi flu.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk mengobati flu. Bumbu dapur ini kaya akan kandungan yang dapat memperbaiki sistem imun. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium dan sulfut. Senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit flu. Kamu bisa mencincang bawang putih sampai halus kemudian masukkan dalam satu gelas air, aduk merata lalu minum untuk mengobati penyakit flumu.

11. Menurunkan berat badan.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Zat yang terdapat dalam bawang putih membuat tubuh yang sedang aktif berolahraga memakai lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak dari biasanya. Sehingga gabungan antara aktivitas fisik dan kandungan bawang putih mampu menurunkan berat badan lebih maksimal. Selain itu, bawang ini juga bisa memperkecil munculnya lemak baru.

12. Mencegah demensia.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Penyakit demensia adalah penyakit penurunan fungsi otak, salah satunya adalah penurunan daya ingat. Kandungan antioksidan dalam bawang putih tunggal mampu melindungi otak dari sel yang menua dan rusak, sehingga penyakit demensia dapat teratasi.

13. Mengobati infeksi paru-paru.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Pada umumnya, infeksi paru-paru disebabkan bakteri, kuman dan virus pada paru-paru. Bawang putih tunggal mengandung sifat antimikroba dan antibakteri yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit ini. Agar lebih maksimal, gunakan bawang putih tunggal dengan mengonsumsinya dua kali sehari.

14. Mencegah kanker.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih tunggal mampu mengurangi risiko penyakit kanker terutama penyakit kanker usus besar dan kanker perut. Bawang lanang mengandung Organosulfida yang dapat membantu kinerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker perut dan kanker besar.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih tunggal lebih aman dari serangan kanker usus besar dan perut dibanding dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi bawang putih tunggal.

15. Meningkatkan kadar estrogen pada wanita.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih tunggal juga dapat membuat wanita lebih subur. Karena bawang putih tunggal mampu meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh wanita. Selain itu, mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum masa subur akan meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita.

16. Menjaga dan menambah stamina ibu hamil.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih dapat membersihkan darah dan membantu sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga wanita memiliki stamina yang baik untuk mengandung dan menjaganya tetap sehat.

17. Mencegah kelainan kromosom pada bayi.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Bawang putih tunggal mengandung vitamin B6, vitamin C dan selenium yang akan mencegah kelainan kromosom pada bayi yang dikandung.

18. Menambah gairah seksualitas bagi pria.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Kandungan sumber vitamin B6 dan selenium berguna untuk mengatur hormon reproduksi pria dan memperkuat imun. Caranya dengan mengonsumsi bawang putih bersama dengan kuning telur. Minum ramuan tersebut setiap pagi atau sebelum melakukan hubungan suami istri agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

19. Mencegah rusaknya sperma.

bawang putih tunggal istimewa

foto: pixabay

Kaya akan kandungan antioksidan membuat bawang putih tunggal dapat mencegah rusaknya sperma.

20. Melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual.

bawang putih tunggal istimewa

foto: istimewa

Bawang putih mampu melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual karena bawang putih mengandung allicin. Allicin adalah zat yang berfungsi melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

reporter: mgg/hameda rachma