Brilio.net - Dibandingkan dengan pria, wanita memang tergolong memiliki tekstur kulit yang cenderung tipis, sehingga mudah berkerut dan juga lebih mudah mengalami penuaan dini. Apalagi ditambah paparan polusi setiap hari, membuat kulit menjadi rusak.

Nah, nggak heran kalau wanita juga paling sensitif dan ribet dalam memilih produk kecantikan wajah. Ada yang menghabiskan waktu berjam-jam dan menghabiskan uang untuk perawatan dengan alat canggih. Namun ada juga yang suka melakukan perawatan sederhana di rumah dengan bahan-bahan alami.

Saat ini hampir sebagian wanita mulai menyadari pentingnya merawat kecantikan terutama pada wajah yang menjadi pusat perhatian orang. Beberapa produk minyak alami kini mulai banyak ditemukan. Bahkan beberapa brand kosmetik terkenal juga mengeluarkan produk khusus dari minyak alami. Misalnya, minyak kelapa, minyak argan, minyak jojoba hingga yang dikenal sebagai salah satu minyak sayur terbaik untuk memasak yakni minyak zaitun.

Minyak zaitun atau minyak olive adalah minyak yang didapat dari penggilingan bunga zaitun yang merupakan tanaman asli Mediterania. Minyak yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan tinggi ini, baik dan bermanfaat untuk kecantikan wajah. Minyak ini mengandung senyawa baik bagi kulit, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Selain itu minyak zaitun juga mengandung polifenol. Zat polifenol dari minyak zaitun mampu melindungi sel-sel tubuh maupun kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Maka dari itu minyak zaitun memiliki beberapa manfaat terutama untuk kecantikan kulit wajah. Nah bagi kamu yang belum pernah menggunakannya nggak usah binggung gimana cara mengaplikasikannya. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (28/11), 10 manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya.

Loading...

1. Mengatasi kulit kering.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi lotion wajah, lho. Dengan menggunakan minyak zaitun pada wajah, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Sebab antioksidan juga berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Cara memakainya ambil secukupnya minyak zaitun kemudian oleskan pada kulit wajah yang kering. Hal ini bisa kamu lakukan sering-sering, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit.

2. Memutihkan wajah.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya adalah berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas. Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajahmu biar wajah tampak lebih bersih dan bersinar.

Dengan minyak zaitun, kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal ataupun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih. Cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

3. Menyembuhkan jerawat.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Sudah tak asing lagi jika manfaat dari minyak zaitun dapat mengatasi dan menyembuhkan kulit berjerawat. Sebab dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi dan baik bagi kesehatan kulit serta rambut. Selain itu, sifat antiinflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat. Lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang dan halus selama 10 menit. Diamkan sekitar 15 menit, dan cuci muka dengan air hangat. Lap dengan handuk kering, setelah itu kamu dapat melakukan pijatan sekali lagi hingga pori-pori lebih terbuka lagi. Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakannya dua kali sehari.

4. Mengecilkan pori-pori.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian orang memang memiliki pori-pori wajah yang besar, sehingga terkadang mengganggu kecantikan alami. Selain itu dengan pori-pori besar juga menimbulkan masalah baru seperti produksi minyak berlebih dan komedo yang muncul di pori-pori. Manfaat minyak zaitun ini dapat mengecilkan pori-pori yang besar. Caranya cukup oleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah yang mengalami pori-pori besar.

5. Mengencangkan kulit wajah.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijat sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

6. Menghilangkan kutil di wajah.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Siapa bilang kutil tak bisa tumbuh di wajah, kutil dapat tumbuh dimana saja. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi. Biasanya juga menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah sakit. Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

7. Menghilangkan mata panda.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Mata panda biasanya terjadi pada sebagian orang yang doyan begadang dan kurang tidur. Mata panda ini ditandai dengan menghitamnya area kelopak mata. Penampilan ini begitu mengganggu. Namun untuk menghilngkan mata panda kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

8. Menghilangkan bibir hitam.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Bibir merupakan bagian dari wajah yang juga menjadi pusat perhatian. Ketika bibir menghitam, tentunya kamu akan merasa kurang percaya diri, kan? Setiap orang pasti ingin memiliki bibir merah merona yang sehat dan segar. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun bisa digunakan untuk menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

9. Menghaluskan wajah.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Kegunaan minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah bermanfaat untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan akan membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah kamu.

Nah, cara yang efektif untuk menghaluskan wajahmu dengan masker pepaya dan minyak zaitun ini adalah, pertama parut pepaya, lalu campurkan sedikit minyak zaitun jangan sampai terlalu cair, diaduk-aduk, lalu oleskan pada wajah. Pakai sehari sekali akan membuat wajahmu semakin halus.

10. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

 10 Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan cara memakainya  freepik.com

foto: freepik.com

Bulu mata yang panjang dan tebal kerap diidam-idamkan kaum hawa. Kandungan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit dan rambut ini akan memicu tumbuhnya bulu mata. Pertumbuhan dan kesuburan bulu mata otomatis akan meningkat setelah penggunaan minyak zaitun ini.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskannya di sekitar bulu mata dengan hati-hati, jangan sampai mengenai mata. Selain menebalkan bulu mata bisa juga menebalkan alis. Untuk hasil maksimal kamu bisa melakukannya setiap hari menjelang tidur, biarkan saja semalaman, lalu cuci di esok paginya.

RECOMMENDED BY EDITOR