Brilio.net - Temulawak merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Tanaman ini memiliki warna kuning muda dengan bagian dalamnya berwarna kuning agak kecoklatan. Kandungan dari temulawak dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Tanaman asli Indonesia ini, banyak memberikan manfaat pada tubuh karena kandungan gizinya. Kandungan dalam temulawak diantaranya protein, lemak, serat, kalium, hingga karbohidrat ada didalamnya. Pada umumnya, temulawak digunakan sebagai pengobatan tradisional. Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang. Rimpang temulawak diekstrak untuk dibuat jamu godog atau rebus.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam temulawak, diantaranya curcumin, antioksidan, protein, dan senyawa fenol. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/7), inilah manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan.

1. Mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kandungan temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Sehingga akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung serta baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Tak hanya cocok dijadikan jamu, tetapi juga tambahan obat herbal untuk penambah nafsu makan.

2. Menyehatkan fungsi hati.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Organ hati juga bisa dijaga kesehatannya dengan temulawak. Tanaman obat ini dikenal dengan kandungan kurkumin yang dapat mencegah sel-sel hati berlemak. Sehingga, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, ada juga bagian bawah batang temulawak yang memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Mengutip laman SOHO Global Health, temulawak juga memiliki sifat hepatoprotektor atau melindungi fungsi hati. Sifat hepatoprotektor ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya infeksi virus.

Biasanya infeksi virus ini dapat menyebabkan penyakit seperti hepatitis B atau C, gangguan kadar lemak darah, hingga peradangan atau gangguan fungsi liver. Konsumsi temulawak ini juga dapat mencegah terjadinya kerusakan hati yang terjadi secara permanen (fibrosis dan cirrhosis).

3. Menjaga stamina.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tubuh yang sehat dan bugar akan membantumu untuk lebih produktif. Kamu bisa mendapatkan stamina tersebut dari kandungan temulawak. Kandungan tonikum yang ada di dalam temulawak bisa jadi tameng untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa mencampurkan kunyit dengan temulawak untuk kemudian dikonsumsi. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat.

4. Mengatasi maag.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Apakah kamu seorang pengidap maag? Ketika gangguan ini kambuh, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Atasi penyakit ini dengan temulawak yang mengandung banyak kandungan baik. Selain kurkumin, ada juga monoterpen dan sekuiterpen yang mampu mengatasi maag.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengonsumsi temulawak secara teratur. Cara mengolahnya mudah, racik temulawak dengan diiris tipis-tipis lalu rebus menggunakan air. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Beruntungnya masyarakat Indonesia adalah dikelilingi berbagai tanaman obat yang mampu menjadi penghalau penyakit. Bahkan temulawak termasuk salah satu bahan alami yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Mulai dari infeksi virus, bakteri, hingga kuman, bisa dihindari dengan imun tubuh yang kuat.

Mengutip laman SOHO Global Health, temulawak memiliki sifat imunomodulator yang berfungsi meregulasi respon imun, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa membuat ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian ambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

6. Mengontol kolesterol.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Asupan makanan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya kolesterol. Kalau dibiarkan, kolesterol akan menjalar dan membahayakan organ jantung.

Nah hindari risiko itu dengan memanfaatkan temulawak. Mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat mengatasinya dengan efektif.

7. Mengatasi peradangan persendian.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Peradangan yang terjadi pada persendian atau osteoarthritis sering dialami banyak orang. Sendi yang terasa kaku dan nyeri menjadi beberapa gejala yang tampak. Manfaatkan temulawak sebagai solusi osteoarthritis.

Manfaat ini pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan, efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

8. Meningkatkan nafsu makan anak.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga akan menimbulkan rasa cepat lapar, sehingga nafsu makan akan semakin meningkat. Manfaat untuk meningkatkan nafsu makan ini sangat cocok untuk anak-anak yang sering kehilangan nafsu makan. Padahal nutrisi penting untuk menunjang pertumbuhan hanya dapat masuk melalui makanan. Untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, temulawak dapat dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan bisa dikonsumsi. Ramuan ini cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa. Selain alami, cara ini juga menyehatkan bagi tubuh.

9. Mengatasi peradangan.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Peradangan bisa terjadi karena banyak hal. Untuk mencegah rasa nggak nyaman akibat peradangan, gunakan temulawak. Dikutip dari Jurnal Litbang Pertanian, temulawak mampu mengatasi peradangan karena memiliki kandungan curcumin dan minyak esensial yang mendukung sifat antiinflamasi.

Nggak hanya itu saja, ekstrak temulawak juga memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, kupas temulawak dan rebus menggunakan air, dan minum setelah dingin.

10. Mengurangi lemak.

Manfaat temulawak untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Temulawak memiliki kemampuan untuk mengurangi lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh. Karena temulawak mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, sehingga bisa mempengaruhi sistem metabolisme lemak. Dengan lemak yang semakin berkurang, maka tubuh dapat menjadi lebih sehat dan berat badan dapat lebih terkontrol.

Infografis Brilio 2022 © 2022 brilio.net