Brilio.net - Selain susu sapi, susu kambing juga banyak digemari oleh masyarakat. Sekarang sangat mudah menjumpai susu kambing, bahkan sudah dibuat dalam bentuk kemasan yang mempermudah seseorang untuk langsung mengonsumsinya.

Komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan Air Susu Ibu (ASI), sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia. Susu kambing mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin B, Thiamin, Niacin, vitamin C, selenium dan juga seng. Selain itu, susu kambing juga mengandung zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi. Tak heran jika susu kambing menjadi minuman protein yang jadi alternatif bagi sebagian orang. Sudah jelas, bukan? Susu kambing merupakan minuman terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, nggak cuma baik untuk kesehatan, susu kambing juga sering digunakan untuk merawat kecantikan. Molekulnya yang lebih kecil dibandingkan susu sapi membuat kandungan pada susu kambing lebih mudah terserap oleh kulit. Nggak heran jika saat ini banyak produk kecantikan seperti sabun, lulur atau masker yang terbuat dari bahan dasar susu kambing.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat susu kambing? Berikut 25 manfaat susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (24/6).

- Manfaat susu kambing untuk kesehatan.

susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Obati penyakit empedu.

Susu kambing memiliki khasiat dalam mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Orang-orang yang menderita penyakit jantung, epilepsi, kista fibroid, penyakit kandung empedu, dan batu empedu dapat diatasi dengan kerap mengonsumsi susu kambing.

2. Melancarkan sistem pencernaan.

Keistimewaan lain susu kambing adalah memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan tersebut membuat susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi. Tak hanya itu, protein susu kambing yang dihasilkan oleh aktivitas asam lambung akan jauh lebih lembut. Dengan demikian, tidak terjadi penggumpalan dan dapat diserap lebih baik oleh usus.

3. Mengatasi anemia.

Jika kamu memiliki masalah anemia, maka mengonsumsi susu kambing secara rutin akan sangat membantu. Pasalnya, susu kambing dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hemoglobin baru.

4. Menurunkan kolestrol.

Kelebihan lain dari susu kambing adalah asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat. Kandungan lemak esensial yang dimiliki susu kambing disebut lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik.

5. Dapat mengobati tuberkulosis dan asma.

Susu kambing bisa menjadi obat untuk mengatasi penyakit tuberkulosis (TB) dan asma. Kandungan flourin dan betacasein dalam susu kambing bisa mengobati penyakit TB. Selain itu, susu kambing juga bisa menjadi obat paling ampuh dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan.

6. Mencegah stres dan penyakit saraf.

Ketika kamu merasa stres karena berbagai persoalan atau kelelahan, mengonsumsi susu kambing hangat akan membantu lebih rileks. Tak hanya itu, kandungan zinc dan magnesium pada susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

7. Mengatasi osteoporosis.

Rutin mengonsumsi susu kambing akan sangat membantu mengatasi osteoporosis, terutama bagi lansia. Kadar kalsium pada susu kambing bisa dibilang tinggi. Selain itu, terdapat asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan memadatkan tulang.

8. Meningkatkan produksi ASI.

Kandungan kalsium pada susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi. Jika susu kambing dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan, maka akan sangat baik untuk melancarkan produksi ASI.

9. Mengobati diabetes.

Seseorang yang mengalami diabetes, mengonsumsi susu kambing adalah pilihan yang tepat. Pasalnya susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk hasil maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

10. Menghindari penumpukan lendir.

Bagi orang yang kerap mengonsumsi susu kambing, maka akan sangat kecil mereka mengalami masalah pernapasan akibat penumpukan lendir. Lemak tinggi pada susu sapi adalah alasan terjadinya penumpukan lendir dan susu kambing memiliki lemak lebih rendah, sehingga menghindari iritasi usus.

11. Menyehatkan kulit.

Susu kambing kaya akan silikon, mineral yang secara positif memengaruhi kulit, rambut, kuku dan sistem saraf. Rutin mengonsumsi susu kambing kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan sekaligus.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa merasakan manfaat dari mengonsumsi susu kambing. Namun anak-anak pun bisa merasakannya. Rutin memberikan susu kambing pada anak akan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

13. Tinggi kalori.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam satu cangkir susu kambing terkandung 168 kalori. Selain itu, secangkir susu kambing juga mengandung sekitar 6,5 gram lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh dan kalori pada susu kambing ini lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Seperti diketahui, mengonsumsi susu lemak jenuh dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi susu kambing sangat baik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

14. Memiliki anti-inflamasi alami.

Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu dengan mudah memisahkan diri atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi.

Dengan kondisi tersebut, membuat pencernaan menjadi mudah serta gampang diserap tubuh. Orang dengan masalah usus menemukan jawaban yang efektif untuk mengatasi penyakit radang usus. Sifat probiotik dalam susu kambing mengdorong sistem pencernaan berkembang dengan baik.

