Brilio.net - Daun binahong diketahui memiliki segudang manfaat karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun binahong di antaranya vitamin E, beta karoten, asam folat, zat besi, dan flavonoid.

Daun ini dapat dijumpai di dataran tinggi maupun dataran rendah, sehingga mudah didapatkan. Dengan mudah ditemukannya daun ini di berbagai tempat, akan memudahkan orang-orang untuk merasakan manfaat langsung dari daun binahong.

Biasanya masyarakat menggunakan daun binahong sebagai obat tradisional. Cara menggunakan daun binahong adalah ditempelkan pada bagian tubuh yang membutuhkan seperti luka atau mengonsumsinya.

Selain sebagai obat, daun binahong juga ampuh dalam merawat kecantikan. Daun ini bisa digunakan untuk perawatan wajah harian.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut 20 manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/7).

Manfaat daun binahong untuk kesehatan.

daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Dapat mengobati luka.

Daun binahong dapat digunakan untuk mengobati luka. Hal ini dikarenakan daun binahong mengandung antrimikroba, flavonoid, saponin, dan tanin yang dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat, salah satunya luka bakar. Kandungan saponin dalam daun binahong berperan sebagai antiseptik yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya infeksi bakteri. Dengan mencegah adanya infeksi bakteri, maka penyembuhan luka dapat terjadi lebih cepat.

Selain saponin, kandungan flavonoid juga berperan untuk meminimalisir peradangan pada luka. Bahkan, luka juga menjadi lekas sembuh karena adanya kandungan tanin yang dapat memperkecil pori-pori kulit yang terluka, menghentikan terjadinya nanah maupun pendarahan ringan.

2. Mengatasi maag.

Manfaat selanjutnya, daun binahong memiliki khasiat untuk mengatasi maag. Dengan mengonsumsi air rebusan atau jus daun binahong, maka dapat mengatasi penyakit maag. Selain maag, konsumsi daun binahong secara rutin juga dapat mengobati penyakit disentri dan menjaga kesehatan lambung.

3. Menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi daun binahong, maka dapat menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin. Kedua hal tersebut memiliki efek yang sama bagi pasien yang mengonsumsi obat hipertensi penghambat beta dan diuretik.

Selain memiliki efek seperti halnya obat medis, daun binahong juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Adanya manfaat antihipertensi dan penurun kolesterol ini tentu saja baik untuk mencegah dan menjaga kesehatan penyakit jantung.

4. Mencegah kanker.

Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, daun binahong dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan yang berperan dalam pencegahan kanker dalam daun binahong di antaranya betakaroten, zeaxanthin, dan lutein.

Untuk mendapatkan manfaat pencegahan kanker, daun binahong dapat dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya sebanyak tiga kali sehari.

5. Menjaga stamina.

Selain mencegah dan mengobati penyakit, daun binahong juga dapat meningkatkan stamina tubuh karena kelelahan atau aktivitas yang berat. Untuk menjaga stamina tubuh, dapat mengonsumsi daun binahong dengan cara meminum air rebusannya secara teratur.

6. Mencegah diabetes.

Untuk mencegah diabetes, masyarakat biasanya telah menggunakan air rebusan daun binahong secara turun-temurun. Kebiasaan tersebut ternyata terbukti mampu menurunkan kadar gula darah, terutama setelah makan.

Kandungan dalam daun binahong yang berperan menurunkan kadar gula di antaranya flavonoid, steroid, dan kumarin. Zat-zat tersebut berfungsi untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di dalam usus. Selain itu, zat-zat tersebut juga dapat meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

7. Mengatasi asam urat.

Daun binahong dapat mengatasi asam urat karena mengandung flavonoid yang menghambat pembentukan asam urat, sehingga risiko serangan asam urat dapat lebih diminimalisir dengan konsumsi daun tersebut.

8. Menangkal radikal bebas.

Daun binahong yang tinggi antioksidan pun mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi diterima tubuh seperti polusi, radiasi UV, dan asap rokok. Untuk menangkal radikal bebas, sebaiknya mengonsumsi rebusan air daun binahong dengan rutin.

9. Mencegah penuaan dini.

Daun binahong dapat mencegah penuaan dini karena mengandung lutein, vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan zeaxanthin. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam daun binahong dapat menjaga kesehatan kulit, sehingga terjadinya penuaan dini pun dapat diminimalisir.

10. Menjaga kesehatan mata.

Seperti disebutkan sebelumnya, daun binahong mengandung vitamin A yang banyak diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Manfaat daun binahong untuk kecantikan.

daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

11. Dapat mengatasi jerawat.

Kandungan antibakteri dalam daun binahong dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu cukup menumbuk 4-5 daun binahong hingga halus. Selanjutnya, oleskan daun binahong yang sudah halus tersebut ke area wajah yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini dengan teratur. Selain dengan cara ditumbuk, kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong sebagai air cuci muka.

12. Dapat mencerahkan wajah.

Wajah yang sehat akan menampilkan warna yang cerah tanpa kusam. Untuk mendapatkan wajah cerah alami, kamu bisa menggunakan air rebusan daun binahong untuk mencuci wajah. Hal ini dikarenakan air rebusan daun binahong dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membasmi bakteri jahat yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit kamu menjadi lebih cerah, glowing, dan kenyal.

Selain itu daun binahong akan merawat kulit kamu menjadi lembut. Gunakanlah airnya sebagai perawatan wajah secara teratur setiap hari, yang alami dan tanpa risiko alergi yang berarti.

13. Mengencangkan kulit.

Selain direbus, dan digunakan sebagai air pencuci muka, daun binahong juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan menghilangkan kerutan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa ambil 10 helai daun binahong lalu dihaluskan. Setelah itu bisa campurkan madu dan jadikan sebagai masker wajah.

14. Menghilangkan komedo.

Air rebusan daun binahong dapat menghilangkan komedo yang mengganggu. Saat cuci muka, kamu bisa memakai rebusan daun binahong dan lakukan secara rutin sehari tiga kali.

15. Mencegah penuaan dini.

Penuaan merupakan efek samping akibat dari stres oksidatif. Meskipun kondisi ini merupakan proses alami, tetapi adanya radikal bebas dapat memperburuk kondisinya. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit sehingga membuat kulit keriput dan rusak.

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, vitamin A, C, beta karoten, dan zeaxanthin yang berguna memberi perlindungan pada organ dan kulit kamu dari serangan radikal bebas.

Daun binahong juga dapat menjadi sumber vitamin A dan C yang baik. Vitamin A dan C sendiri memang dikenal dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Kedua vitamin ini akan membantu kulit kamu menjadi lebih elastis, meremajakan kulit secara alami, dan tentunya mencegah penuaan dini.

16. Membuat kulit menjadi halus.

Selain kulit cerah, kulit yang halus dan mulus juga dambaan bagi setiap wanita. Kamu bisa memanfaatkan daun binahong untuk menghaluskan wajah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu menyiapkan 20 lembar daun binahong dan rebus dengan air 500 ml. Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci wajah. Lakukan secara rutin dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari.

17. Mencegah kulit dari radikal bebas.

Antioksidan yang tinggi dalam daun binahong sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi kulit yang rusak.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu harus rajin mengonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih sehat dan bersinar.

18. Dapat membersihkan kulit.

Selain digunakan sebagai masker, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong untuk membasuh muka. Caranya cukup dengan merebus beberapa helai daun binahong menggunakan air bersih.

Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh muka. Selain membuat wajah menjadi bersih, membasuh muka menggunakan air rebusan daun binahong juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus.

19. Mengatasi flek hitam.

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa muncul pada kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari. Banyak perempuan yang mendadak panik saat mengetahui ada flek hitam di wajahnya. Daun binahong dipercaya mampu mengatasi flek hitam. Caranya, ambil 2 lembar daun binahong, cuci dan haluskan, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 15 hingga satu jam, kemudian bilas dengan air bersih.

20. Merawat kesehatan rambut.

Selain wajah dan kulit, rambut pun ternyata kebagian manfaat dari daun binahong. Kandungan air rebusan daun binahong dipercaya mampu membuat rambut menjadi lebih subur, tidak gampang rontok, lembap, dan tentunya lebih sehat.

RECOMMENDED BY EDITOR