Brilio.net - Daun pegagan menjadi salah satu bahan yang dikenal memiliki khasiat baik untuk kecantikan. Nggak hanya mengatasi masalah kulit, namun mencegah penuaan dini.

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyebutkan, daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh. Sehingga, nggak heran kalau daun pegagan kerap menjadi salah satu bahan dalam berbagai jenis skincare.

Tapi perlu kamu ketahui juga, daun pegagan nggak hanya memberikan manfaat itu saja lho. Ada banyak kebaikan yang diberikan pegagan melalui kandungan yang ada di dalamnya.

Tanaman yang tumbuh subur di negara-negara Asia ini bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk beragam penyakit. Bahkan, untuk perawatan sehari-hari, seperti mengatasi stres sampai perawatan luka.

Nah ada apa saja ya manfaat dari daun pegagan? Yuk cek lebih lanjut dalam ulasan brilio.net dari healthline dan berbagai sumber pada Jumat (4/6) berikut ini.

1. Melancarkan aliran darah.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Aliran darah yang lancar pada tubuh mampu menunjang kesehatan seseorang. Maka jaga asupan makan dan pola hidup sehat untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Salah satu cara untuk mendukungnya adalah dengan mengambil kandungan dari daun pegagan.

Kandungan triterpenes pada daun pegagan memiliki sifat antiperadangan. Kandungan ini dapat menstimulasi pembentukan kolagen dan juga glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Angiology menyebutkan, pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena. Daun ini pun mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki.

2. Mengatasi insomnia.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Gangguan tidur dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya. Tubuh akan terasa lemas dan konsentrasi pun akan menurun. Atasi segera kondisi ini agar pola tidur kembali normal.

Efek menenangkan bisa kamu dapatkan dari daun pegagan. Efek rileks bisa dirasakan untuk membuat tidur lebih pulas. Sehingga, badan akan kembali segar setelah menikmati tidur yang lebih nyenyak.

3. Meningkatkan fungsi otak.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, daun pegagan mampu meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menyebutkan, manfaat daun pegagan dan asam folat sama-sama dapat meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke dibanding asam folat.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Daun pegagan cocok disebut bahan serba bisa. Pasalnya, daun ini memiliki kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan pada April 2018, pasien yang meminum ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi mengalami proses penyembuhan yang jauh lebih cepat ketimbang dengan orang yang tidak mengonsumsi daun pegagan.

5. Mengatasi penuaan dini.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Kerutan dan flek hitam menjadi beberapa tanda seseorang mulai mengalami penuaan pada kulit. Jangan khawatir, kamu bisa memperlambat proses penuaan dini dengan daun pegagan, terutama untuk wajah dan leher.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit terutama wajah dan leher. Sedangkan, semakin bertambahnya usia, produksi kolagen alami pada tubuh akan semakin berkurang.

6. Mengatasi alzheimer.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Selain meningkatkan fungsi kognitif otak, daun pegagan juga mampu membantu proses pengobatan penyakit alzheimer. Menurut hasil penelitian, diketahui daun pegagan mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan.

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyerang otak. Seseorang yang terkena penyakit ini akan mengalami penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan perubahan perilaku.

Tanaman daun pegagan bermanfaat untuk melindungi sel-sel di otak dari pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran terbaik yang sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh.

7. Mengatasi jerawat.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah jerawat. Titik merah ini bisa menjadi lebih besar dan terkadang terasa gatal.

Untuk kamu yang tengah memiliki jerawat aktif bisa menggunakan krim anti jerawat yang mengandung Centella Asiatica atau daun pegagan. Dampaknya dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk memproduksi kolagen, sehingga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Selain itu, peningkatan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan.

8. Mengatasi stretch marks.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Strech marks juga bisa diatasi menggunakan daun pegagan. Sebuah studi pada tahun 2013 menyebutkan, manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

9. Meredakan stress.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meredakan stress. Manfaat ini terkait dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan, ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

10. Mengurangi nyeri sendi.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan © freepik.com

foto: freepik.com

Pegagang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi. Satu studi di tahun 2014 tentang arthritis yang diinduksi kolagen pada tikus, menemukan bahwa pemberian pegagan secara oral mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang. Efek antioksidannya juga memiliki dampak positif pada sistem kekebalan tubuh.