Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Kesehatan
Nur Luthfiana Hardian (brl/pep)

01 Mei 2019 08:31

10 Makanan & minuman untuk ibu hamil yang menjalani Ramadan

Ibu hamil disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungannya sebelum berpuasa..

10 Makanan & minuman untuk ibu hamil yang menjalani Ramadan

View Image



Ilustrasi hamil/foto: istimewa

Brilio.net - Berpuasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib untuk seluruh umat Islam. Tak menutup kemungkinan bagi ibu hamil juga ingin menjalani puasa untuk beribadah, meski sebenarnya ibu hamil diperbolehkan tidak berpuasa dan menggantinya di lain hari.

Ibu hamil boleh tidak berpuasa karena tuntutan kesehatan dirinya dan janin. Maka dari itu bagi ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungannya sebelum memutuskan untuk berpuasa. Pasalnya puasa harus menahan haus dan lapar dari pagi hari hingga petang.

Dilansir brilio.net dari bbc.com, Imam Madani Abdur Rahman, dari London, mengatakan Islam memang memberi pilihan puasa kepada wanita hamil. "Kita harus menilai situasinya, jika dokter mengatakan puasa dapat menyebabkan masalah bagi ibu atau bayinya, maka wanita tidak boleh puasa. Kesehatan harus selalu didahulukan," kata Imam Madani.

Apabila ibu hamil dinyatakan bisa berpuasa, hendaknya tetap selalu menjaga kesehatan dengan memenuhi vitamin dan nutrisi kebutuhan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang punya nilai gizi yang cocok untuk ibu hamil, di saat buka puasa maupun sahur.

Berikut makanan dan minuman yang cocok untuk ibu hamil saat menjalani puasa Ramadan, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (30/4).

Loading...

1. Daging.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Daging merupakan menu makanan yang mengandung protein tinggi. Protein sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, terutama bagi yang sedang menjalankan puasa. Daging dapat dikonsumsi saat buka dan sahur. Pastikan kamu memasak daging secara matang.

2. Ikan.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Ikan mengandung protein tinggi yang baik bagi tubuh, khususnya cocok bagi ibu hamil. Protein dapat membantu bayi tetap tumbuh baik meskipun sedang berpuasa. Konsumsi ikan saat sahur dan berbuka puasa. Kamu bisa mengonsumsi ikan salmon.

3. Telur.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Salah satu kandungan yang dibutuhkan bagi ibu hamil yang berpuasa adalah tetap menjaga protein tubuh. Protein bisa didapatkan melalui telur. Ibu hamil bisa mengonsumsi menu telur untuk sahur dan berbuka puasa. Namun yang perlu diketahui, telur tersebut harus dimasak secara matang.

4. Beras merah.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Ibu hamil membutuhkan banyak sumber energi demi kesehatan dirinya dan janin. Sumber energi berasal dari karbohidrat. Salah satunya adalah melalui beras merah atau gandum. Sumber energi karbohidrat juga bermanfaat agar ibu hamil tidak mudah lemas saat menjalankan puasa dari pagi hingga sore.

5. Susu.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Ibu hamil membutuhkan kalsium tinggi saat berpuasa. Kalsium berguna baik untuk menjaga keseimbangan tulan dalam menyangga bayi yang ada di kandungan. Kalsium bisa didapatkan dari susu. Ibu hamil dianjurkan meminum susu saat sahur untuk menambah energi dan supaya badan tidak cepat lemas.

6. Kurma.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: Instagram/@agenkurmasukkari

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat di bulan Ramadan adalah kurma. Kurma mengandung vitamin B1 yang dipercaya dapat mengontrol gerak rahim. Jadikan buah kurma sebagai menu saat sahur dan buka puasa. Sebab kurma juga dapat membantu menjaga pertumbuhan sang buah hati.

7. Air putih.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Air putih merupakan minuman yang mudah didapat dan banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya menangkal dehidrasi bagi ibu hamil di kala puasa. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk meminum air putih hangat saat berbuka puasa. Dianjurkan meminum 2-3 gelas di sahur dan berbuka dan perbanyak minum air putih selama jam-jam tidak berpuasa.

8. Kacang-kacangan.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Ibu hamil tidak hanya membutuhkan sumber energi, melainkan juga serat yang cukup. Untuk mendapatkan serat yang cukup, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti kacang-kacangan, sayur, agar-agar, maupun buah.

9. Madu.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Madu dikenal sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Tanpa terkecuali bagi ibu hamil yang ingin berpuasa. Konsumsi madu saat sahur dan buka puasa. Madu dipercaya dapat menjaga kelembapan tubuh agar tidak mudah dehidrasi. Selain itu madu juga bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Namun perlu diingat, bagi ibu hamil untuk mengonsumsi madu yang alami.

10. Smoothie.

makanan dan minuman hamil puasa pixabay

foto: pixabay

Sulit untuk makan cukup kalori di tengah malam untuk sahur. Itu sebabnya disarankan bagi ibu hamil untuk menambahkan smoothie ke sahur menu sahur. Mungkin sulit untuk mencoba meminum satu gelas penuh smoothie saat sahur. Dilansir dari nutritionbynazima, cobalah untuk setidaknya mengonsumsi setangah gelas smoothie. Hindari buah yang memiliki kandungan asam dan manis berlebih.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kehamilan Puasa Ramadan Kesehatan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE