Brilio.net - Setiap orang biasanya punya cara tersendiri ketika berjabat tangan. Ada yang keras menggenggam tangan lawan bicara, namun adapula yang biasa-biasa saja. Sama halnya seperti tulisan tangan, cara berjabat tangan ternyata juga bisa dipakai untuk menebak kepribadian seseorang.

Dengan kata lain, saat kamu bertemu orang baru, kamu bisa mengenal karakter dan sifatnya melalui cara dia menjabat tanganmu. Dilansir brilio.net dari idiva, Rabu (10/2), berikut 12 jenis berjabat tangan dan artinya terhadap kepribadian.

1. Tangan berkeringat

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: sehatmagz.com

Orang yang tangannya berkeringat saat bersalaman, biasanya tipe orang yang gampang gugup. Saat dia gugup dan memikirkan sesuatu terlalu berlebihan, sistem syaraf dalam tubuh akan aktif bekerja sehingga membuat tangan basah atau berkeringat.

2. Dingin seperti ikan mati

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: idiva.com

Orang tipe ini menjabat tangan lawan bicaranya seperti tidak memiliki energi, lemas, dan tak ada genggaman. Kamu yang berjabat tangan dengan orang ini seolah-olah sedang memegang ikan mati. Orang tipe ini biasanya mempunyai sifat rendah diri, tidak tertarik terhadap lawan bicara, dan kurang berkomitmen.

3. Jabat tangan cepat dan terburu-buru-buru

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: dailymail.co.uk

Orang yang menjabat tanganmu dengan cepat lalu segera melepaskan menandakan bahwa dia menganggap lawan bicaranya itu bukanlah orang yang penting. Dia cenderung meremehkan dan menganggap orang di hadapannya bukan prioritas baginya.

4. Memposisikan tangan seperti hendak dicium

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: cdn.tmpo.co

Jabat tangan jenis ini menandakan dominasi terhadap orang lain. Orang yang memposisikan tangannya untuk dicium ingin menunjukkan bahwa dia ingin dihormati dan merasa senior. Tipe jabat tangan ini biasanya dilakukan orangtua terhadap anak-anak.

5. Jabat tangan dengan dua tangan

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: merdeka.com

Tipe jabat tangan ini biasanya dipakai oleh para pemimpin negara. Jabat tangan ini menandakan kehangatan, sikap persahabatan, jujur dan saling percaya. Namun jika tangan kiri lawan bicaramu memegang lengan atau pundakmu, itu artinya dia sedang menginginkan sesuatu darimu.
 
6. Menarik-narik tanganmu

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian foto: i.ytimg.com

Saat kamu menjabat tangan seseorang dan kamu merasa dia seolah-olah sedang menarik-narik tanganmu, itu artinya dia sedang berusaha mengendalikanmu. Dengan kata lain, dia berupaya mengontrol dirimu sesuai dengan keinginannya.

7. Hanya memegang jari-jarimu

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian


foto: idiva.com

Ketika seseorang sekadar memegang jari-jarimu saat bersalaman, itu berarti dia sedang berusaha menjaga jarak denganmu. Mereka biasanya merasa tidak nyaman dengan kehadiranmu.

8. Meremas-remas tangan

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian


foto: qna.org.qa

Orang tipe ini akan menjabat tanganmu dengan sangat kuat sampai kamu meringis kesakitan. Itu artinya dia sedang mengintimidasimu. Namun bisa juga dia sedang bercanda denganmu, tergantung seberapa dekat hubunganmu dengannya.

9. Ujung jari menyentuh telapak tangan

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian


foto: teachingmensfashion.com

Orang dengan jabat tangan ini umumnya punya masalah dengan ketakutan dan komitmen. Mereka dengan jabat tangan seperti ini takut menjalin hubungan yang mendalam dalam waktu singkat. Beri waktu untuknya sampai kalian benar-benar saling kenal.

10. Posisi tangan di atas lawan bicara

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian


foto: idiva.com

Ketimbang memposisikan tangannya sejajar, orang tipe ini akan meletakkan tangannya di atas lawan bicaranya. Ini menandakan dia merasa superior dibandingkan denganmu.

11. Mendorong tangannya ke arahmu

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian


foto: reddit.com

Orang ini akan mendorong tangannya ke arahmu sehingga kamu tidak bisa mendekatkan badanmu dengannya. Orang tipe ini biasanya membutuhkan ruang sendiri dan tidak akan membiarkan orang lain dengan mudah masuk ke dalam kehidupannya. Jika kamu hendak berteman dengannya, kamu harus bisa mendekatkan diri secara fisik maupun emosional.

12. Jabat tangan tinju

Tidak hanya tulisan, jabat tangan pun ada kaitannya dengan kepribadian

foto: imgur.com

Sebenarnya, ini terlihat seperti bukan jabat tangan. Namun orang yang gemar menyapa rekannya dengan jabat tangan tinju menganggap lawan bicaranya adalah partner in crime. Dia menganggapmu sebagai teman dekat dan siap menghadapi tantangan dunia.