Brilio.net - Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Manfaat minyak zaitun sudah tidak bisa diragukan lagi, bukan hanya baik bagi tekanan darah, tetapi juga dapat merawat wajah. Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa kamu peroleh.

Berikut 40 manfaat minyak zaitun untuk wajah, rambut, dan tubuh, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (7/12).


- Manfaat minyak zaitun untuk wajah.

minyak zaitun untuk wajah, rambut & tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Mengatasi kulit kering.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi lotion wajah, lho. Dengan menggunakan minyak zaitun pada wajah, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Sebab antioksidan juga berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Cara memakainya ambil secukupnya minyak zaitun kemudian oleskan pada kulit wajah yang kering. Hal ini bisa kamu lakukan sering-sering, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit.

2. Memutihkan wajah.

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya adalah berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas. Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajahmu biar wajah tampak lebih bersih dan bersinar.

Dengan minyak zaitun, kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal ataupun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih. Cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

3. Menyembuhkan jerawat.

Sudah tak asing lagi jika manfaat dari minyak zaitun dapat mengatasi dan menyembuhkan kulit berjerawat. Sebab dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi dan baik bagi kesehatan kulit serta rambut. Selain itu, sifat antiinflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.

Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat. Lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang dan halus selama 10 menit. Diamkan sekitar 15 menit, dan cuci muka dengan air hangat. Lap dengan handuk kering, setelah itu kamu dapat melakukan pijatan sekali lagi hingga pori-pori lebih terbuka lagi. Untuk hasil yang maksimal dapat menggunakannya dua kali sehari.

4. Mengecilkan pori-pori.

Sebagian orang memang memiliki pori-pori wajah yang besar, sehingga terkadang mengganggu kecantikan alami. Selain itu dengan pori-pori besar juga menimbulkan masalah baru seperti produksi minyak berlebih dan komedo yang muncul di pori-pori. Manfaat minyak zaitun ini dapat mengecilkan pori-pori yang besar. Caranya cukup oleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah yang mengalami pori-pori besar.

5. Mengencangkan kulit wajah.

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijat sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

6. Menghilangkan kutil di wajah.

Siapa bilang kutil tak bisa tumbuh di wajah, kutil dapat tumbuh dimana saja. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi. Biasanya juga menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah sakit. Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

7. Menghilangkan mata panda.

Mata panda biasanya terjadi pada sebagian orang yang doyan begadang dan kurang tidur. Mata panda ini ditandai dengan menghitamnya area kelopak mata. Penampilan ini begitu mengganggu. Namun untuk menghilangkan mata panda kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

8. Menghilangkan bibir hitam.

Bibir merupakan bagian dari wajah yang juga menjadi pusat perhatian. Ketika bibir menghitam, tentunya kamu akan merasa kurang percaya diri, kan? Setiap orang pasti ingin memiliki bibir merah merona yang sehat dan segar.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun bisa digunakan untuk menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

9. Menghaluskan wajah.

Kegunaan minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah bermanfaat untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai antioksidan akan membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah kamu.

Nah, cara yang efektif untuk menghaluskan wajahmu dengan masker pepaya dan minyak zaitun ini adalah, pertama parut pepaya, lalu campurkan sedikit minyak zaitun jangan sampai terlalu cair, diaduk-aduk, lalu oleskan pada wajah. Pakai sehari sekali akan membuat wajahmu semakin halus.

10. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Bulu mata yang panjang dan tebal kerap diidam-idamkan kaum hawa. Kandungan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit dan rambut ini akan memicu tumbuhnya bulu mata. Pertumbuhan dan kesuburan bulu mata otomatis akan meningkat setelah penggunaan minyak zaitun ini.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskannya di sekitar bulu mata dengan hati-hati, jangan sampai mengenai mata. Selain menebalkan bulu mata bisa juga menebalkan alis. Untuk hasil maksimal kamu bisa melakukannya setiap hari menjelang tidur, biarkan saja semalaman, lalu cuci di esok paginya.

11. Menebalkan alis.

Selain dapat menebalkan bulu mata, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menebalkan alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi, yaitu vitamin E yang dapat memelihara kesehatan rambut dan menyuburkan rambut. Dengan gabungan ini, maka kamu akan memiliki alis yang lebat dan alami. Perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar murni dan alami atau belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ini ke alis kamu sambil dipijat perlahan agar minyak zaitun menyentuh akar rambut alis kamu. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukannya setiap hari menjelang tidur, biarkan saja semalaman, lalu cuci di esok paginya.


