Brilio.net - Bagi sebagian wanita, penampilan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Dari ujung kepala hingga ujung kaki tidak luput dari perhatian setiap harinya. Bahkan tak dapat dipungkiri jika penampilan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. Karena melalui rasa kepercayaan diri itulah, seseorang dapat lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Mata adalah organ kecil yang juga tak luput dari perhatian sebagian wanita dalam menjaga penampilan. Mata yang segar, tidak ada kantong hitam, dan pastinya tidak kendur menjadi hal yang juga diidamkan oleh wanita. Tak heran, berbagai perawatan dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut.

Berbagai produk khusus untuk merawat kecantikan mata juga makin banyak beredar pasaran. Sebut saja misalnya seperti masker, krim, serum, hingga perawatan di salon dengan biaya fantastis juga tak jarang dilakukan seseorang demi tampak mata yang terlihat segar.

Tetapi bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk pergi ke salon, kini tidak perlu khawatir. Bahkan dengan bahan yang simpel dan mudah ditemukan akan membuat penampilan kamu kembali segar. Lalu apa saja sih, cara menghilangkan kantung mata kendur, simpel dan ampuh?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/11), berikut 10 cara menghilangkan kantung mata kendur yang simpel dan ampuh.

Loading...

1. Sendok.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Mungkin kamu merasa aneh ketika membaca sendok di poin pertama. Tetapi percaya deh, sendok yang selama ini kita gunakan untuk makan bisa memulihkan kesegaran matamu. Yang perlu dipastikan adalah sendok yang kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata kendur adalah yang berbahan logam.

Sendok logam memberikan sensasi dingin yang mampu membuat mata menjadi rileks. Maka sebelum melakukan perawatan ini, kamu bisa menyimpan sendok logam di dalam lemari es untuk beberapa saat. Kamu anak kos dan nggak punya lemari es? Jangan sedih! Kamu bisa merendam sendok logam dalam air selama 15 menit.

Setelah itu tekan area bawah sendok ke bagian bawah mata secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa melakukannya secara rutin menjelang tidur dengan durasi selama 15 menit.

2. Kentang.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dong, dengan bahan yang satu ini. Bisa jadi ini adalah camilan favoritmu bareng teman-teman saat nongkrong. Eitss, sekarang kamu harus tahu, kentang ini nggak hanya bikin perut kamu kenyang tapi juga bisa bikin penampilan mata menjadi lebih terang.

Kentang memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang dapat mengatasi masalah kulit memerah dengan cara meringankan inflamasi atau peradangan. Cara menghilangkan kantung mata kendur dengan menggunakan kentang adalah dengan mengompreskannya pada mata.

Siapkan satu buah kentang mentah dan kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian parut sampai halus dan bungkus dengan kain tipis. Kompreskan pasa kantung mata kendur selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih. Mudah bukan?

3. Timun.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Timun adalah bahan yang sering disebutkan untuk merawat keindahan mata. Selain mudah ditemukan, timun juga memiliki harga yang relatif murah. Meski begitu, timun kaya akan kandungan dan manfaatnya, lho.

Timun memiliki kandungan air sebanyak 95% air. Hal ini bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan mampu sebagai pelembap yang dapat membuat mata menjadi lebih segar. Tentu hal ini ampuh untuk kamu yang memiliki mata kendur akibat begadang.

Tak hanya sampai di situ saja, kandungan timun lainnya yang baik untuk kecantikan mata adalah kandungan vitamin C-nya sebagai antioksidan untuk mencegah iritasi pada mata. Cara menghilangkan kantung mata kendur dengan menggunakan timun adalah dengan mencuci bersih timun dan mengiris tipis-tipis. Lalu tempelkan pada mata selama 15-20 menit.

Selain itu, kamu juga bisa membuat jus timun dan mengonsumsinya secara rutin. Selain simpel dan ampuh untuk mengatasi kantung mata kendur, cara ini juga membuat badan kamu menjadi lebih segar.

4. Bengkoang.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Buah manis yang satu ini rupanya memiliki banyak khasiat untuk kecantikan tubuh lho. Bahkan berbagai produk kecantikan memiliki kandungan bengkoang karena kehebatannya. Bengkoang memiliki banyak nutrisi seperti B1 dan vitamin C. Banyaknya kandungan air yang dimiliki bengkoang juga mempunyai manfaat yang sama dengan timun yaitu, dapat menyegarkan kulit.

Untuk memanfaatkannya, kamu bisa parut satu buah bengkoang hingga lembut. Tempelkan hasil parutan tersebut pada kantung mata sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit dan lakukan cara ini secara rutin untuk menghilangkan mata kendur. Simpel banget kan?

5. Kantung teh.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Teh memang jadi pilihan yang tepat untuk memberikan ketenangan tubuh. Apalagi jika menyeduh teh setelah lelah bekerja selama seharian dan menyelesaikan segala deadline. Tapi jangan buru-buru membuang kantung teh bekasmu ya! Karena kamu dapat memanfaatkannya untuk mengatasi mata kendur dengan cara yang simpel dan juga ampuh.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan 2 kantung teh bekas yang masih bersih. Kemudian celupkan ke air dingin selama 10 menit. Selanjutnya tempelkan saja kedua kantung teh tadi ke area kantung mata kendur. Diamkan selama 20 menit dan coba nikmati dengan rileks. Tahap terakhir jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air bersih.

6. Es batu.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Poin yang satu ini tentu sangat mudah untuk diikuti. Menggunakan es batu tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah lho, tapi juga dapat untuk mengatasi mata kendur. Es batu dapat menjadi pengontrol peradangan dan tekanan berlebihan pada jaringan kulit. Pastinya ini tepat untuk pemilik mata kendur yang lelah bekerja dan jarang berolahraga.

Kamu bisa mengembalikan lagi kesegaran mata cukup dengan es batu lho. Caranya super simpel. Cukup balut es batu dengan kain dan usapkan di area kantung mata kendur tersebut. Yang perlu diingat adalah jangan menempelkan es batu langsung ke kulit ya. Karena itu dapat merusak pembuluh kapiler yang berada di bawah kulit. Try it!

7. Susu.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kantung mata kendur terkadang membuat mata menjadi lebih bengkak. Sudah kendur, ditambah bengkak? Waduh, bener-bener bikin tampilan jadi nggak oke, kan? Tapi tenang, selain menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan susu untuk mengatasi hal ini.

Caranya simpel banget lho. Kamu bisa celupkan kapas ke susu dan letakkan saja di kelopak mata. Tunggu selama 20-30 menit. Lakukan hal ini dengan rutin untuk membantu mendinginkan matamu yang bengkak.

8. Putih telur.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Untuk kamu yang sering memanfaatkan putih telur untuk masker wajah, sekarang kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dengan bahan simpel yang satu ini. Putih telur ternyata juga dapat menjadi solusi dari mata kendur lho. Putih telur diyakini dapat mengencangkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Bahkan kandungan protein dan vitamin di dalamnya juga mampu menutrisi kulit kelopak mata menjadi lebih kencang.  

Kamu bisa langsung mempraktikkan ini dengan cara mengocok putih telur, lalu aplikasikan di sekitar mata dengan durasi kurang lebih 20 menit. Untuk mempermudah dalam penggunaannya, kamu bisa menggunakan brush untuk mengoleskan putih telur. Setelah itu bilas dengan air dingin dan rutin menggunakannya untuk hasil yang maksimal ya.

9. Minyak vitamin E.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Vitamin E banyak ditemukan di berbagai bahan dan juga produk kecantikan. Minyak zaitun adalah salah satu bahan yang memiliki kandungan vitamin E. Untuk kamu yang ingin menghilangkan mata kendur dengan menggunakan minyak vitamin E tidak perlu khawatir akan menyita waktu banyak. Kamu hanya perlu menuang air dingin ke mangkuk, dan teteskan sedikit vitamin E ke dalamnya.

Aduk hingga rata, dan celupkan kapas dalam campuran air tadi. Letakkan di mata selama 20 menit. Minyak vitamin E memiliki khasiat untuk mengatasi kantung mata kendur dan mengurangi bengkak di area mata.

10. Air mineral.

Cara menghilangkan kantung mata © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Setelah berbagai bahan dan cara dilakukan untuk mengurangi kantung mata kendur, tentu akan kurang efektif jika kamu tidak merawat dari dalam tubuh. Mengonsumsi air mineral secara rutin adalah cara mudah yang dapat mengimbangi segala usaha dalam mengatasi mata kendur.

Akan lebih baik jika kamu selalu membawa tempat minum dalam segala aktivitas. Dengan rajin mengonsumsi air mineral akan membuat tubuhmu selalu terhidrasi. Jadi jangan lupa jaga penampilanmu dari luar dan dalam tubuh ya!

RECOMMENDED BY EDITOR