15. Menjaga sel dalam tubuh.

Jenis kambing yang biasa diperah susunya yakni kambing etawa. Susu kambing jenis etawa ini memiliki kandungan asaam amino triptofan pada susu kambing etawa bekerja dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf.

Bukan hanya itu, beberapa kandungan susu kambing etawa juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin yang berfungsi mengatur mood atau suasana hati anda. Lebih dari itu, kandungan kalium dalam susu kambing etawa bermanfaat menjaga sel tubuh secara keseluruhan.

- Manfaat susu kambing untuk kecantikan.

susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

16. Melembutkan kulit.

Susu kambing mengandung anti pembengkakan yang bisa melembutkan kulit kering dan kulit yang rusak. Ada pula kandungan trigliserid yang bertindak sebagai pelembap alami kulit. Selain itu, tingkat pH pada susu kambing bisa mencegah kulit kering dan bisa melindungi kulit dengan nutrisi.

17. Mengobati jerawat.

Mengaplikasikan susu kambing pada wajah bisa mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Hal in karena susu kambing mengandung alpha hydroxy acid alami, yang merupakan elemen exfoliant alami yang menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit.

Oleh karena itu, manfaat susu kambing secara tidak langsung juga mampu memperbaiki kulit berjerawat. Vitamin yang terkandung pada susu kambing memiliki beberapa sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat. Kandungan beberapa zat aktif dalam formula sabun susu kambing mampu mengatasi dengan optimal gejala-gejala jerawat kemudian menghilangkan secara alami flek-flek bekas jerawat.

18. Melembapkan kulit.

Selain melembutkan kulit, susu kambing juga dapat melembabkan kulit. Hal ini karena susu kambing mengandung PH yang setara dengan kulit yang akan membuat kulit nampak lembab dan lembut. Cara mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah dengan menggunakan masker susu kambing secara rutin misal 3 kali dalam seminggu.

19. Mencerahkan kulit.

Susu Kambing cocok untuk kulit kering, sensitif, eksim, psoriasis. Sabun susu kambing cocok untuk orang yang mempunyai jenis kulit kering atau sensitif, atau juga mempunyai masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Formula yang terdapat dalam susu kambing mampu menetralisir kulit dari kekeringan dan juga bisa menormalkan kulit yang cenderung berminyak.

Selain itu, susu kambing juga diyakini mengandung bahan alami yang bisa mengatasi kulit akibat tersengat sinar matahari terutama untuk kulit pada iklim tropis. Penggunaan susu kambing secara rutin bisa mencegah kulit kasar, kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan masker dari susu kambing secara teratur untuk mencerahkan kulit.

20. Mencegah penuaan dini.

Meski masih berusia muda, seseorang dapat mengalami penuaan dini seperti munculnya flek hitam hingga keriput.

Kondisi tersebut dapat dicegah, salah satunya dengan memanfaatkan susu kambing sebagai masker. Susu kambing dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Menggunakan masker susu kambing dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

21. Meregenerasi kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati yaitu dengan eksfoliasi. Kandungan Alpha-hydroxyl Acid (AHA) pada susu kambing bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Bahkan, ini juga bisa menghilangkan noda pada wajah.

Selain itu, susu kambing mengandung vitamin A yang berperan membantu proses perbaikan sel-sel kulit. Setelah sel-sel kulit mati terangkat, wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Kandungan nutrisi dalam susu kambing pun dapat membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak. Kulit pun akan tampak lebih cerah dan bersih.

22. Membantu membersihkan kulit.

Sabun yang berbahan dasar susu kambing menawarkan lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat. Hal ini memungkinkan untuk menghilangkan kotoran dan dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak alami pada kulit.

23. Menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit.

Susu kambing mengandung niasin yang berfungsi melindungi bagian epidermis kulit. Dalam hal ini manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit. Lapisan atau jaringan epidermis kulit adalah jaringan terluar kulit yang berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Akibatnya, kulit bagian luar tidak mudah rusak dan keriput.

24. Menjaga keseimbangan PH kulit.

Sabun dari susu kambing dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dengan sempurna. Asam kaprilat pada susu kambing dapat menurunkan keseimbangan pH sabun dan membuatnya hampir mirip dengan tubuh manusia. Hasilnya, kulit dapat menyerap sebagian besar nutrisi dari sabun dan berhasil mencegah serangan kuman.

25. Membuat kulit terasa kenyal.

Manfaat yang terakhir, mengonsumsi susu kambing dan menjadikannya masker wajah dapat membantu kulitmu menjadi lebih kenyal dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam susu kambing dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta membuat kulit lebih kenyal.