- Manfaat minyak zaitun untuk rambut.

minyak zaitun untuk wajah, rambut & tubuh © 2021 brilio.net

foto: freepik.com


12. Menyuburkan rambut.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker alami untuk membuat rambut tumbuh subuh dan sehat. Penggunaan minyak zaitun tidak mengandung efek samping. Cara menggunakan minyak zaitun untuk menyuburkan rambut agar tumbuh lebat cukup mudah. Hangatkan minyak zaitun sebelum digunakan, lalu oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut. Beri pijatan ringan dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

13. Mencegah rambut beruban.

Minyak zaitun dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan uban. Cara pemakaiannya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh rambut, pijat sebentar, dan bungkus dengan handuk kering. Setelah itu, diamkan selama semalaman dan segera cuci rambut dengan menggunakan sampo pada pagi harinya. Jadi kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi uban pada malam hari sebelum tidur.

14. Mengatasi rambut rontok.

Salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang yakni rambut rontok. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan alami.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan ke kulit kepala sembari dipijat selama 15 menit. Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan semalaman. Keesokan harinya segera bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

15. Melembapkan rambut.

Salah satu manfaat populer dari minyak zaitun adalah untuk melembapkan rambut yang kering. Pasalnya, minyak zaitun mengandung vitamin dan protein yang dapat berperan sebagai pelembap rambut alami. Jadi, tak ada salahnya bila kamu mencoba perawatan rambut kering dengan minyak ini.

Cara menggunakannya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, beri pijatan lembut, dan tutup dengan handuk bersih selama 20 menit. Setelah itu, bilas dan cuci rambut sampai bersih.

16. Mengatasi rambut bercabang.

Menggunakan sampo saja terkadang tidak cukup untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut bercabang.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke bagian rambut yang bercabang. Namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mengoleskan minyak ini ke seluruh bagian rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat.

17. Menghilangkan ketombe.

Ketombe adalah kulit kepala yang terkelupas, terkadang ketombe juga disertai dengan rasa gatal yang sangat mengganggu. Terkadang perawatan dengan sampo saja tidak cukup untuk mengatasi ketombe. Kamu memerlukan bahan alami lain yang dapat mengatasi ketombe, yakni minyak zaitun.

Kamu hanya perlu membuat masker untuk rambut berketombe dengan mencampurkan 4 sendok makan minyak almond. Oleskan masker ke seluruh bagian rambut dan pijat-pijat selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo dengan bersih.

18. Meluruskan rambut.

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting atau bergelombang. Kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut secara alami.

Caranya, campurkan minyak zaitun dengan 2 butir telur. Kemudian campuran minyak zaitun dan telur tadi digunakan sebagai masker untuk rambut. Diamkan kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air dan keramas menggunakan sampo.

19. Menghaluskan rambut.

Mungkin kamu menjadi kurang percaya diri dengan tipe rambut yang kasar dan mudah kusam. Namun jangan khawatir, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kasar dan kusam.

Cara menggunakannya cukup mudah, setelah keramas, teteskan sedikit minyak zaitun ke rambut, lalu sisir rambut sampai rapih. Minyak zaitun akan menjadi serum alami yang membantu menghaluskan rambut.

20. Megatasi kutu rambut.

Kutu rambut adalah parasit yang sangat mengganggu yang dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Nah, sembari memberikan terapi dengan obat kutu, kamu bisa mencoba mengaplikasikan minyak zaitun.

Cara menggunakannya, oleskan minyak zaitun dari dari akar sampai ujung rambut setiap malam. Lakukan hal ini selama 1 minggu, karena minyak zaitu akan melemaskan dan mematikan kutu.

21. Mengatasi permasalahan rambut mengembang.

Rambut yang mengembang dan sulit diatur adalah masalah yang dialami sebagian besar wanita. Nah, minyak zaitun ternyata mampu mengatasi permasalahan rambut mengembang. Hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut dan diamkan selama 15 menit, rambut akan kembali mudah diatur. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai rambut tidak mengembang lagi.

22. Mengembalikan kilau alami rambut.

Selain kelembapan rambut kembali, hasil akhir yang bisa kamu dapatkan adalah rambut terlihat sehat dan berkilau. Selain vitamin E dan K, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapannya. Kamu cukup menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner setelah keramas, lalu bilas dengan air bersih.

23. Menguatkan rambut.

Minyak zaitun mengandung berbagai vitamin yang berkhasiat untuk mengunci keratin yang tersimpan pada akar rambut. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin dapat menguatkan rambut yang baru tumbuh, sehingga tak mudah patah ataupun rontok.

24. Menyehatkan rambut bayi.

Selain untuk orang dewasa, minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut bayi. Minyak zaitun adalah bahan alami, sehingga tentu saja tidak menyebabkan efek samping pada rambut bayi. Minyak ini dapat bermanfaat untuk membuat rambut si bayi jadi lebih sehat, hitam, dan lebat.

Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun ke rambut bayi maupun balita. Selanjutnya, beri pijatan yang sangat lembut, setelah itu diamkan selama 30 menit. Kamu dapat mencuci rambutnya dengan menggunakan sampo khusus bayi. Cuci rambut bayi hingga bersih dan tidak ada sisa minyak yang tertinggal.

 




Magang: Feni Listiyani