Brilio.net - Ada begitu banyak penyakit di dunia, tak sedikit di antaranya dapat menyebabkan kematian dengan cepat. Dari sekian banyak penyakit yang ada, kanker merupakan satu penyakit mengerikan yang paling mematikan. Kanker dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia.

Saking berbahayanya penyakit ini, bahkan diperingati hari kanker sedunia. Menurut catatan Dinas Kesehatan Republik Indonesia pada laman depkes.go.id, pada Januari 2019 tercatat Indonesia berada pada urutan 8 di Asia Tenggara. Sedangkan di Asia, Indonesia berada pada ke-23.

Berbicara mengenai kanker, tak banyak yang tahu pasti bagaimana penyakit ini bisa muncul di dalam tubuh. Namun masyarakat kini perlu banyak belajar mengenai penyakit ini. Setidaknya apa saja gejala yang muncul, agar bisa semaksimal mungkin berkonsultasi dan menangkal kanker.

"Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar," kata Kepala Biro Komunikas dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, dilansir dari depkes.go.id.

Nah, kanker apa saja yang sering muncul di Indonesia dan bagaimana cara mengenali gejala awalnya? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (18/6).

Loading...

1. Kanker payudara.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker payudara merupakan penyakit paling tinggi membuat kaum wanita meninggal. Gejalanya di antaranya adalah muncul benjolan yang semakin membesar pada payudara, payudara mengalami perubahan bentuk, ukuran, dan warna payudara dan puting mengalami perubahan.

2. Kanker lidah.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Tak pernah ada yang menyangka lidah yang ada di dalam mulut juga dapat terjangkit kanker. Gejalanya bermula dengan muncul bercak merah atau putih pada lidah yang tak kunjung sembuh, sakit saat mengunyah, tenggorokan terasa sakit, hingga lidah terus membengkak hingga mengeluarkan darah tanpa penyebab yang jelas.

3. Kanker serviks.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker ini terjadi pada leher rahim, jalan keluarnya bayi. Gejalanya keputihan yang tidak normal, vagina mengeluarkan darah terus menerus di luar waktu menstruasi, keram saat berhubungan badan, pinggul belakang sering terasa nyeri dan sakit.

4. Kanker kulit.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kulit merupakan bagian luar tubuh, bagian ini juga bisa terjangkit kanker. Gejalanya di antaranya adalah muncul benjolan seperti tahi lalat secara tiba-tiba, penghilatanmu tiba-tiba terganggu, jerawat muncul dan hilang pada tempat yang sama, muncul tahi lalat di telapak kaki, muncul noda hitam di pipi.

5. Kanker rahim.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker ini menyerang tempat di mana bayi berada. Gejalanya adalah wanita yang sudah menopause tapi masih mengeluarkan darah dari vagina, nyeri panggul yang berlebih, muncul cairan encer berwarna kemerahan dan memiliki bau menyengat, sakit ketika berhubungan badan, darah menstruasi yang berlebih.

6. Kanker prostat.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker ini menyerang kaum pria, sampai sekarang belum ada rekomendasi untuk bisa mendeteksi kanker prostat secara dini. Namun ada gejala awal yang perlu kamu tahu, seperti urin saat kencing mengandung darah, nyeri pada pinggang, kaki terasa semakin lemah, muncul masalah ketika ereksi.

7. Kanker darah.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker darah sering dikenal dengan nama Leukemia. Gejala yang perlu kamu tahu adalah demam, badan terasa lelah dan berkepanjangan, sering terjadi infeksi, tubuh akan mudah berdarah dan memar, terjadi mimisan secara terus menerus, tulang terasa nyeri.

8. Kanker paru-paru.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker ini identik dengan pernapasan. Gejala awalnya di antaranya adalah batuk terus menerus tak kunjung sembuh, sesak nafas, dada terasa nyeri, suara menjadi serak, berat badan turun drastis, hingga batuk sesekali mengeluarkan darah.

9. Kanker otak.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Otak merupakan organ paling penting manusia, karena semua saraf berpusat di otak. Kanker otak salah satunya bisa muncul akibat tumor otak, selain itu sakit kepala yang berlebih juga menjadi gejala umum dari kanker otak. Tak hanya itu saja, gejala lainnya adalah kejang, badan mudah lemas, hingga sulit berjalan.

10. Kanker hati.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Hati adalah tempat di mana semua racun di olah, di sinilah racun dinetralisasi dan hati akan memberikan penawarnya. Gejala apabila hati terserang sel kanker pada tahap awal adalah perut terasa nyeri, tinja berubah warna menjadi pucat, mudah merasa mual dan muntah, berat badan turun drastis, muncul penyakit kuning, hingga perut membesar karena sebab yang tak jelas.

11. Kanker ginjal.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker ginjal muncul dengan tanda-tanda demam, badan mudah mengeluarkan keringat di malam hari, tekanan darah naik, berat badan turun drastis, nyeri dan bengkak pada bagian punggung bawah dan pinggang, hingga air kencing berubah warna merah seperti darah.

12. Kanker usus (besar).

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Usus merupakan tempat mencerna segala makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ciri-ciri awal kanker usus adalah perut terasa kembung dan susah buang air besar, tinja berdarah, anus terasa nyeri, tekstur tinja berubah drastis entah berubah menjadi sangat keras atau jadi sangat encer.

13. Kanker pankreas.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Pankreas mempunyai dua fungsi utama yaitu penghasil enzim dan hormon endoktrin. Gejala awal ketika pankreas terjangkit kanker adalah pencernaan terganggu, perubahan pola buang air besar, badan terasa gatal secara berlebih, demam menggigil, diabetes, sering mual dan muntah, hilangnya selera makan, hingga darah yang keluar mudah menggumpal.

14. Kanker lambung.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Gejala awal kanker lambung yang perlu kamu tahu seperti ulu hati tearasa nyeri, perut kembung dan mudah bersendawa, mual, muntah, cepat kenyang saat makan, asam lambung sering naik tiba-tiba, kesulitan untuk menelan, hingga berat badan turun dengan drastis.

15. Kanker kandung kemih.

Jenis kanker di Indonesia pixabay

foto: pixabay

Kanker kandung kemih terjadi saat sel yang ada di dalamnya tumbuh secara berlebih dan tak bisa dikendalikan. Gejala awal kanker kandung kemih di antaranya adalah ketika buang air kecil terasa nyeri seperti terbakar, sering muncul rasa ingin buang air kecil, hingga urin berubah warna menjadi merah.

RECOMMENDED BY EDITOR