Brilio.net - Dalam melakukan ibadah, umat Islam diwajibkan untuk mensucikan diri. Kesucian itu meliputi dua aspek, lahir dan batin. Salah satu cara mensucikan diri dalam ajaran agama Islam, yaitu berwudhu.

Wudhu merupakan salah satu cara menghilangkan hadas, yaitu hadas kecil. Wudhu biasanya dilakukan sebelum ibadah yang mengharuskan untuk mensucikan dari hadas kecil, misalnya seperti sholat. Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa.

Wudhu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Bukan sekadar membasuh bagian-bagian tubuh dengan air, tetapi juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat bagi umat muslim saat akan mendirikan sholat. Maka dari itu, pastinya umat muslim sudah sangat akrab dengan aktifitas berwudhu. Setidaknya umat muslim berwudhu lima kali dalam sehari ketika mereka hendak melaksanakan sholat wajib 5 waktu.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (4/9) Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

Loading...

"Sholat salah seorang di antara kalian tidak akan diterima, ketika masih berhadats sampai dia berwudhu." (HR. Bukhari no. 6954 dan Muslim no. 225).

Selain hadits tersebut, Allah juga berfirman dalam Alquran surat Al Maidah ayat 6 untuk berwudhu sebelum melaksanakan sholat. Firman tersebut berbunyi sebagai berikut:

Manfaat wudhu © 2020 brilio.net

Yaa ayyuhallaziina aamanuu izaa qumtum ilas-salaati fagsilu wujuhakum wa aidiyakum ilal-maraafiqi wamsahu biru'usikum wa arjulakum ilal-ka'baiin, wa ing kuntum junuban fattahharu, wa ing kuntum mardaa au 'alaa safarin au jaa'a ahadum mingkum minal-gaa'iti au laamastumun-nisaa'a fa lam tajidu maa'an fa tayammamu sa'iidan tayyiban famsahu biwujuhikum wa aidiikum min-h, maa yuriidullaahu liyaj'ala 'alaikum min harajiw wa laakiy yuriidu liyutahhirakum wa liyutimma ni'matahu 'alaikum la'allakum tasykurun

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

- Manfaat wudhu untuk kesehatan

Manfaat wudhu © 2020 brilio.net

foto: freepik

Tak hanya untuk mensucikan diri dari hadas, ternyata wudhu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, orang yang selalu mengerjakan sholat akan lebih sehat daripada orang yang tidak dapat menjaga sholatnya dengan benar. Beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan yaitu:

1. Mencegah dari kuman.

Meskipun air wudhu bukan air kimia, namun air wudhu dapat meningkatkan kesehatan manusia. Air wudhu yang mengalir ke anggota tubuh dapat membersihkan kuman-kuman yang mungkin saja menempel pada anggota wudhu.

2. Memperkuat otot wajah.

Salah satu tata cara wudhu adalah berkumur. Nah, gerakan berkumur inilah yang dapat membantu memperkuat otot wajah. Gerakan berkumur akan menguatkan otot wajah dan menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik, dan dapat mencegah bibir pecah-pecah.

3. Meningkatkan konsentrasi.

Berwudhu juga dapat membuat seseorang lebih berkonsentrasi karena berwudhu juga mengusap kepala dengan air. Saat membasuh air ke kepala, akan ada efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang dan mudah berkonsentrasi.

Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat memengaruhi konsentrasi dan pikiran.

4. Mencegah kerutan pada wajah.

Berwudhu dengan cara membasuh wajah ternyata bisa membantu mencegah kerutan pada wajah. Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput.

Selain itu, seorang muslim juga disarankan untuk berwudhu sebelum tidur. Hal ini termasuk sunnah Rasulullah yang tujuannya agar setiap muslim dalam kondisi suci di setiap keadaan, meskipun saat tidur.

Diriwayatkan dari sahabat Al Barra' bin 'Azib, Rasulullah bersabda:

"Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat." (HR. Al Bukhari)

5. Menjaga kesehatan pernapasan.

Dalam berwudhu, terdapat suatu istilah yaitu Istinsyaq. Istinsyaq adalah sunnah dalam wudhu yakni menghirup air ke dalam rongga hidung. Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irigation yang berarti mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya.

Wudhu bisa membersihkan hidung mulai dari debu hingga bakteri. Menghirup air ke dalam rongga hidung bisa membantu mencuci semua kuman-kuman atau alergi akibat debu ataupun bakteri dan virus dari hidung.

6. Melancarkan peredaran darah.

 Manfaat wudhu © 2020 brilio.net

Ketika wudhu, kulit bersentuhan langsung dengan air. Ketika terkena air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh. Hal tersebut terjadi karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran darah pun menjadi lancar.

7. Menjaga jantung tetap stabil.

Berkaitan dengan manfaat yang sebelumnya, ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

Berdasarkan penelitian dokter spesialis penyakit dalam dan penyakit jantung, Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim di London menjelaskan dengan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat.

Selain itu mengurangi kekejangan pada saraf dan otot, menormalkan detak jantung, mengatasi kecemasan dan insomnia atau susah tidur.

8. Menjaga sistem pencernaan.

Berdasarkan salah seorang ahli kesehatan Jerman, Prof. Dr. Jamieson mengungkapkan bahwa, membersihkan badan dan mandi sangat menguntungkan. Bukan hanya membersihkan tetapi juga menguatkan kulit dan menyegarkan badan serta merangsang alat-alat pencernaan dalam pertukaran-pertukaran zat.

Wudhu adalah bagian dari membersihkan badan dari kotoran, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

9. Mencegah kanker kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Mokhtar Salem, telah mengemukakan hasil bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Kanker kulit sebagian besar disebabkan karena bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan meresap ke pori-pori. Sehingga dengan berwudhu, bahan kimia yang menempel pada kulit akan larut terbuang bersama air.

10. Mencegah jamur kaki.

Berwudhu dengan membasuh kedua kaki dapat menyingkirkan kotoran, bau kaki, mencegah jamur, dan kotoran di area kuku. Biasanya kaki yang kotor akan lebih mudah terserang jamur. Dengan demikian kaki yang selalu dibersihkan dengan air wudhu akan lebih bersih daripada kaki yang tidak pernah terkena air wudhu.

RECOMMENDED BY EDITOR