Brilio.net - Menjadi ibu hamil membuat seorang perempuan bertemu dengan banyak perubahan. Mulai perubahan bentuk badan, kondisi kulit, sampai dengan perubahan perasaan yang nggak menentu. Nah hal inilah yang kerap menjadi tantangan, nggak cuma untuk ibu hamil namun juga untuk orang di sekitarnya. Serangan mual dan muntah bahkan juga jadi pemandangan yang kerap terjadi. Maka dari itu, diperlukan kerjasama yang baik antara ibu hamil dan orang-orang di sekelilingnya.

Nah tapi kamu nggak perlu panik, ada banyak cara untuk mengatasi perubahan yang terjadi pada ibu hamil, terutama saat mengalami mual dan muntah. Kondisi yang kerap timbul pada trimester pertama itu bisa diredakan dengan beberapa bahan makan alami. Kacang hijau adalah salah satu jawabannya. Jenis kacang-kacangan ini dikenal sehat karena mengandung banyak nutrisi baik. Apalagi untuk ibu hamil, ada banyak peran kacang hijau untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi selama masa mengandung. Mau tahu apa saja?

Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (4/6) berikut ini.

1. Menangkal radikal bebas.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: freepik.com

Seorang ibu hamil penting untuk memperhatikan kesehatannya. Sebab, saat kesehatan ibu memberikan pengaruh kepada tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Nah konsumsi kacang hijau sebagai salah satu asupan selama hamil. Kacang ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik. Vitamin C pada kacang hijau yang merupakan sumber antioksidan, menjadi tameng yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Menjaga kebugaran selama hamil.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Kacang hijau menyimpan banyak nutrisi baik, mulai dari karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, asam folat dan mineral. Selain itu, juga ditemukan kandungan mangan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas karena merupakan co-factor untuk antioksidan. Ketika dikonsumsi ibu hamil, kandungan dalam kacang hijau ini akan memberikan manfaat kebugaran pada tubuh ibu hamil.

3. Menjaga saluran pencernaan.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Gangguan pencernaan kerap dialami para ibu hamil, apalagi ketika perut semakin membesar. Atasi permasalahan ini dengan mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya, kacang hijau menjadi salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, haemorrhoids dan diverticulosis. Sehingga akan menghindari permasalahan pencernaan ibu selama mengandung. Perlu diketahui juga, serat memiliki peran yang begitu penting pada tubuh. Kamu juga bisa mengimbangi asupan serat dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung serat tinggi.

4. Menjadi sumber energi.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Mengandung selama kurang lebih 9 bulan, tentu akan menguras tenaga seorang ibu, apalagi dengan perkembangan si kecil yang semakin membesar. Maka dari itu, seringkali ibu merasa mudah lelah saat mengandung. Nah isi kembali tenagamu agar kesehatan tetap terjaga. Sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat, kacang hijau bisa jadi pilihan untuk menambah energi. Kamu bisa mengolah kacang hijau menjadi minuman ataupun camilan.

5. Menjaga cairan tubuh.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Nggak cuma mudah merasa lapar, ketika mengandung ibu juga bisa menjadi mudah haus. Hal ini bisa terjadi lantaran kandungan cairan tubuh menurun karena sejumlah aktifitas. Kacang hijau pun bisa kamu jadikan andalan untuk mengatasi permasalahan ini. Kandungan kalium dalam kacang hijau membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel dan gerakan cairan tubuh yang baik. Sehingga nggak ada salahnya nih, untuk rajin mengonsumsi kacang hijau selama hamil.

6. Mencegah infeksi.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, kacang hijau memberikan manfaat untuk mencegah infeksi. Manfaat ini berkaitan dengan sejumlah kandungan vitamin di antaranya seperti Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau. Kandungan tersebut merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh.

7. Membantu menjaga kesehatan tulang.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Jangan abaikan kesehatan tulang selama hamil. Selain mendapatkan energi lebih, ibu hamil juga bisa sekaligus menjaga tulang dengan mengonsumsi kacang hijau. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan vitamin K yang tersimpan di dalamnya. Nggak hanya itu saja, vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin ini juga mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin dalam kandungan.

8. Mencegah anemia.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Waspadai gejala anemia saat masa kehamilan. Pasalnya, jika dibiarkan kondisi ini akan berbahaya bagi ibu dan juga si kecil. Anemia berisiko menyebabkan pendarahan saat persalinan dan juga keguguran. Kondisi anemia selama masa kehamilan bisa dihindari dengan mengonsumsi kacang hijau. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

9. Mengurangi mual dan muntah.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Kondisi morning sickness jadi salah satu yang kerap dirasakan ibu hamil. Mual hingga muntah selama masa hamil bisa terjadi kapan saja, meskipun biasanya muncul pada trimester awal. Nah dengan rajin mengonsumsi kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu ibu hamil mengatasi morning sickness. Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan Vitamin B2 dan B1 yang terdapat pada kacang hijau yang dapat membantu mengatasi gejala muntah serta yang umumnya dialami ibu saat awal kehamilan.

10. Mencegah kecacatan.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil © freepik.com

foto: freepik.com

Kecacatan yang terjadi pada bayi salah satunya bisa disebabkan karena kekurangan asam folat. Dampaknya, bayi bisa mengalami kelainan seperti bibir sumbing, kelainan jantung pada bayi baru lahir, bahkan sampai kerusakan pada otak. Maka ibu hamil bisa memenuhi asupan asam folat salah satunya dengan mengonsumsi kacang hijau.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR