Brilio.net - Jika selama ini susu yang dikonsumsi kebanyakan berasal dari sapi, kini tak cuma susu sapi yang beredar di pasaran. Selain susu sapi, ada pula susu kambing yang tentunya berasal dari hewan berkaki empat.

Sekarang sangat mudah menjumpai susu kambing, bahkan sudah dibuat dalam bentuk kemasan yang mempermudah seseorang untuk langsung mengonsumsinya.

Komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan Air Susu Ibu (ASI), sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia. Sudah jelas, bukan? Susu kambing merupakan minuman terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (4/12), para peneliti mengungkapkan susu kambing juga kaya akan kalsium, asam lemak baik, dan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh.

Sementara itu, mineral yang terkandung susu kambing di antaranya zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi. Tak heran jika susu kambing menjadi minuman protein yang jadi alternatif bagi sebagian orang.

Bagi kamu yang senang mengonsumsi susu kambing, kamu akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut rangkumannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (4/12).

Loading...
2 dari 3 halaman


1. Obati penyakit empedu.

foto: medicalnewstoday.com

Susu kambing memiliki khasiat dalam mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Orang-orang yang menderita penyakit jantung, epilepsi, kista fibroid, penyakit kandung empedu, dan batu empedu dapat diatasi dengan kerap mengonsumsi susu kambing.

2. Melancarkan sistem pencernaan.

foto: blog.feelaliveuk.com

Keistimewaan lain susu kambing adalah memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan tersebut membuat susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi. Tak hanya itu, protein susu kambing yang dihasilkan oleh aktivitas asam lambung akan jauh lebih lembut. Dengan demikian, tidak terjadi penggumpalan dan dapat diserap lebih baik oleh usus.

3. Mengatasi anemia.

foto: recuperatery.com

Jika kamu memiliki masalah anemia, maka mengonsumsi susu kambing secara rutin akan sangat membantu. Pasalnya, susu kambing dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hemoglobin baru.

4. Menurunkan kolestrol.

foto: express.co.uk

Kelebihan lain dari susu kambing adalah asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat. Kandungan lemak esensial yang dimiliki susu kambing disebut lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik.

5. Dapat mengobati tuberkulosis dan asma.

foto: medicalnewstoday.com

Susu kambing bisa menjadi obat untuk mengatasi penyakit tuberkulosis (TB) dan asma. Kandungan flourin dan betacasein dalam susu kambing bisa mengobati penyakit TB. Selain itu, susu kambing juga bisa menjadi obat paling ampuh dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan.

6. Mencegah stres dan penyakit saraf.

foto: pulseheadlines.com

Ketika kamu merasa stres karena berbagai persoalan atau kelelahan, mengonsumsi susu kambing hangat akan membantu lebih rileks. Tak hanya itu, kandungan zinc dan magnesium pada susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

3 dari 3 halaman


7. Mengatasi osteoporosis.

foto: universityhealthnews.com

Rutin mengonsumsi susu kambing akan sangat membantu mengatasi osteoporosis, terutama bagi lansia. Kadar kalsium pada susu kambing bisa dibilang tinggi. Selain itu, terdapat asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan memadatkan tulang.

8. Meningkatkan produksi ASI.

foto: popsugar.com

Kandungan kalsium pada susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi. Jika susu kambing dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan, maka akan sangat baik untuk melancarkan produksi ASI.

9. Mengobati diabetes.

foto: doctormurray.com

Seseorang yang mengalami diabetes, mengonsumsi susu kambing adalah pilihan yang tepat. Pasalnya susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk hasil maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

10. Menghindari penumpukan lendir.

foto: everydayhealth.com

Bagi orang yang kerap mengonsumsi susu kambing, maka akan sangat kecil mereka mengalami masalah pernapasan akibat penumpukan lendir. Lemak tinggi pada susu sapi adalah alasan terjadinya penumpukan lendir dan susu kambing memiliki lemak lebih rendah, sehingga menghindari iritasi usus.

11. Menyehatkan kulit.

foto: zimbio.com

Susu kambing kaya akan silikon, mineral yang secara positif memengaruhi kulit, rambut, kuku dan sistem saraf. Rutin mengonsumsi susu kambing kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan sekaligus.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

foto: uniteddentalgroup.co.uk

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa merasakan manfaat dari mengonsumsi susu kambing. Namun anak-anak pun bisa merasakannya. Rutin memberikan susu kambing pada anak akan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

13. Tinggi kalori.

foto: medium.com

Dilansir dari berbagai sumber, dalam satu cangkir susu kambing terkandung 168 kalori. Selain itu, secangkir susu kambing juga mengandung sekitar 6,5 gram lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh dan kalori pada susu kambing ini lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Seperti diketahui, mengonsumsi susu lemak jenuh dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi susu kambing sangat baik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR