Brilio.net - Terkena musibah atau tertimpa masalah yang berujung upaya bunuh diri, tentu saja tidak pernah terbayang di benak semua orang. Namun terkadang ada sebagian orang yang menganggap bunuh diri sebagai jalan terakhir menyelesaikan perkara hidup, meskipun sebenarnya sangat dilarang.

Hasil upaya bunuh diri itu, bisa jadi tidak menghilangkan nyawa diri, melainkan kerusakan permanen pada anggota tubuh. Sama halnya di sisi lain ada musibah kecelakaan yang bisa mengakibatkan kehilangan nyawa atau justru nyawa terselamatkan tapi mengalami kerusakan permanen.

Namun berkat kecanggihan dunia medis yang hingga saat ini masih terus dikembangkan, banyak usaha yang bisa menyelamatkan nyawa orang. Termasuk di dalamnya operasi yang dikenal dengan sebutan face off atau operasi total pada wajah. Operasi ini merupakan tindakan medis untuk memperbaiki wajah seseorang yang rusak akibat kecelakaan atau upaya tindakan bunuh diri.

Nah, berikut ini brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Sabtu (8/4), 11 foto before-after hasil face off yang membuktikan tentang kehebatan dunia medis.

1. Siti Nur Jazilah atau Lisa.

face off © 2017 face off

foto: merdeka.com

Wanita asal Turen, Malang, Jawa Timur ini menjalani operasi pada wajah dan lehernya hingga 17 kali. Ia harus menjalaninya akibat siraman air keras di wajah dan lehernya bertahun-tahun lalu yang menyebabkan kerusakan parah di wajah.


2. Oscar.

face off © 2017 face off

foto: mirror.co.uk

Seorang pria Spanyol yang bekerja sebagai petani bernama Oscar ini pernah mencoba bunuh diri dengan menembakkan peluru di wajahnya. Ia mendapatkan operasi face off pada 2010.


3. Li Guoxing.

face off © 2017 face off

foto: shanghaiist.com

Pria asal China yang kehilangan sebagian wajahnya akibat serangan beruang ini mendapatkan operasi face off pada 2006. Namun sayangnya ia meninggal tahun 2008 saat operasi tersebut selesai.


4. Pascal Coler.

face off © 2017 face off

foto: telegraph.co.uk

Pascal Coler adalah pria yang mengidap tumor di wajahnya yang mendapatkan operasi face off pada 2007.


5. Isabelle Dinoier.

face off © 2017 face off

foto: mirror.co.uk

Isabelle Dinoier adalah wanita Prancis yang sebagian mukanya rusak diserang anjing. Wanita ini menjadi orang pertama pasien operasi face off yang berhasil pada tahun 2005.


6. James Naki.

face off © 2017 face off

foto: nypost.com

James Naki mengalami kerusakan parah pada wajahnya usai kecelakaan di jalan raya. Ia mendapatkan operasi face off pada 2009.


7. Dallas Wiens.

face off © 2017 face off

foto: channel4.com

Pria Texas ini selamat dari sebuah kebakaran yang hampir membuatnya tak bernyawa. Ia mendapatkan operasi face off pada 2011.


8. Charla Nash.

face off © 2017 face off

foto: dailymail.co.uk

Charla Nash hampir kehilangan wajahnya usai diserang oleh simpanse. Usai selamat dari serangan hewan itu, ia mendapatkan operasi face off pada 2011.


9. Connie Culp.

face off © 2017 face off

foto: bevhillstg.com

Wanita asal Ohio ini hampir meninggal karena percobaan pembunuhan oleh suaminya sendiri yang menembak mukanya. Ia mendapatkan operasi face off pada 2008.


10. Rafael.

face off © 2017 face off

foto: mirror.co.uk

Pria bernama Rafael ini merupakan petani asal Spanyol yang mengidap tumor di wajahnya. Ia mendapatkan operasi face off pada 2010.


11. Ugur Acar.

face off © 2017 face off

foto: femmeactuelle.fr

Ugur Acar merupakan seorang pria Turki yang selamat dari kebakaran yang mematikan. Ia mendapatkan operasi face off pada 2012.