Brilio.net - Jeruk nipis dikenal juga menjadi salah satu bahan makanan yang kerap dipakai masyarakat. Bernama lain Citrus aurantifolia ini merupakan tumbuhan yang masuk dalam famili Rutaceae. Berbeda dengan lemon yang berwarna kuning, dari penampakan jeruk nipis biasanya berwarna hijau. Buah ini termasuk  ke dalam keluarga jeruk yang paling kaya nutrisi dengan kandungan vitamin C-nya.

Nggak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasanya menjadi asam.

Karena mengandung banyak nutrisi sehat, maka tak mengherankan pula jika jeruk nipis tinggi akan manfaat untuk tubuh baik kesehatan maupun kecantikan. Selain tak menimbulkan efek samping yang berarti, jeruk nipis juga ramah di kantong lho.
 
Berikut 11 manfaat jeruk nipis untuk tubuh, seperti bisa menghilangkan panu dan bau badan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (7/8).
  

1. Hilangkan panu.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Manfaat pertama yang ada pada jeruk nipis yakni menghilangkan panu. Seperti kita tahu jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid atau antioksidan yang kuat, dan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Asam sitrat yang terkandung juga menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang andal.

Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C. Nah, untuk menghilangkan panu, kamu bisa mencampur jeruk nipis dengan belerang. Perpaduan jeruk dan belerang akan lebih ampuh untuk membunuh kuman penyebab jamur atau jerawat.

Caranya yakni mencampurkan 1 sdm perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang ditumbuk halus. Setelah menjadi adonan seperti pasta, oleskan pada panu. Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

2. Hilangkan bau badan dan ketiak.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Seperti yang telah diulas di atas, jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lain dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, macronutrients, kalium, besi, tembaga, kalsium, serat, dan kalori. Kandungan tersebut diklaim dapat menghilangkan bau badan dan  bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan pengaplikasian deodoran pada ketiak. Yakni gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran. Maka bau badan akan menghilang.

3. Memutihkan gigi.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Manfaat berikutnya yakni untuk memutihkan gigi. Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk nipis juga dapat berperan sebagai antibakteri yang efektif membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm air perasan lemon. Kemudian, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga tercampur rata. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih. Kamu bisa melakukan cara di atas sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Selain memutihkan gigi, jeruk nipis juga mampu mengatasi berbagai masalah pada mulut, yakni mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Sebab jeruk nipis juga mampu untuk membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan jeruk nipis yakni siapkan 2 buah jeruk nipis. Potong dan peras 2 buah jeruk nipis tersebut lalu campurkan dengan segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

5. Meredakan radang tenggorokan.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Mengalami radang tenggorokan memang tidak mengenakkan. Nah, salah satu resep herbal alami yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan jeruk nipis.

Untuk mengobatinya sediakanlah setengah potong jeruk nipis, air hangat, dan madu. Campurkan perasan jeruk nipis dan air hangat serta masukkan 2 sendok makan madu.

Minumlah dalam keadaan hangat untuk mendapatkan manfaatnya bagi tenggorokan. Sebaiknya untuk penyembuhan lebih cepat minumlah 2 kali sehari.

6. Mencerahkan wajah.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Dalam dunia kecantikan jeruk nipis menjadi primadona karena kandungan vitamin C-nya. Jeruk nipis bisa digunakan untuk eksfoliasi mengangkat sel kulit mati, yang menumpuk di pori-pori wajah dan menyebabkan wajah tampak kusam.

Cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis adalah potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian usapkan secara merata pada permukaan wajah.

Tidak perlu menggosoknya terlalu kencang, cukup diusap-usap pelan sambil sedikit ditekan pada permukaan kulit agar nutrisinya masuk ke pori. Lalu diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Menghilangkan dan mengobati jerawat.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk membuat kolagen, yaitu protein yang membuat kulit kencang dan kenyal. Cara pengaplikasian jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat yakni dengan air dari buah yang sudah diperas.

Jika sudah tersedia perasan jeruk nipis, kamu bisa mengoleskannya pada area berjerawat dengan menggunakan kapas. Sebaiknya sebelum mengoleskan, wajah terlebih dahulu dibersihkan. Setelah kering, cukup bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat atau air biasa.

8. Menghilangkan ketombe.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi banyak orang. Selain terasa gatal, ketombe juga dapat mengganggu penampilan. Jika sudah menggunakan sampo anti-ketombe tapi nggak ada hasilnya, kamu bisa menggunakan bahan alami dari jeruk nipis ini.

Kandungan citric acid yang terdapat di dalam jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH dan bisa mengurangi produksi ketombe. Sebaiknya menggunakan bahan campuran madu untuk mengatasi iritasi, melembapkan dan menutrisi kulit kepala. Perpaduan jeruk nipis dan madu ini ampuh menghilangkan ketombe.

Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dengan 2 sendok makan madu. Balurkan campuran tersebut pada rambut secara merata dan diamkan dalam kurun waktu 30 menit kemudian bersihkan.

9. Menghilangkan bekas luka pada kulit.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Cara menghilangkan bekas luka dengan cepat nggak melulu dengan obat-obatan. Jeruk nipis diketahui juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Sebab bahan alami satu ini mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Caranya yakni dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada kulit bekas luka secara merata. Kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini selama 2 kali sehari.

10. Menghilangkan kutil.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Kutil termasuk sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), yang menginfeksi lapisan atas kulit. Virus ini biasanya menyebar akibat sentuhan atau penggunaan barang pribadi secara bersamaan.

Nah, kehadiran asam sitrat di dalam jeruk nipis mampu mengikis kutil dengan efektif. Oleskan air perasan tersebut setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang.

11. Meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat jeruk nipis  freepik.com

foto: freepik.com



Dengan rajin mengonsumsi air perasan jeruk nipis, dapat meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin C dan antioksidan berupa flavonoid. Hal ini membantu kamu tetap bugar dalam berbagai kondisi.