Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Kesehatan
(brl/gib)

03 Desember 2018 09:02

10 Tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai, cewek wajib baca

Sebab kanker serviks biasanya diderita oleh wanita berusia lanjut, sekitar 35 hingga 45 tahun..

10 Tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai, cewek wajib baca

View Image



Brilio.net - Menurut American Cancer Society, kanker serviks merupakan salah satu penyakit langka yang dapat menyerang lebih dari 13.000 wanita tiap tahunnya. Kanker ini disebabkan sel-sel tidak wajar yang berkembang cepat dalam leher rahim. Memang awalnya sel-sel itu tidak terdeteksi berbahaya, namun jika tidak tangani lebih lanjut dan disepelekan, sel-sel tersebut bisa berkembang menjadi lebih ganas hingga akhirnya mengakibatkan kanker.

Umumnya kanker serviks diderita oleh wanita berusia lanjut, sekitar 35 hingga 45 tahun. Bahkan penyakit ini dianggap sebagai penyebab utama sebagian besar kematian yang terjadi di kalangan wanita, baik di Amerika maupun di Indonesia. Tapi kamu jangan merasa khawatir dulu, ya. Pasalnya penyakit kanker serviks kini sudah bisa diatasi atau dicegah dengan cara pap smears dan suntik vaksin HPV.

Selain itu, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan diimbangi dengan makan-makanan bergizi seperti sayur serta buah-buahan. Pastinya kamu nggak mau kan, hal itu terjadi pada diri sendiri atau malah kerabat dekatmu?

Yuk, cari tahu tanda-tanda apa aja sih, yang terjadi kalau seseorang mengalami kanker serviks, seperti dirangkum brilio.net informasinya dari berbagai sumber pada Minggu (2/12).

1. Vagina mengeluarkan darah dengan volume yang tidak biasa.

Loading...

Demi menarik pria, wanita ini ubah cairan Miss V jadi parfum © 2017 brilio.net

Dikutip penelitian dari Healthline, salah satu penanda seseorang menderita penyakit kanker serviks adalah vagina mengeluarkan darah yang tidak biasa dan jumlahnya lebih banyak.

Biasanya bisa terjadi ketika wanita sedang mengalami masa menstruasi,atau setelah melakukan hubungan seks. Namun pendarahan juga bisa terjadi pada wanita yang sudah mengalami masa menopaus.

2. Mengalami keputihan yang tidak normal.

Bersihkan Miss V pakai sabun ternyata berbahaya, ini penjelasannya © 2018 brilio.net

Normalnya keputihan terjadi ketika sebelum dan sesudah menstruasi. Berbeda ketika hal itu terjadi terus menerus dan berwarna cokelat atau disertai dengan darah. Hal itu bisa diindikasikan salah satu gejala kanker serviks.

3. Kerap merasakan sakit ketika melakukan hubungan seks.

9 Cara memegang tangan pasangan ini tunjukkan karakter hubunganmu © 2018 brilio.net

Menurut penelitian Cancer Treatment Centers of America, ketika seseorang tidak nyaman dan merasa sakit ketika melakukan hubungan seks, bisa dikatakan kalau ia berpotensi menderita kanker serviks atau tumor.

4. Pinggul belakang terasa nyeri dan sakit.

Ilustrasi radang tenggorokan © 2018 brilio.net

Umumnya orang berusia lanjut akan merasa sakit punggung yang diakibatkan oleh posisi tidur atau duduk yang salah. Ternyata hal itu bisa juga diindikasikan sebagai gejala penyakit kanker serviks, lho. Jadi jangan disepelekan ya.

5. Berat badan turun drastis, padahal tidak melakukan program diet.

25 Makanan enak yang cocok untuk program diet © 2018 brilio.net

Ketika kamu tidak sedang melakukan program diet, tetapi berat badan terus menurun secara drastis, jangan dibiarkan lho. Pasti ada sesuatu yang terjadi pada tubuhmu. Jika merasakan kondisi demikian, segeralah ke dokter dan cari tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Bisa jadi itu salah satu tanda bahwa kamu menderita kanker serviks.  

6. Kamu akan merasa sangat lelah dibanding biasanya.

Stres © 2017 positivmed.com

WebMD pernah mencatat bahwa orang yang sudah tidur selama delapan jam atau lebih, namun ternyata masih merasa lelah. Hal itu bisa menjadi salah satu gejala seseorang menderita penyakit kanker, terutama serviks. Tapi tetap perlu diingat, tidak semua rasa lelah pemicu penyakit kanker.

7. Nafsu makanmu berkurang.

Ilustrasi diet © 2018 brilio.net

Setiap orang yang menderita kanker tentu akan merasa hilang nafsu makan. Hal itu terjadi juga pada seseorang yang menderita kanker serviks.

Ketiga tanda-tanda terakhir adalah ketika kakimu tiba-tiba terasa sakit lalu bengkak, tulangmu merasa patah dan nyeri, bahkan tidak lagi bisa menahan kencing lama-lama.

Nah, ladies, jaga kesehatan selalu ya! Jika kamu merasa mulai tak enak badan atau ada yang terasa aneh pada dirimu, segera perbaiki pola makan, cukup istirahat dan segeralah ke dokter.

(mgg/vaulika rinjani)

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Penyakit Mematikan Kanker Kesehatan Wanita Hasil Penelitian Kanker Serviks
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE