Brilio.net - Mata adalah indera penglihatan, salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Semua momen informasi yang dilihat akan ditangkap oleh mata, kemudian disambungkan kepada otak dan tubuh. Namun, organ penglihatan ini rentan mengalami gangguan kesehatan jika tidak dijaga dengan baik.

Jika mata tidak berfungsi dengan baik, maka penglihatan akan berkurang. Mulai dari mata merah karena iritasi atau penyakit lain, minus, glaukoma, parahnya bisa membuat kebutaan. Oleh sebab itu, menjaga lebih baik dibandingkan mengobati. Rawat dan perhatikan kesehatan mata dengan baik.

Nah, berbagai gangguan mata tersebut dapat diatasi dengan cara alami. Yakni mengambil manfaat dari alam yang alami yang dipercaya tidak menimbulkan efek samping. Kamu bisa memanfaatkan deretan tanaman obat. Segala macam tanaman ini bisa diolah dengan berbagai cara, dikonsumsi atau dijadikan obat tetes mata.

Jenis tanaman obat apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan mata? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (19/2).

1. Daun sirih.

tanaman obat mata ©freepik.com

Loading...

foto: Instagram/@alfara_rachma

Daun sirih juga dipercaya menjadi solusi yang baik untuk mengatasi mata minus. Kamu dapat menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian tempelkan daun sirih pada mata, biarkan semalaman dan kemudian lepas ketika kamu bangun tidur.

2. Bunga telang.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: Instagram/@tabigarden

Bunga telang atau yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini merupakan tanaman jenis merambat. Tumbuhan ini termasuk dalam suku polong-polongan, memiliki daun berukuran kecil serta bunga berwarna ungu mencolok. Biasanya bunga telang digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman yang memberikan warna biru keunguan.

Dilansir dari majesticherbs.com, bunga ini kaya antioksidan, flavanoid, dan peptida yang mengobati berbagai macam penyakit. Mengonsumsi bunga telang ini dapat memberikan dukungan pada sistem pencernaan, peredaran darah, dan saraf pusat. Sedangkan antioksidan, proanthocyanidin dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya itu, senyawa bioflavinoid di dalamnya bermanfaat untuk menebalkan, dan mengurangi rambut beruban.

3. Kunyit.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit juga dapat membantu mengurangi risiko glaukoma. Kunyit mengandung curcumin yang dikenal baik buat mata. Karena curcumin adalah antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, curcumin juga disebut sebagai anti-inflamasi yang bisa meredakan iritasi mata, terutama saat mata merah.

Selain dapat dicampurkan sebagai bumbu masakan, kamu bisa mencampurkan kunyit dengan air mawar kemudian dijadikan sebagai obat tetes mata.

4. Daun binahong.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: Instagram/@regunancha

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, asam karbonat, total fenol dan protein yang tinggi. Maka tidak heran banyak orang yang menanam tanaman ini di halaman rumah. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga mudah diolah untuk penyembuhan berbagai penyakit. Salah satunya menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Daun binahong memiliki kandungan vitamin A, bahkan batangnya juga merupakan sumber vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata.

5. Buah bit.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari viteyes.com, buah bit merupakan sayuran akar yang kaya akan nutrisi seperti zat besi, vitamin B, mangan, kalium, dan tembaga. Makanan super ini mungkin juga memiliki beberapa manfaat super untuk kesehatan mata. Warna merah tua yang kaya pada bit mengandung antioksidan kuat seperti flavonoid dan beta-karoten.

Bit juga dikenal dapat membantu menstabilkan tekanan darah, yang dapat membantu mencegah masalah mata serius, seperti glaukoma. Buah bit juga sangat tinggi vitamin A dan C dimana dapat melindungi mata dari minus dan rabun.

6. Lumut.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Lumut dikenal sebagai tanaman liar yang biasa tumbuh di tempat lembab. Tumbuhan hijau ini dipandang sebagai tanaman pengganggu. Namun di balik anggapan miring itu, lumut mengandung banyak manfaat. Lumut mengandung bahan baku yang kerap dipakai untuk pembuatan obat. Salah satunya bahwa lumut kaya akan sifat antioksidan yang bisa mengatasi beberapa penyakit mata.

7. Bunga mawar.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat bunga mawar pun beragam, mulai dari produk kecantikan hingga dikonsumsi sebagai minuman atau makanan. Biasanya orang memanfaatkan air mawar yang dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Salah satu manfaat air mawar ini karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai penyakit, seperti meredakan iritasi eksim, mengurangi kemerahan pada kulit, dan membantu mengurangi jerawat. Sedangkan sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata.

8. Lidah buaya.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline.com, sebuah studi tahun 2012 yang menguji ekstrak lidah buaya yang diaplikasikan pada sel kornea manusia menemukan bukti bahwa lidah buaya mengandung sifat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kekeringan mata.

Studi tersebut juga mencatat bahwa lidah buaya, pada konsentrasi rendah, tampaknya tidak memiliki efek negatif pada sel mata. Studi sebelumnya yang melibatkan penelitian pada hewan pun mendukung temuan ini.

Namun perlu diketahui, penggunaan lidah buaya secara langsung ke mata tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rasa perih. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsinya. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya pada bagian kelopak mata untuk meredakan kemerahan atau bengkak, jika mata mengalami iritasi.

9. Wortel.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia umum bahwa wortel merupakan jenis sayuran yang memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mata. Wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Kandungan itulah yang bisa menjaga kesehatan mata seseorang.

Rutin mengonsumsi wortel akan memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan mata, bahkan secara perlahan mata minus pun bisa sembuh.

10. Kentang.

tanaman obat mata ©freepik.com

foto: freepik.com

Kentang mengandung vitamin C dan pottasium yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kentang terkenal bisa menghilangkan mata sembap akibat menangis, kurang tidur, atau kelelahan. Iris kentang jadi beberapa bagian, taruh di lemari es semalaman, kemudian tempelkan pada mata.

RECOMMENDED BY EDITOR