Brilio.net - Mendeteksi virus corona sejauh ini cukup sulit karena dalam perkembangannya, seseorang yang terjangkit Covid-19 bisa mendapatkan penyakit tanpa menunjukkan gejala. Akan tetapi para ahli kesehatan di Eropa menemukan cara potensial untuk mengidentifikasi infeksi virus corona hanya dengan melihat kaki seseorang.

Dokter melaporkan sejumlah pasien yang dites positif Covid-19 memiliki lesi (jaringan yang abnormal) kecil di kaki mereka. Hasil temuan ini dimulai di Spanyol, yakni menentukan apakah itu merupakan gejala lain dari penyakit Covid-19.

Dilansir brilio.net dari Antara, Senin (20/4) Federasi Podiatris Internasional di Prancis melaporkan kasus lesi pada anak laki-laki berusia 13 tahun yang terinfeksi Covid-19. Awalnya dokter mengira itu lesi disebabkan oleh laba-laba tetapi pasien akhirnya mulai menunjukkan gejala virus corona.

Hasil tersebut kemudian dilaporkan oleh ahli dermatologi. Ternyata gejala serupa juga banyak terjadi oleh pasien Covid-19 di Italia dan Prancis sebagaimana diungkapkan Spanish General Concil of Official Pediatrist Colleges.

"Lesi ungu (sangat mirip dengan cacar air, campak atau chilblains) yang biasanya muncul di jari kaki dan biasanya sembuh tanpa meninggalkan bekas," ungkap ahli kesehatan.

Dalam kebanyakan kasus, lesi dialami remaja dan anak-anak yang terinfeksi virus. Ada sejumlah kecil pasien dewasa dengan luka di kaki mereka.

Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan terkait menambahkan lesi kecil pada kaki ke dalam daftar gejala Covid-19. Untuk mendapatkan bukti ilmiah perlu lebih banyak waktu.