Brilio.net - Apakah kamu memiliki tanda lahir yang muncul saat lahir atau segera setelah lahir? Tenang, perubahan suatu area kulit ini kebanyakan di antaranya nggak berbahaya kok. Umumnya dokter juga nggak tahu mengapa tanda lahir itu muncul dan memang sampai saat ini nggak dapat dicegah.

Menurut Danielle M Miller, dermatolog di Klinik Lahey di Burlington, Massachusets, mengatakan bahwa tanda lahir terdiri dari 2 jenis utama. Jenis pertama disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Jenis kedua disebabkan oleh kelebihan produksi pigmen di kulit.

Ingin tahu jenis tanda lahir lainnya dan apakah berbahaya buat kesehatan? Berikut 10 macam tanda lahir yang brilio.net rangkum dari Everydayhealth, Kamis (3/12). Simak yuk!


1. Salmon patch atau macular stain

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Tanda lahir salmon patch termasuk jenis tanda lahir yang disebabkan oleh pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Nama lain dari tanda lahir ini adalah macular stain, angel kiss, and stork bite. Tanda lahir berwarna merah samar ini sering muncul di dahi, kelopak mata, leher, atau belakang kepala. Salmon patch tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan, karena biasanya berangsur hilang dalam beberapa tahun.


2. Port Wine

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Tanda lahir ini warnanya lebih kemerahan hingga keunguan dan terjadi pada sekitar 3 dari 1.000 bayi. Port wine dapat menebal dan bergelombang seiring pertambahan usia serta dapat dikaitkan dengan meningkatnya tekanan pada mata. Anak-anak yang memiliki port wine harus diperiksa oleh seorang spesialis mata. Tanda lahir tidak dapat hilang sendiri tapi dapat dihilangkan dengan laser.


3. Strawberry Hemangioma

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Hemangioma adalah pertumbuhan pembuluh darah kecil yang terjadi pada sekitar 400.000 bayi setiap tahun di Amerika Serikat. Tanda lahir ini muncul saat lahir atau segera setelah lahir dan berwarna merah menonjol di atas kulit sehingga tampak seperti stroberi. Strawberry hemangioma dapat muncul di manapun pada tubuh dan tumbuh pesat selama 6 bulan pertama. Namun tanda lahir ini akan hilang sebanyak 70 persen dalam waktu 7 tahun dan biasanya tidak memerlukan pengobatan apapun.


4. Cavernous Hemangioma

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Jenis hemangioma ini mirip dengan Strawberry Hemangioma tetapi letaknya lebih dalam lagi di kulit sehingga berwarna kebiruan. Tanda lahir ini juga cenderung menyusut seiring pertambahan usia, tetapi perlu diobati jika terletak di dekat mata, hidung, atau mulut dan mengganggu pemandangan, makan atau pernapasan. Untuk menghilangkannya, biasanya digunakan perawatan laser. Obat-obatan untuk mengecilkan pembuluh darah juga akan lebih efektif sebab lebih kecil risikonya menimbulkan jaringan parut.


5. Venous Malformations

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Tanda lahir ini muncul dekat kulit dan sangat jarang dijumpai. Venous Malformations sebenarnya adalah jalinan pembuluh darah yang ukurannya lebih besar dan lebih menonjol daripada tanda lahir yang disebabkan karena pembuluh darah lainnya. Venous Malformations tidak akan hilang dari waktu ke waktu sehingga perlu diobati. Selain lewat operasi dan obat-obatan, tanda lahir ini juga dapat dihilangkan dengan embolisasi, yaitu prosedur penyumbatan pembuluh darah untuk membuat tanda lahir menyusut ukurannya.


6. Pigmented Nevi atau Tahi Lalat umum

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Jenis tanda lahir ini lebih sering disebut tahi lalat yang muncul saat lahir dan tetap ada seumur hidup. Sekitar 1 dari 100 bayi dilahirkan memiliki tahi lalat. Warnanya berkisar dari cokelat hingga hitam dengan berbagai bentuk dan ukuran, bisa muncul sendiri atau banyak dan muncul di mana saja pada kulit. Tahi lalat jenis ini jarang membutuhkan pengobatan dan risikonya berkembang menjadi kanker hanya sekitar 1 persen.


7. Dysplastic Nevi atau tahi lalat besar

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Tanda lahir yang juga berupa tahi lalat ini lebih tinggi risikonya berkembang menjadi kanker kulit. Apabila jumlahnya banyak atau ukurannya besar, maka risikonya menjadi kanker lebih tinggi di masa depan. Oleh karena itu, tanda lahir ini harus diwaspadai. Tahi lalat berukuran 10 cm atau lebih saat lahir dialami oleh sekitar 1 dari 20.000 bayi lahir. Tahi lalat yang mencakup area kulit yang luas disebut nevi bawaan raksasa dan risikonya berkembang menjadi kanker kulit sebesar 6 persen.


8. Mongolian Spots

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Adalah tanda lahir berpigmen yang muncul biasanya pada bayi yang lahir dengan kulit lebih gelap. Paling sering muncul pada punggung bawah atau bokong dan terlihat seperti memar datar. Tanda lahir ini biasanya memudar saat bayi mencapai usia sekolah. Mongolian spot adalah tonjolan berpigmen dalam di bawah kulit dengan warna biru atau abu-abu. Menurut Miller, tanda lahir ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan.


9. Cafe au Lait Spots

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Istilah 'cafe-au-lait' artinya berarti kopi susu, sesuai dengan warna tanda lahir yang warnanya kecokelatan ini. Tanda lahir ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja dan bisa membesar seiring pertambahan usia. Jika ukuran makin membesar Cafe-au-lait spot bisa menjadi tanda penyakit yang disebut neurofibromatosis, penyakit keturunan langka yang menyebabkan tumor tumbuh pada jaringan saraf. Oleh karena itu, bayi yang lahir dengan tanda lahir ini perlu diperiksa oleh ahli saraf.


10. Nevus Sebaceous

10 Macam tanda lahir dan arti buat kesehatan, kamu punya nggak?

Nevus Sebaceous biasanya muncul pada kulit kepala bayi atau wajah sebagai plak berwarna kuning. Pada masa pubertas, tanda lahir ini cenderung makin terlihat dan menonjol. Meskipun sangat jarang dijumpai, tanda lahir ini berisiko tinggi berkembang menjadi kanker kulit sehingga perlu dilakukan pembedahan pada usia dini untuk mencegahnya tumbuh menjadi kanker.