Brilio.net - Indonesia dipenuhi dengan berbagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Bahkan beragam jenis tanaman obat bisa kamu tanam di sekitar rumah. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah tanaman daun sirih. Selama ini mungkin kamu nggak asing dengan daun sirih hijau. Tapi ada juga jenis daun sirih merah yang nggak kalah memberikan manfaat lho. Pasalnya ada banyak kandungan yang bisa menjaga organ tubuh.

Di dalam daun sirih terkandung saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial. Ditambah lagi adanya sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Yang nggak kalah menarik, daun sirih merah kaya akan kandungan flavonoid. Beragam kandungan yang tersimpan di dalam daun sirih merah pun mampu menjaga tubuh dari luar maupun dalam. Nah kenali lebih dalam yuk apa saja manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari DrHealthBenefits.com pada Rabu (16/6) berikut ini.

1. Mengobati luka bakar ringan.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh © freepik.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

Daun sirih merah bisa kamu manfaatkan untuk mengobati luka bakar yang bersifat ringan. Pasalnya kandungan alkaloid, antioksidan, dan vitamin C di dalamnya membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

2. Mengatasi sakit perut.

Di samping itu, di dalam daun sirih merah juga terdapat kandungan terpenoid dan klavikula yang bisa mengobati sakit perut. Nah untuk memanfaatkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

3. Mengatasi mimisan.

Mimisan adalah salah satu kondisi yang kerap dialami banyak orang. Baik anak kecil hingga orang dewasa bisa mengalaminya. Jangan panik dalam mengatasinya, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk menghentikan darah yang mengalir, salah satunya dengan daun sirih merah. Sebab kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

4. Mengobati gusi berdarah.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Gusi berdarah dapat terjadi karena banyak faktor. Kondisi ini biasanya juga menyebabkan peradangan pada area gusi. Untuk meredakan kondisi kini kamu bisa merebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari. Manfaat itu bisa didapatkan dari adanya kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor yang akan meredakan peradangan pada gusi berdarah.

5. Mengatasi gatal karena serangga.

Gigitan serangga dapat mengakibatkan gatal yang mengganggu. Losion untuk meredakan gatal biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun selain itu kamu juga bisa mengatasi dengan mandi menggunakan air rebusan daun sirih merah. Caranya, siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

6. Meredakan batuk.

Selanjutnya daun sirih merah bisa mengatasi batuk. Nah untuk permasalahan ini kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih merah. Pertama, siapkan 5 lembar daun sirih dan 300 ml air. Lalu rebus daun sirih merah dengan air, kemudian minum 2 kali sehari.

7. Mengatasi bronchitis.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Meminum air rebus daun sirih merah juga bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki gangguan kesehatan bronchitis. Caranya masih sama, namun dengan takaran yang berbeda. Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tersisa separuh. Kemudian minum secara teratur 3 kali sehari.

8. Mengatasi tukak lambung.

Kuman-kuman yang mengakibatkan tukak lambung bisa diatasi dengan daun sirih merah. Hal ini dikarenakan tanaman herbal tersebut mengandung vitamin C serta zat antiseptik. Caranya, kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

9. Mengatasi inflamasi prostat.

Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol di dalam daun sirih merah akan berfungsi meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengobatan alami. Maka rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

10. Mengobati asam urat.

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Mengalami asam urat tentu akan membuat tubuh merasa kurang nyaman. Akan tetapi, kamu bisa menjadikan daun sirih merah sebagai salah satu alternatif pengobatannya. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

11. Melancarkan kencing.

Kencing yang tidak lancar menjadi salah satu tanda tubuh mengalami gangguan. Atasi segera kondisi ini dengan menggunakan daun sirih merah. Haluskan 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

12. Mengatasi bau badan dan bau mulut.

Permasalahan yang satu ini kerap sulit disadari, namun akan sangat mengganggu bagi orang lain. Namun perlu kamu ketahui, kandungan estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur. Sementara itu, senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR