Brilio.net - Salah satu bumbu dapur yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan yaitu bawang putih. Si kecil berwarna putih ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Kandungan nutrisi di dalamnya membuat bawang putih mampu mengatasi penyakit gangguan ringan hingga kronis.

Diketahui setiap 100 gr bawang putih memiliki 150 kalori, 33 gr karbohidrat, 6,36 gr protein. Bawang putih juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium dan zinc.

Dilansir dari livestrong, bawang putih mengandung sifat antiseptik, antiviral, dan antijamur yang kuat. Selain itu, dalam artikel Science Daily juga menyebutkan bahwa senyawa allicin yang memberikan rasa dan bau unik pada bawang putih ini memiliki kemampuan untuk terurai menjadi asam sulfenic yang mengandung antioksidan tinggi.

Berkat kandungannya, banyak orang memanfaatkan bawang putih sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit luar hingga dalam. Cara pengolahannya pun bermacam-macam. Di antaranya dapat direbus atau langsung dikonsumsi mentah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain itu, bawang putih ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan. Misalnya mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, bahkan bisa membuat seseorang tampak awet muda.

Nah, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut brilio.net rangkum manfaat bawang putih bagi kesehatan dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (27/7).

1. Menjaga kesehatan pencernaan.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat yang pertama yaitu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

Sebagai obat alami, mengonsumsi bawang putih rebus yang mengandung zat antimikroba berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Agar hasilnya maksimal, konsumsi bawang putih rebus secara konsisten dan dalam porsi yang cukup

2. Mengobati flu dan batuk.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu gangguan kesehatan yang mudah dialami oleh banyak orang adalah flu dan batuk. Menderita flu dan batuk tentu sangat tidak nyaman. Banyak faktor penyebabnya, mulai dari kuman, bakteri, hingga alergi.

Meski demikian, obat batuk dan flu pun juga banyak macamnya. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi bawang putih rebus. Selain itu, dilansir dari Healthline.com, studi menemukan bahwa suplemen bawang putih yang dikonsumsi rutin setiap hari juga mampu melawan penyakit pilek hingga 63 persen.

3. Menurunkan tekanan darah.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat membantu turunkan kolesterol. Melansir dari Healthline.com, penelitian yang dilakukan pada manusia membuktikan suplemen bawang putih memiliki fungsi efektif terhadap penurunan tekanan darah.

Berdasarkan penelitian, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih yang sudah tua terbukti efektif menurunkan tekanan darah selama 24 minggu.

4. Bantu turunkan kolesterol.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat lain bawang putih yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol. Dilansir dari Healthline.com, mengonsumsi suplemen bawang putih tampaknya mampu mengurangi kolesterol total sekitar 10-15 persen.

Perlu diketahui, terdapat kolesterol baik dan jahat yang masing-masing memiliki pengaruhnya bagi tubuh. Kolesterol jahat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Selain suplemen, cara tepat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yakni dengan mengonsumsi bawang putih rebus. Lakukan hal tersebut secara rutin serta menerapkan pola makan sehat dan teratur.

5.Menjaga kesehatan jantung.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan, dari orang tua hingga anak muda. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Agar jantung tetap sehat, perlu dilakukan perawatan, salah satunya menggunakan bawang putih mentah.

Mengonsumsi bawang putih yang telah dikeringkan dipercaya mampu mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak tersebut berisiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

6. Mengurangi kelelahan.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Berbagai aktivitas yang dijalankan membuat tubuh kelelahan. Dilansir dari Healthline, bawang putih dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja. Bagi pengidap penyakit jantung, mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu mengalami penurunan detak jantung hingga 12 persen dengan diimbangi olahraga secara teratur.

7. Menurunkan risiko kanker.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: medford.co.za

Bawang putih mengandung allyl sulfida yang bersifat antikanker memiliki fungsi efektif untuk memperbaiki DNA yang rusak. Mengonsumsi bawang putih juga dapat mencegah penyakit kanker paru.

Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, bawang putih dianjurkan dikonsumsi secara mentah. Jika ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil terlebih dahulu.

8. Menjaga kesehatan otak.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya memberi cita rasa gurih, bawang putih juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan otak. Hasil penelitian dari Universitas Missouri menjelaskan bahwa karbohidrat dari bawang putih (FrAg) mampu mengurangi kadar oksida nitrat, yang dihasilkan oleh sel mikroglia selama melawan peradangan dan stress oksidatif.

Untuk itu, mengonsumsi bawang putih mentah juga mampu menyehatkan fungsi otak dan membantu otak lebih kebal terhadap risiko penyakit saraf di otak.

9. Mengatasi sakit gigi.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Saat sakit gigi, seseorang merasakan kesakitan yang luar biasa. Bahkan pada kondisi ini membuat tidak nafsu makan dan susah berbicara. Untuk mengatasinya, bawang putih menjadi alternatif pilihan obat yang tepat.

