Brilio.net - Daun pandan atau secara ilmiah dikenal pandanus amaryllifolius merupakan tumbuhan perdu berdaun hijau yang tergolong dalam genus Pandan. Tanaman tropis ini dapat tumbuh hingga setinggi 2 meter. Bentuk batangnya bulat dan daunnya berwarna hijau cerah berbentuk bilah sempit. Daun pandan begitu terkenal di Asia Tenggara.

Daun pandan biasa dipakai untuk bahan campuran makanan dan minuman. Tanaman tropis punya daun berwarna hijau cerah ini disukai karena senyawa aromanya yang manis. Daun pandan bisa memberikan rasa segar dan gurih. Bahkan beberapa minuman (seperti santan) dan manisan dibuat dengan daun ini karena rasa pandannya yang kuat. Namun tahukah kamu, bahwa daun pandan punya banyak manfaat selain untuk hidangan?

Usut punya usut, daun pandan ternyata baik untuk tubuh. Tanaman hijau ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami. Daun pandan punya nutrisi baik, seperti senyawa flavonoid, polifenol, saponin, glikosida, minyak esensial beraroma kaya, dan alkaloid. Nggak heran jika daun pandan digunakan secara teratur, dapat memberikan manfaat lebih dan efektif untuk tubuh.

Nah, apa saja manfaat daun pandan untuk kesehatan dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/8).

1. Membantu mengatasi sakit atau nyeri.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Pandan memiliki khasiat pencahar. Sedangkan daunnya dapat bertindak sebagai pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit telinga, perut kejang (peradangan dan infeksi), nyeri dada, dan radang sendi. Cara menggunakannya ialah, campur daun pandan dengan teh hangat. Bersihkan dan ikat 8-10 helai daun pandan, rebus dalam panci yang sudah diisi air selama 10 menit dan didihkan selama 5 menit. Tambahkan jahe atau serai untuk menambah rasa.

2. Detoksifikasi tubuh.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Detoksifikasi atau mengurangi kadar racun di dalam tubuh. Menambahkan daun pandan ke makananmu, bisa membantu hati dengan organ lain berfungsi baik. Sehingga racun dalam tubuh akan berkurang secara alami. Terutama racun dan zat tidak sehat dari bagian hati. Karena daun pandan adalah obat pencahar alami, sehingga ringan dan mudah membantu mengeluarkan limbah (kotoran).

3. Membantu mengatasi ketombe.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam saja. Daun pandan juga bisa memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepala, yakni mengatasi masalah ketombe membandel. Cara pemakaiannya sangat mudah dan sederhana. Buat daun pandan menjadi masker dan shampo alami.

Hancurkan atau haluskan 10 lembar daun segar hingga halus. Lalu campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, bungkus atau tutup kepala dengan handuk. Biarkan atau diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas kepala dengan air atau sampo sampai bersih.

4. Menurunkan kadar gula dalam tubuh.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Dilansir dari laman The Benefit, daun pandan ini dapat menggantikan manfaat gula sebagai pemanis makanan dan minuman. Daun pandan dapat memberikan rasa segar dan gurih. Maka dari itu, teh atau ekstrak pandan bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Bahwa glukosa plasma pada tubuh bisa turun secara signifikan selama mengonsumsi daun pandan. Cocok pula buat kamu yang telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes.

5. Menurunkan tekanan darah.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Salah satu khasiat daun pandan bagi kesehatan yang paling manjur adalah bisa menurunkan tekanan darah. Ini adalah cara alami untuk meredakan gejala pusing dan dapat membantu mencegah stroke. Cara memanfaatkan daun pandan untuk menurunkan tekanan darah mudah. Ambil 2 sampai 3 lembar daun berukuran sedang, ikat menjadi simpul. Masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air.

6. Meredakan asam urat.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Teh atau ekstrak daun pandan diketahui dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sehingga dapat membantu meringankan gejala asam urat. Minum teh daun pandan buatan rumahan atau sendiri secara rutin juga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh.

Caranya, cuci bersih 3 sampai 4 lembar daun pandan ukuran kecil atau sedang. Buat daunnya jadi ikat simpul, biar lebih praktis. Didihkan air dalam panci kecil, masukkan daun pandan. Kamu bisa menambah jahe untuk memberikan aroma lebih segar. Rebus selama 10 menit sampai air berubah menjadi hijau. Tiriskan dan buah daun dari air mendidih. Minumlah teh (ekstrak daun pandan) saat sudah dingin.

7. Meningkatkan nafsu makan.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Bagi kamu atau anak yang sedang mengalami nafsu makan lemah, apalagi jika baru saja sembuh dari sakit atau enggan makan, daun pandan bisa membantu memulihkan dan menambah nafsu makan. Minumlah teh daun pandan di pagi dan sore hari untuk menghilangkan nafsu makan yang hilang.

8. Membantu menurunkan demam.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Memasukkan daun pandan ke makanan, dapat membantu mengurangi gejala demam dengan cara menurunkan panas tubuh secara bertahap. Caranya mudah, ambil 2 sampai 3 daun pandan, ikat menjadi simpul. Masukkan ke panci nasi. Kemudian masak nasi dengan daun pandan di dalam air. Masak dan tunggu sampai aroma dan sari daun pandan meresap ke dalam nasi.

9. Meningkatkan stamina tubuh.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Daun pandan tidak hanya bisa meningkatkan nafsu makan, tapi juga menaikkan stamina tubuh. Untuk meningkatkan stamina tubuh, rebus lima lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Angkat dan buang daunnya setelah air mendidih. Diamkan ramuan tersebut hingga dingin. Tambahkan beberapa tetes lemon ke dalam air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan ini setiap 2 hari.

10. Membantu mengatasi impotensi.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Daun pandan juga merupakan obat alami yang dapat membantu pria mengatasi impotensi bila diminum secara teratur. Caranya, cuci 3 lembar daun pandan dan potong kecil-kecil. Rebus daun dengan 4 gelas air. Masak atau didihkan hingga volume airnya berkurang setengahnya, yaitu sekitar 2 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari, satu cangkir setiap kali di pagi dan sore hari.

11. Membantu menurunkan risiko kanker.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Ekstrak daun pandan dipercaya memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan daun pandan ini disebut-sebut memiliki potensi baik untuk mengurangi risiko kanker. Yaitu sebagai obat terapi kanker. Kamu bisa merasakan manfaatnya dengan menjadikan daun pandan sebagai minuman. Konsumsi ramuan daun pandan secara teratur dua kali sehari.

12. Mengurangi tingkat depresi.

manfaat daun pandan kesehatan freepik

foto: freepik.com



Setiap hari kamu dituntut untuk menjalani rutinitas yang padat merayap. Nggak heran jika kamu sempat merasa bosan atau pun lelah. Hal itu bisa membuatmu merasa stres. Dilansir dari The Benefit, salah satu cara mengurangi depresi adalah dengan memanfaatkan daun pandan. Kandungan yang ada di daun pandan ini bisa membuatmu lebih tenang dan mengurangi tingkat kecemasan. Konsumsi ekstrak daun pandan secara teratur, bisa dimasak bersama nasi atau dijadikan ekstrak daun pandan.