Brilio.net - Dalam dunia medis ternyata ada istilah-istilah yang digunakan untuk membedakan perilaku sebuah objek makhluk hidup, termasuk manusia. Meski banyak istilah yang awalnya hanya digunakan untuk hewan, lama-kelamaan, istilah tersebut seiring waktu juga disandingkan pada manusia, dicocokkan berdasarkan karakter masing-masing.

Hal ini rupanya didasari pada kesamaan manusia dan hewan terutama yang hidup dalam struktur sosial, yang memiliki kecenderungan yang mirip dalam beberapa perilakunya. Dalam situs konsultasi kesehatan, klikdokter yang dikutip brilio.net, Rabu (14/6) dokter Karin Wiradarma menjelaskan bahwa cowok juga dibagi menjadi beberapa tipikal, yaitu cowok alfa, beta, gama & omega.

Berikut ini penjelasan istilah cowok alfa, beta dan gama dari dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut.


1. Cowok Alfa.

cowok beta cowok beta

foto: pixabay.com

Pria alfa adalah tipe pria yang menjadi idaman kebanyakan wanita. Pria jenis ini umumnya dapat kamu temukan sebagai karakter tokoh utama pria di film, sinetron, atau novel romantis. Pria alfa sangat pandai berbicara, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, intelektualitas, dan karisma tersendiri.

Kualitas ini membuatnya mudah disukai oleh banyak orang. Karena itu, tak heran pria alfa memiliki banyak teman dan cenderung menjadi pemimpin. Namun, pria alfa cenderung arogan, agak agresif, keras kepala, dan suka memegang kendali.

2. Cowok Beta.

cowok beta cowok beta

foto: pixabay.com

Berbeda dari pria alfa, pria beta cenderung lebih pemalu dan introvert. Mereka juga sering merasa kurang yakin dengan berbagai keputusan dan komitmen yang akan dibuatnya. Maka, tak salah bila pria beta dianggap sebagai pria baik-baik yang lebih suka mengalah dan menghindari konflik.

Pria beta dapat mengerjakan tugas dan instruksi yang diberikan kepadanya dengan baik. Tipe pria ini tidak suka terlalu menonjolkan diri. Oleh karena itu, pria beta cenderung menjadi follower (pengikut) dari pria alfa.

3. Cowok Gama.

cowok beta cowok beta

foto: pixabay.com

Tidak ada ciri khas yang terlalu spesial dari pria gama. Pria gama umumnya dapat berbaur dengan baik dalam pergaulan. Tidak terlibat masalah dengan sesama pria maupun wanita. Pria gama adalah orang yang fleksibel. Dapat menjadi pengikut, tetapi jika keadaan mendesak, tipe pria ini juga dapat menjadi pemimpin dadakan.

4. Cowok Omega.

cowok beta cowok beta

foto: pixabay.com

Meskipun tidak tertarik untuk menjadi pemimpin atau pengikut, pria omega adalah seorang yang percaya diri, cerdas, dan memiliki karisma tersendiri—sedikit banyak mirip seperti pria alfa. Pria omega tidak terlalu suka dikerumuni oleh banyaknya pertemanan dan hubungan sosial. Walau demikian, mereka memiliki beberapa teman dekat yang benar-benar dapat percaya.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa masing-masing kepribadian memiliki keunikan, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu kamu bisa tahu mana tipikal cowok yang paling cocok denganmu.