Brilio.net - Olahraga jadi kegiatan yang menyehatkan badan. Agenda yang melibatkan fisik ini kerap membuat orang berimajinasi dengan kondisi badan yang berkeringat dan juga bermacam-macam olahraga. Padahal sebenarnya ada banyak lho jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Bahkan mungkin tanpa kamu sadari, benda-benda di sekitar bisa kamu manfaatkan sebagai media olahraga. Nggak butuh tempat banyak juga untuk berolahraga, tergantung bagaimana tujuan dan kebutuhanmu.

Salah satu olahraga yang memiliki manfaat besar dan mudah untuk dilakukan adalah olahraga cokelat tangga. Yaps, naik turun tangga mungkin kerap kamu lakukan. Namun jika dilakukan dengan tepat dan rutin bisa jadi solusi untuk berbagai permasalahan kesehatanmu. Dikutip brilio.net pada Senin (8/6) dari Times of India, naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga efektif untuk meningkatkan energi tubuh, otot, dan keseimbangan tubuh. Aktivitas ini bisa membantu menjaga kebugaran tubuh.

Untuk melakukan olahraga ini juga nggak ribet kok. Kamu bisa melakukan latihan ini sebanyak mungkin selama 30 detik per langkahnya, lalu beristirahat selama 30 detik, dan ulangi beberapa kali selama 5 menit. Dengan melakukan olahraga naik turun tangga, akan memberikan dampak pada otot betis, paha, hingga bokong sehingga akan terlatih dan tertarik, serta menyingkirkan lemak maupun selulit.

Kamu pengen melakukan olahraga ini tapi nggak memiliki tangga? Jangan khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan kotak atau kursi kecil setinggi lutut dengan permukaan datar. Kemudian berdiri di depannya, lakukan naik turun kursi selama 30 detik dan diulangi ke dalam lima step. Tapi jangan lupa, untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sesaat sebelum dan sesudah berolahraga ya. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko saat berolahraga.

Setelah mengetahui kemudahan dalam melakukan olahraga naik turun tangga, kamu juga harus tahu beberapa manfaat olahraga ini. Mulai dari membakar kalori sampai bisa mengatasi permasalahan insomnia lho. Nah simak langsung deh ulasan brilio.net pada Senin (8/6) dari berbagai sumber berikut ini.

Loading...

1. Membakar kalori.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pasti kamu sudah kamu sudah paham deh kalau olahraga akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah manfaatnya untuk membakar kalori. Karena olahraga naik turun tangga cukup ampuh dalam membakar kalori dalam jumlah banyak.

Saat melakukan aktivitas turun tangga kalori yang terbakar bisa mencapai antara 175 dan 275 kalori per jam (tergantung berat badan). Ketika melakukan aktivitas naik tangga, kalori tubuh yang terbakar 530 hingga 830 kalori per jam. Selain meningkatkan sistem metabolisme, naik turun tangga ini juga bisa jadi pilihan yang baik untuk kamu yang mau menurunkan berat badan.

2. Membuat pinggul ramping.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bentuk pinggul yang ramping jadi impian sebagian orang. Bahkan berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Mulai dari mengonsumsi berbagai obat pelangsing dan melakukan beragam perawatan. Padahal kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan olahraga naik turun tangga secara rutin lho.

Caranya praktis, kamu bisa melakukan olahraga ini sebanyak mungkin selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi selama 5 menit. Sehingga otot betis, paha, pinggul, hingga bokong akan terlatih.

3. Menaikkan kinerja otak.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain melatih kekuatan otot, olahraga naik turun tangga juga baik nih untuk kesehatan otak. Hal ini dikatakan dalam hasil penelitian Journal of Neurobiology of Aging, yang mengungkapkan rajin melakukan naik turun tangga dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, kebiasaan naik turun tangga dapat mengurangi risiko penuaan otak lebih lambat dibandingkan orang yang jarang naik turun tangga. Nah, jadi nggak ada salahnya nih untuk kamu memasukkan olahraga naik turun tangga dalam jadwal berolahragamu.

4. Meningkatkan kekuatan otot.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak cuma melatih, olahraga naik turun tangga juga mampu memperkuat otot. Saat kamu melakukan naik turun tangga, sistem otot dan tulang di seluruh tubuh otomatis akan ikut bergerak aktif. Mulai dari otot lengan, punggung, hingga otot kaki. Dengan peningkatan masa otot ini, juga bisa sekaligus menurunkan berat badanmu. Selain itu tentu saja, tubuh akan menjadi semakin bugar meski dengan berolahraga sederhana.

5. Menurunkan risiko osteoporosis.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Olahraga naik turun tangga akan melibatkan kekuatan tulang juga di dalam prosesnya. Nggak cuma kaki, namun juga pada tulang punggung sampai lengan. Dalam proses ini akan mamberikan dampak yang baik untuk kesehatan tulangmu. Dengan cara ini mampu menurunkan risiko osteoporosis dan tulang tetap kuat. Semakin intens pergerakan otot dan tulang, semakin berkurang pula risiko pengeroposan tulang.

6. Mengontrol kadar gula darah.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Olahraga naik turun tangga menjadi salah satu yang disarankan untuk penderita diabetes. Pergerakan otot berperan mengendalikan gula darah menjadi lebih stabil. Stabilnya kadar gula darah akan membuat seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Tapi perlu diingat, kamu juga perlu mengatur pola makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Baik untuk ibu hamil.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengenai manfaat naik turun tangga yang baik untuk penderita diabetes, olahraga ini juga berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Olahraga naik turun termasuk baik untuk melindungi ibu hamil dari diabetes gestasional. Tapi yang perlu diperhatikan naik turun tangga sebaiknya tidak dilakukan ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

8. Mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat lain dari olahraga naik turun tangga juga bisa mencegah dari penyakit jantung dan stroke. Sejumlah penelitian menemukan manfaat naik turun tangga dapat menjaga kesehatan jantung tetap optimal. Olahraga naik turun tangga akan memperlancar aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.

Jantung yang sehat bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan diabetes, mengurangi stres, dan meningkatkan mobilitas. Di samping itu, olahraga yang satu ini juga mampu menurunkan risiko penyakit stroke. Rutin melakukan naik turun tangga tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko stroke dalam jangka panjang.

9. Meredam stres.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Yaps, untuk kamu yang kerap merasa penat dengan rutinitas wajib banget mencoba naik turun tangga. Saat naik turun tangga, tubuh akan memacu darah yang akan mendapat suntikan adrenalin. Kondisi tersebut akan membuat suasana hati lebih baik. Dengan begitu, naik turun tangga sangat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Sekali lagi, jangan lupa untuk melakukan persiapan terlebih dahulu ya agar tubuh tidak 'kaget'. Gunakan baju dan sepatu olahraga saat melakukan naik turun tangga. Lakukan juga pemanasan dan pendinginan, serta jangan memaksa tubuh dengan gerakan yang terlalu cepat. Buatlah perubahan gerakan secara perlahan selama prosesnya.

10. Membantu atasi insomnia.

Manfaat naik turun tangga © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Insomnia jadi salah satu gangguan yang kerap dialami banyak orang. Kondisi sulit tidur ini membuat banyak orang merasa mudah lelah dan sensitif. Kalau kamu sudah mencoba berbagai jenis solusi tapi belum berhasil, cobalah untuk melakukan naik turun tangga.

Olahraga naik turun tangga bisa dilakukan pada pagi hari ketika matahari belum terik. Hal ini bertujuan menyehatkan paru-paru karena menghirup udara yang lebih segar. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

RECOMMENDED BY EDITOR