Brilio.net - Minyak zaitun pasti sudah tak asing lagi di kalangan wanita. Manfaatnya yang sangat banyak bagi kecantikan, membuat minyak ini menjadi salah satu produk favorit untuk perawatan wajah dan kulit. Minyak zaitun yang merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun dan telah populer sejak lama. Khasiatnya yang banyak untuk kecantikan maupun kesehatan sudah tak bisa diragukan lagi.

Meskipun harganya cukup menguras isi kantong, minyak ini memberikan banyak manfaat. Khasiatnya bisa dirasakan oleh wanita maupun pria. Selama ini kita sering mendengar bahwa minyak zaitun adalah produk yang terkenal di kalangan wanita. Namun ternyata, minyak zaitun juga memiliki banyak khasiat bagi pria.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun bagi pria yang brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Rabu (30/10).

1. Menurunkan impotensi.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

Loading...

foto: medicalnewstoday

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah kondisi dimana ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi, meskipun terdapat rangsangan seksual. Masalah seksual ini sering terjadi pada pria berusia 40 tahun ke atas.

Dilansir dari lifestyle.okezone.com, dalam sebuah penelitian minyak zaitun mampu mengurangi risiko impotensi hingga 40%. Seorang peneliti dari Universitas Athena menyebutkan bahwa minyak zaitun akan memangkas impotensi dalam jangka panjang. Caranya, cukup dengan mengonsumsi 9 sdm minyak zaitun setiap pekan.

2. Meningkatkan kadar testosteron.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Selain mampu mengurangi peluang impotensi, minyak zaitun juga bisa membuat hormon seks pria meningkat. Kaya akan kandungan yang berkhasiat membuat minyak zaitun mampu meningkatkan kadar testosteron pada pria. Caranya, cukup dengan meminum minyak zaitun sebanyak 9 sdm dalam satu minggu.

3. Menjaga pembuluh darah tetap sehat.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 600 pria dengan usia rata-rata 67 tahun, disebutkan bahwa diet kaya minyak zaitun mampu menjaga pembuluh darah tetap sehat. Dengan mengonsumsi minyak zaitun bersama dengan kacang, buah dan sayuran membuat hidup lebih sehat.

4. Meningkatkan sirkulasi darah ke organ vital.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan mengonsumsi minyak zaitun membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga pembuluh darah pun sehat. Hal ini membantu pria menjaga fungsi seksual agar tetap sehat. Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, atau menerapkan diet kaya minyak zaitu mampu membentuk kehidupan seks yang sehat.

5. Menjaga kesehatan jantung.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak zaitun mampu menjaga kesehatan jantung hal ini dikarenakan kandungan dalam minyak zaitun mampu memutarbalikkan efek peradangan yang disebabkan oleh infeksi kronis yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan arteri. Selain itu minyak zaitun juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun dapat melindungi LDL atau lemak jahat dari oksidasi dalam tubuh, sehingga tidak terjadi penggumpalan darah dan peningkatan fungsu lapisan pembuluh darah dalam tubuh.

6. Mencegah stroke.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Mengonsumsi minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit stroke. Kita bisa memakai minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa sawit untuk menggoreng. Berdasar pada sebuah penelitian di Perancis, disebutkan bahwa para lansia yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki peluang terkena penyakit stroke lebih kecil.

7. Menurunkan kolesterol.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu adalah penyuka makanan tinggi kolesterol seperti gorengan, hati ayam, burger udang dan lainnya kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol buruk, dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik. Caranya, cukup dengan mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sdm setiap harinya atau juga bisa dijadikan sebagai pengganti minyak goreng.

8. Mengurangi risiko diabetes.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak zaitun mengandung asam lemak yang mampu meregulasi dan menstabilkan insulin. Dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan dapat memperlambat risiko kenaikan kadar gula pada aliran darah ketika mengonsumsi makanan manis tinggi gula.

9. Mencegah obesitas.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak zaitun mengandung asam lemak sehat yang merupakan salah satu kunci dalam mengontrol insulin yang berlebih pada tubuh. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun selama kurang lebih 8 minggu dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibanding diet rendah lemak. Lemak sehat dalam minyak zaitun juga dapat mengenyangkan lebih cepat dibanding karbohidrat sehingga tak akan makan secara berlebihan.

10. Menyehatkan otak.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Dilansir dari sebuah sumber, minyak zaitun adalah minyak yang kaya akan kandungan asam lemak baik yang merupakan makanan bagi otak. Jika kebutuhan otak terpenuhi, maka daya ingat dan konsentrasinya akan meningkat.

11. Mencegah kanker.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Bagi orang yang mengonsumsi rokok, minyak zaitun dapat diseimbangkan dengan mengonsumsi minyak zaitun. Rokok yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh salah satunya adalah zat penyebab penyakit kanker dapat bisa diatasi dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung substansi anti-kanker seperti asam oleat, terpenoid, lignan dan squalane. Dari sebuat riset tahun 2004, buah zaitun dan minyaknya kaya akan antioksidan seperti tyrosol, asam fenil propionat dan acteoside.

12. Mengatasi depresi.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Sering kali kita mendapat masalah dalam hidup. Hal ini mampu memengaruhi mood kita menjadi buruk. Jika tidak segera diatasi dapat memicu terjadinya depresi.

Mengonsumsi minyak zaitun mampu mencegah gangguan mood dan mengatasi depresi. Hal ini berdasarkan dalam studi yang dilakukan pada tahun 2011 di Spanyol yang menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat menyeimbangkan kadar hormon sehingga mencegah gangguan saraf.

13. Menyehatkan kulit.

minyak zaitun © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Pria sering beraktifitas dan bekerja di luar ruangan yang mana dapat terkena paparan sinar UV. Terlalu sering terkena radikal bebas dan sinar UV menyebabkan terjadinya kanker kulit. Hal ini dapat diatasi dengan memakai minyak zaitun sebagai lotion.

Tidak hanya wanita, kulit pria pun membutuhkan makanan agar tetap sehat. Dengan rutin mengoleskan lotion minyak zaitun atau mengonsumsinya mampu membuat kulit tetap sehat.

mgg/hameda rachma

RECOMMENDED BY EDITOR