Caranya mudah, cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun, cara ini memiliki efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

10. Mengurangi risiko osteoporosis.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Risiko penyakit osteoporosis rentan dialami seseorang yang telah berusia senja, pada kondisi kepadatan tulang mulai berkurang. Sehingga menyebabkan tulang menjadi keropos bahkan mudah patah.

Melansir dari laman Healthgrades.com, bawang putih terbukti dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Sebuah studi pada wanita menopause menemukan, dosis harian ekstrak bawang putih kering secara efektif mampu menurunkan penanda defisiensi estrogen.

11. Mengatasi infeksi jamur.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: healthmarkfootandankle.com

Bawang putih diyakini mampu mengatasi infeksi jamur. Kandungan allicin di dalamnya berperan penting dalam mengaktifkan enzim-enzim yang bertugas membuang racun dari dalam tubuh. Allicin merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas menyebabkan kerusakan pada tubuh, termasuk mengatasi infeksi jamur.

12. Menjaga kesehatan hati.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Hal ini tentunya akan menimbulkan sejumlah kondisi serius, seperti pendarahan akibat kekurangan faktor pembekuan darah, pembengkakan otak akibat penimbunan cairan di otak hingga gagal ginjal.

Untuk itu, hindari kebiasaan buruk tersebut dan rutin mengonsumsi bawang putih agar kesehatan hati tetap terjaga. Seperti yang dikutip dari penelitian Shandong University, dalam studi tersebut menunjukkan bahwa bawang putih mengandung diallyl disulfide (DADS) yang dapat membantu melindungi hati dengan melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh etanol.

13. Mengatasi jerawat

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi wanita, jerawat sangat mengganggu penampilan. Namun, tak perlu khawatir, kulit yang berjerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih. Dilansir dari StyleCraze, sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Sebelumnya, pastikan dulu kebersihan pada pisau, alas memotong, dan juga tangan agar tidak menimbulkan permasalahan baru bagi kulit.

14. Menghilangkan peradangan kulit.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagian orang mungkin pernah mengalami atau mendapatkan kulitnya terkena bintik-bintik merah dan bahkan terasa sangat gatal. Bahkan tak jarang bintik merah muncul di bagian wajah. Gunakan bawang putih untuk mengatasi masalah peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi.

15. Menyamarkan kerutan di wajah.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat bawang putih untuk kecantikan berikutnya mampu menyamarkan keriput di wajah. Kerutan ini tak hanya dialami mereka yang sudah lanjut usia, tapi juga bisa dialami oleh kaum remaja. Hal ini disebabkan kurangnya asupan vitamin untuk kulit.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, gunakan bahan alami bawang putih. Caranya bisa dengan digunakan sebagai masker maupun dikonsumsi langsung. Jika dimanfaatkan secara rutin, pori-pori mengecil, kulit jadi makin halus dan kencang, serta bebas jerawat.

16. Menghilangkan komedo.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Meskipun ukurannya kecil, komedo bisa mengganggu penampilan seseorang. Apalagi biasanya komedo ini muncul di area hidung, sehingga akan mudah terlihat. Tapi kini tak perlu khawatir, komedo bisa dihilangkan dengan bawang putih.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cara cukup dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih segar. Lalu oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Perlu diingat, jangan terlalu lama agar kulit tidak terasa pedih. Selanjutnya bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

17. Mengatasi kutil.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kutil merupakan benjolan kecil yang disebabkan oleh virus. Kutil dapat muncul di berbagai area kulit. Penggunaan bawang putih disebut bisa menjadi salah satu langkah untuk mengempiskan kutil.

Dilansir dari Healthline, mengoleskan bawang putih bisa mengatasi kutil di wajah. Caranya cukup dengan menghaluskan satu siung bawang putih segar, kemudian larutkan dengan air. Oleskan pada kutil, kemudian balut dengan kasa. Ulangi metode perawatan ini tiga atau empat kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Menyamarkan bekas jerawat.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Cara penggunaannya cukup praktis, oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bekas luka yang telah mengering. Lakukan cara ini secara rutin untuk mempercepat pemulihan kulit.

19. Memudarkan strechmark.

bawang putih untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Siapa sangka, bawang putih ternyata ampuh memudarkan strechmark bagi wanita usai melahirkan. Dilansir India Times, nutrisi yang terkandung dalam cairan bawang putih bisa membantu memudarkan stretchmark alias garis-garis belang yang terbentuk akibat retakan kulit.

Caranya dengan mencampurkan sari bawang putih yang diambil dari bawang putih lumat ke dalam minyak zaitun atau kelapa hangat. Oleskan campuran tadi pada bagian kulit yang memiliki stretch mark, lalu pijat dengan lembut selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini secara teratur minimal selama 6 minggu agar hasil terlihat lebih jelas.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR