Brilio.net - Kecil, putih, tersembunyi, dan mengganggu, mungkin empat kata itu dapat mewakili gambaran sariawan. Meskipun bentuknya kecil dan kadang tidak terlihat, namun sariawan seringkali mengganggu aktivitas dan juga nafsu makan. Apalagi sariawan bisa timbul lebih dari satu karena berbagai faktor.

Sariawan atau stomatis aftosa adalah luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sariawan sering kali timbul di bagian dalam pipi atau bibir. Namun memang ada juga yang timbul di bagian lain seperti gusi atau langit-langit rongga mulut. Sariawan dapat timbul karena infeksi virus dan sifatnya tidak menular.

Perasaan tidak sabar seringkali muncul saat orang mengalami sariawan. Berbagai obat di pasaran dipercaya mampu menyembuhkan sariawan. Mulai dari obat minum, obat oles, hingga obat kumur. Namun kalau kamu tak kunjung sembuh dengan obat-obatan ini, mungkin saatnya kamu beralih ke bahan-bahan alami yang ampuh menyembuhkan sariawan. Ada banyak pilihan obat sariawan alami. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (7/12), berikut 18 obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih.


1. Cranberry.

foto: pixabay.com



Pernah mengonsumsi cranberry? Cobalah membuat jus cranberry dan nikmati kesegaran dan khasiatnya. Bahkan jika kamu minum jus cranberry sebelum makan, ternyata mampu menghilangkan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat. Dengan cara ini kamu dapat menikmati cranberry sekaligus mendapatkan manfaatnya.


2. Kunyit.

Loading...

foto: unsplash.com



Pasti kamu tidak asing dengan bumbu dapur satu ini. Ya kan? Selain mampu menambah cita rasa pada makanan, kunyit juga terkenal dengan akarnya yang mengandung zat aktif yang diketahui sebagai kurkumin.

Kandungan pada kunyit memiliki manfaat antiinflamasi dan antibiotik. Kamu bisa mengobati sariawan dengan mudah tanpa perih menggunakan kunyit dengan mengoleskannya pada sariawan. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.


3. Daun basil.

foto: pixabay.com



Banyak orang yang tidak menyadari kalau daun yang sekilas mirip dengan kemangi ini memiliki kaya manfaat, salah satunya sebagai obat sariawan. Kandungan alami pada daun basil dipercaya mampu menjadi obat alami sariawan yang mudah dicari dan tidak perih. Cara mengonsumsinya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunyah daun basil saat kamu mengalami sariawan.


4. Tomat.

foto: freepik.com



Tomat sering kita manfaatkan untuk pelengkap makanan atau dinikmati dalam bentuk jus. Buah berwarna merah ini juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Namun tak hanya itu saja, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang besar. Hal ini tentu baik untuk menyembuhkan sariawanmu. Makan tomat 3-4 kali sehari dapat membantumu menyembuhkan sariawan secara alami.


5. Daun kemangi.

foto: pixabay.com



Mungkin selama ini kamu sering mengabaikan kemangi di hidangan lalapanmu. Padahal daun ini memiliki manfaat penting bagi tubuh lho. Bagi kesehatan, daun kemangi mampu mengatasi jerawat, menyehatkan sistem pencernaan, mencegah stres, bahkan mengobati sariawan juga.

Nah, coba deh, konsumsi daun kemangi untuk mengatasi sariawanmu. Ambil beberapa helai daun kemangi yang sudah dicuci bersih, kunyah, dan berkumurlah setelah itu. Kamu bisa melakukannya 3-4 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.


6. Daun seledri.

foto: freepik.com



Daun seledri biasanya sering ditemukan sebagai pemanis pada tampilan makanan. Namun rupanya seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C.

Manfaatkan daun seledri sebagai obat alami untuk sariawanmu dengan cara menghancurkan beberapa helai daun seledri, lalu oleskan daun seledri pada bagian yang terkena sariawan.

2 dari 3 halaman




7. Biji jeruk bali.

foto: pixabay.com



Biji jeruk bali memiliki kandungan antibiotik kuat yang mampu membantu menghancurkan kuman yang menyebabkan infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan melindungi kulit yang terluka di area sariawan. Hal ini juga mampu mengurangi peradangan dan mencegah bau saat sariawan.

Kamu bisa menggunakan biji jeruk bali sebagai obat sariawan dengan cara menambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke cangkir yang berisi air hangat. Lalu gunakan campuran tersebut untuk obat kumur setelah menggosok gigi. Kamu bisa menggunakan ramuan ini tiga kali sehari.


8. Madu.

foto: freepik.com



Madu adalah salah satu obat alami bagi berbagai penyakit. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang membantu meminimalisir rasa perih dan mempercepat pemulihan. Kamu cukup mengoleskan pada bagian yang terdapat sariawan dan lakukan hal ini secara rutin agar cepat sembuh.


9. Pisang.

foto: unsplash.com



Apakah kamu penggemar pisang? Kalau iya, kamu mendapat berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat sariawan. Pisang mengandung vitamin C yang mampu mengobati sariawan tanpa perih.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mencampurnya dengan madu. Kamu bisa menghaluskan pisang dan campurkan dengan madu hingga merata. Oleskan pada sariawan selama 10 menit dan kumur hingga bersih setelah selesai.


10. Lidah buaya.

foto: freepik.com



Tak hanya baik untuk wajah, lidah buaya juga bisa menjadi solusi sariawanmu. Lidah buaya mengandung antibakteri yang mampu menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, menghilangkan bakteri, dan mengurangi peradangan.

Untuk penyembuhannya, kamu perlu menyiapkan daun lidah buaya, cuci hingga bersih dan oleskan getah lidah buaya pada area sariawan. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.


11. Kelapa.

foto: unsplash.com



Kelapa adalah tumbuhan yang memiliki beragam manfaat, mulai dari batang, daun, buah, serabut, dan lainnya. Kelapa juga menjadi penyejuk suhu tubuh yang pada beberapa kasus merupakan penyebab sariawan. Cara memanfaatkan cukup mudah, kamu hanya perlu berkumur dengan air kelapa atau meminumnya.


12. Air garam.

foto: freepik.com



Memanfaatkan air garam sebagai obat sariawan menjadi pilihan yang praktis dan efektif. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang mampu mencegah sariawan berkembang lebih parah.

Bumbu dapur ini juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk jamur sariawan yang berada di mulut. Kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke satu gelas air hangat. Aduk rata kemudian gunakan air ramuan itu untuk berkumur. Setelah selesai bilas dengan minum air putih.

3 dari 3 halaman




13. Kantong teh.

foto: unsplash.com



Tahukah kamu, kantong teh mengandung asam tanin yang memiliki antivirus yang mampu menyembuhkan sariawan? Kandungan teh juga dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam. Kamu perlu menempelkan kantong teh pada luka sariawan sekitar lima menit.


14. Yoghurt.

foto: freepik.com



Rasa nikmat pada yoghurt memang paling pas dinikmati untuk mengisi perut namun tidak menimbulkan banyak lemak. Selain itu yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk obat sariawan yang ampuh.

Tapi ingat, pilih yoghurt dengan varian plain atau tanpa rasa. Meminum yoghurt mampu mencegah pertumbuhan sariawan dan membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kamu bisa rutin mengonsumsinya saat sariawan.


15. Tea tree oil.

foto: unsplash.com



Tea tree memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang mampu menyembuhkan sariawan. Kandungan tea tree oil juga dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan lebih cepat.

Teteskan tea tree oil  ke air hangat, lalu gunakan larutan tersebut sebagai bahan kumur beberapa menit. Lakukan 2 kali sehari untuk sariawan yang segera membaik.


16. Susu.

foto: freepik.com



Susu memiliki kandungan kalsium yang mampu melawan bakteri yang menyebabkan luka. Lemak yang terdapat di dalamnya juga menjadi antivirus yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Hal ini yang menjadikan susu baik untuk pengobatan alami sariawan. Selain itu kandungan magnesium di dalamnya juga meredakan rasa sakit akibat sariawan.


17. Es batu.

foto: unsplash.com



Ya, es batu bisa banget meredakan nyeri akibat sariawan. Es batu mempu membantu luka cepat mengecil dan sembuh. Sensasi segarnya juga dapat meringankan rasa sakit pada sariawan.

Caranya, kompreskan es batu langsung pada titik yang terdapat sariawan beberapa saat atau hingga mencair sepenuhnya.


18. Jus lemon.

foto: freepik.com



Jus lemon dipercaya memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang mampu melawan jamur penyebab sariawan. Untuk penggunaannya, campurkan separuh lemon ke dalam cangkir air hangat atau dingin. Minum ramuan ini atau gunakan sebagai obat kumur. Mudah bukan?





RECOMMENDED BY EDITOR