Brilio.net - Flu menjadi salah satu penyakit yang kerap dan biasa menyerang semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orangtua, wanita maupun pria. Penyakit ini sering muncul di musim dingin. Namun bukan berarti saat tak musim dingin, kamu tidak bisa terjangkit flu.

Gejala awal saat terserang flu pada umumnya seperti demam, nyeri otot, mual, dan lain sebagainya. Flu biasanya sering dianggap remeh oleh orang, sebab penyakit ini relatif mudah sembuh. Flu biasanya bisa sembuh hanya dengan istirahat cukup dan minum obat.

Namun flu kerap membuat jengkel karena mudah sekali menular. Flu juga ternyata bisa bertahan lama, meski sudah minum obat sesuai anjuran dokter. Perlu kamu tahu, ternyata ada kondisi di mana flu harus mendapatkan perhatian khusus. Terutama jika flu tak kunjung sembuh dan memunculkan tanda-tanda lain.

Nah, beberapa masalah yang ditimbulkan dari flu ternyata bisa menunjukkan tanda-tanda penyakit serius. Apa saja penyakit serius yang perlu kamu waspadai apabila mengalami flu berkepanjangan? Langsung simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (31/7).

1. Bronkitis.

Loading...

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Apabila flu berlangsung lama, yakni lebih dari tiga minggu dan rasanya kamu sudah minum obat secara teratur, kamu harus mulai waspada. Tidak ada salahnya kamu pergi ke dokter untuk periksa lebih lanjut. Flu yang panjang ini ditakutkan bisa berakibat ke penyakit serius, yaitu penyakit bronkitis salah satu penyakit paru-paru.

2. Infeksi telinga.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Terkadang kamu merasa sehat, namun selang beberapa hari kemudian kamu mulai merasakan flu kembali. Tanda ini perlu kamu waspadai. Apalagi bagi anak-anak. Kejadian ini ditakutkan terjadi peradangan yang berkembang di tenggorokan dan telinga bagian dalam yang disebabkan virus flu.

3. Infeksi dalam tubuh.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Flu biasa disertai dengan ingus dan batuk. Namun ketika ingus yang keluar dari hidung dan batuk mulai keluar dahak berwarna, kamu harus waspada. Ada sesuatu yang salah dengan tubuhmu. Bisa jadi ini dipicu sel putih yang tidak kuat melawan infeksi di tubuh.

4. Bahaya bagi ibu hamil.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: unsplash

Sudah sewajarnya sebagai ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan demi dirinya sendiri dan janinnya. Saat ibu hamil terjangkit flu, harus segera ditangani dengan serius. Sebab wanita hamil yang terserang flu dapat berakibat parah. Ibu dapat dan janin dapat mengalami penyakit parah dan kompilasi lainnya.

Selain itu juga dapat berakibat buruk pada janin yang sedang berkembang. Dilansir dari healthline, sebuah penelitian menunjukkan kalau ibu hamil yang menderita flu cenderung melahirkan anak dengan cacat otak dan tulang belakang.

5. HIV.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

HIV menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menakuti banyak orang. Saat flu menyerang, ditandai dengan penurunan berat badan meskipun kamu makan dengan baik dan teratur, maka kondisi ini sangat perlu penanganan. Dilansir dari boldsky, kasus ini bisa bertanda tubuh terserang 'hyperthyroidsm' yakni infeksi bakteri, atau lebih parahnya lagi bisa terjangkit HIV.

6. Asma.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Flu disertai batuk menjadi hal yang wajar. Namun perlu diperhatikan apabila terjadi gejala seperti sesak nafas atau mengi. Ini bisa menunjukkan kalau kamu terserang penyakit asma. Alangkah baiknya jangan pernah mengabaikan jika kondisi sudah pada tahap ini.

7. Meningitis.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Sudah wajar apabila flu disertai dengan sakit kepala. Namun jika sakit kepala sudah pada tahap tak wajar, benar-benar menyiksa, kepala terasa berat dan untuk tidur saja sulit, maka kamu harus waspada. Gejala ini bisa menjadi pertanda kalau kamu sedang mengalami penyakit meningitis. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf tulang belakang.

8. Sinusitis.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Sama halnya dengan infeksi telinga, infeksi sinus dapat berkembang karena flu. Virus dapat menyerang sinus secara langsung, atau secara tidak langsung menyebabkan infeksi. Flu menciptakan peradangan dan penumpukan cairan di sinus. Ini dapat memungkinkan kuman lain masuk dan menyebabkan infeksi sinus.

9. Pneumonia.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Flu adalah penyebab umum pneumonia. Pneumonia lebih dikenal dengan paru-paru basah. Penyakit ini bisa mengakibatkan peradangan pada kantong-kantong udara dai salah satu atau kedua paru-paru. Pneumonia bercampur dengan flu bisa mematikan. Ini dapat menyebabkan penumpukan cairan dan mengurangi suplai oksigen ke paru-paru dan jaringan lain dalam tubuh.

10. Pertussis.

flu penyakit serius bisa pixabay

foto: pixabay

Pertussis merupakan batuk secara terus-menerus hampir tanpa jeda. Penyakit ini karena adanya infeksi pada paru-paru dan saluran pernapasan. Gejala awal penyakit ini mirip dengan flu biasa, yakni batuk ringan, pilek, dan demam. Namun flu tanda Pertussis akan sulit untuk sembuh.

RECOMMENDED BY EDITOR