Brilio.net - Serai adalah tumbuhan yang berasal dari Sri Lanka dan India Selatan, tetapi sekarang tumbuh di banyak negara di seluruh dunia. Batang tanaman serai adalah bahan umum dalam masakan Asia. Ternyata, serai juga dapat diseduh untuk membuat teh, lho.

Umumnya, teh disajikan dengan aroma melati atau buah-buahan seperti lemon. Namun, pernahkah kamu mencoba membuat teh dengan aroma serai? Teh dan serai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ketika disatukan dalam bentuk teh serai, keduanya bisa memberikan manfaat yang lebih besar untuk tubuh.

Banyak orang percaya bahwa teh serai menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi para peneliti belum melakukan penelitian skala besar yang cukup untuk membuktikan manfaat tersebut.

Sebagai informasi, serai memiliki kandungan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, asam folat, B3, B6, B2, B1, A, C, dan banyak lainnya. Nutrisi yang begitu lengkap itu bagus dikonsumsi tubuh.

Mengonsumsi teh serai bisa membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Zat antimikroba pada serai diyakini efektif melawan bakteri berbahaya penyebab kerusakan gigi, seperti steptococucc muntans. Namun, tak hanya itu, masih banyak manfaat mengonsumsi teh serai untuk mengatasi masalah kesehatan yang lain.

Loading...

Nah, berikut 10 manfaat mengonsumi teh serai untuk kesehatan, brilio.net lansir dari healthline.com dan medicalnewstoday.com pada Senin (18/1).

1. Membantu menangkal radikal bebas.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh serai memiliki sifat antioksidan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Antioksidan penting adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner pada tubuh manusia.

2. Mengobati infeksi mulut dan gigi.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikroba yang dimilikinya. Menurut studi in vitro tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba terhadap bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Penelitian lebih lanjut menemukan minyak serai dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur secara in vitro.

3. Mengobati peradangan.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Peradangan dianggap berperan dalam banyak kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-inflamasi. Senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penanda penyebab peradangan tertentu di tubuh manusia.

4. Mengurangi risiko kanker.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sedikit aroma citrus dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang manjur melawan beberapa jalur sel kanker. Teh serai dapat menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya. Teh serai terkadang digunakan sebagai terapi adjuvan selama kemoterapi dan radiasi. Namun hal ini hanya boleh digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi.

5. Meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lain. Sebuah studi tahun 2012 tentang hewan pengerat yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung.

Studi tersebut menemukan bahwa minyak esensial daun serai dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

6. Meredakan kecemasan.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Banyak orang menganggap menyeruput teh panas memiliki efek menenangkan, tetapi teh serai dapat menawarkan khasiat lebih lanjut untuk mengurangi kecemasan. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, mencium serai dapat membantu penderita kecemasan. Meski sebagian orang sudah menghirup minyak esensial serai untuk meredakan stres dan kecemasan, peneliti masih membutuhkan lebih banyak bukti untuk bisa memastikan manfaat ini.

7. Menurunkan kolesterol.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Menurut artikel di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Studi tersebut mencatat reaksinya tergantung pada dosis. Artinya, semakin banyak jumlah serai, semakin menurunkan kadar kolesterol lebih lanjut.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam sebuah studi observasi tahun 2012, 72 relawan pria diberi teh serai atau teh hijau untuk diminum. Mereka yang minum teh serai mengalami penurunan tekanan darah sistolik sedang dan peningkatan tekanan darah diastolik ringan. Mereka juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah.

Peneliti mengingatkan bahwa pria dengan masalah jantung sebaiknya menggunakan serai secukupnya. Ini dapat membantu seseorang menghindari penurunan detak jantung yang berbahaya atau peningkatan tekanan diastolik.

9. Bantu turunkan berat badan.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Teh serai digunakan sebagai teh detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, sebagian besar penelitian tentang serai dan penurunan berat badan bersifat anekdot, bukan ilmiah. Karena serai adalah diuretik alami, jika kamu meminumnya cukup banyak, berat badanmu mungkin akan turun beberapa kilogram.

10. Meringankan gejala PMS.

Manfaat mengonsumsi teh serai © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika akan datang bulan, seorang wanita biasanya akan mengalami Pra Menstrual Syndrom atau biasa disebut PMS. Teh serai digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Tidak ada penelitian khusus tentang serai dan PMS, tetapi secara teori, khasiatnya yang menenangkan perut dan anti-inflamasi dapat membantu.

Selain itu, menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, minyak serai bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh. Sehingga saat menstruasi, tubuh akan lebih rileks ketika meminum teh serai.

RECOMMENDED BY EDITOR