Brilio.net - Rumput teki (Cyperus rotundus L) adalah tumbuhan liar yang sering dianggap gulma. Gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang kehadirannya tidak diinginkan dan banyak tumbuh di sekitar rumah. Tidak seperti jenis tanaman lain yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat tumbuh, gulma dapat tumbuh di mana saja dengan lebat dan bergerombol meski tidak dirawat sekalipun.

Karena termasuk gulma, rumput teki banyak tumbuh pada lahan pertanian, halaman rumah, tepi jalan dan di tempat-tempat terbuka. Rumput ini memiliki daun memanjang dan berbunga, serta memiliki umbi pada akarnya.

Rumput teki merupakan gulma yang sulit dikendalikan dan sering tumbuh pada area lahan tanaman budidaya. Dikenal sebagai salah satu tanaman paling invasif di dunia, rumput teki memenuhi lebih dari lima puluh tanaman di seluruh dunia, dan ini bahkan sampai dijuluki sebagai "gulma terburuk di dunia".

Meski begitu, rumput yang biasanya tumbuh setinggi 7-40 cm ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan lho! Bagian dari rumput teki yang dimanfaatkan sebagai obat adalah umbinya.

Berikut 10 manfaat rumput teki untuk kesehatan, dirangkum brilio.net dari healthbenefitstimes.com dan sumber lainnya pada Jumat (18/6).

1. Menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rimpang dari rumput teki telah digunakan untuk pengobatan tradisional serta banyak digunakan negara-negara di Asia untuk pengobatan diare, disentri, parasit usus, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah perut lainnya.

Kandungan kimiawi yang ada di tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk memerangi gangguan pencernaan. Selain itu, rumput teki terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia yang membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan lebih baik.

Cara mengolahnya sama dengan poin di atas, cukup direbus, dan konsumsi air rebusannya. Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan baik.

2. Mengontrol epilepsi.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput teki dapat digunakan sebagai ramuan pengontrol kejang pada penderita epilepsi. Hal ini dikarenakan kandungan pretreatment dengan ekstrak etanol dalam rumput teki dapat menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang (strychnine dan leptazol-diinduksi) pada tikus.

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan dan ekstrak ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan untuk pengobatan epilepsi.

3. Mencegah diare.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput teki terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia yang membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan lebih baik. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat rumput teki cukup membantu mencegah diare pada beberapa orang.

Untuk penelitian, diare diinduksi pada mencit dengan pemberian minyak jarak. Peneliti menemukan bahwa saat tikus diobati dengan rumput teki ini, hal itu menyebabkan terhambatnya diare sekitar 46 persen.

4. Meredakan nyeri.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat meredakan nyeri. Menurut penelitian, ekstrak minyak esensial dan petroleum eter dari rumput teki memiliki sifat analgesik yang kuat dan oleh karena itu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Salah satu nyeri yang dapat diobati dengan rumput teki yakni sakit gigi. Caranya, haluskan umbi rumput teki lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya.

5. Melawan artritis.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Radang sendi atau artritis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki ini memiliki aktivitas anti-inflamasi yang efektif melawan karagenan (polisakarida yang tidak dapat dicerna yang diekstraksi dari ganggang merah, yang biasa digunakan dalam makanan sebagai zat pengental atau penstabil) yang diinduksi edema (retensi air).

Itu juga ditemukan efektif melawan artritis yang diujicobakan pada tikus albino dan hasilnya menunjukkan bahwa rumput teki dapat memberikan efek sangat tinggi serta kuat.

6. Mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Karena sifatnya yang dapat mempercepat proses pembekuan darah, maka rumput teki bisa digunakan untuk mengompres luka. Caranya pun mudah, tumbuk kasar batang dan daun rumput teki, lalu kompreskan pada bagian luka hingga rumput teki terasa mengering. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga luka sembuh.

7. Turunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat rumput teki yang berikutnya dapat mengelola tekanan darah pada manusia. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki menyebabkan penurunan tekanan darah secara perlahan dan terus-menerus.

Selain itu, rumput teki telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus daun dan batang rumput teki. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

8. Turunkan demam.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rumput teki telah dikenal bermanfaat untuk menurunkan demam dan suhu tubuh. Dalam sebuah penelitian, ekstrak alkohol dari Cyperus rotundus ditemukan menunjukkan aktivitas antipiretik yang sangat tinggi terhadap demam atau pireksia pada tikus albino.

Untuk menurunkan demam, haluskan umbi rumput teki dan campurkan dengan sedikit air. Bungkus dengan kain tipis dan kompreskan pada bagian ketiak.

9. Bantu turunkan berat badan.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat rumput teki lainnya dapat efektif menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, beberapa tikus diberi ekstrak rumput teki dosis harian selama 60 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus-tikus tersebut menunjukkan penurunan berat badan yang cukup besar tanpa adanya perubahan makanan. Jadi rumput teki cukup bermanfaat untuk mencegah penambahan berat badan.

10. Merawat kesehatan kulit.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Meskipun bukti ilmiahnya terbatas, tanaman rumput kacang dianggap bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengurangi efek penuaan. Rumput teki membantu mencerahkan warna kulit dengan mencegah pembentukan pigmen kulit yang dikenal sebagai melanin. Extrapone, formula yang banyak ditemukan di krim pemutih kulit yang terbuat dari ekstrak bubuk akar rumput kacang. Ini adalah cara alami untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya atau beracun.

Sebagai perawatan kulit, sebelum tidur oleskan minyak rumput teki pada kulit tangan, kaki, dan bagian yang menghitam seperti sedang menggunakan lotion. Biarkan khasiatnya bekerja optimal semalaman selagi kamu tidur.