Brilio.net - Kepribadian adalah hal yang selalu ada dalam setiap orang. Namun kepribadian seseorang tidak selalu sama dengan kepribadian orang lain. Masing-masing orang memiliki kepribadian yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Pengertian kepribadian sendiri adalah pola khas seseorang dalam berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan relatif stabil.

Meski begitu, tak semua orang mengenali kepribadiannya sendiri lho. Karena itulah, banyak orang ingin mencoba tes kepribadian untuk mengungkap apa yang ada di dalam dirinya.

Salah satu tes kepribadian biasanya menggunakan perantara gambar. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Hermann Rorschach. Ia merupakan pencipta tes kepribadian menggunakan noda tinta.

Lebih lanjut, Hermann Rorschach mengatakan bahwa karakter dan kepribadian seseorang bisa diketahui lewat gambar yang ia lihat. Cukup menunjukkan gambar yang ia lihat pertama kali atau memilih gambar yang ia suka ternyata bisa mengungkap hal tersembunyi dalam diri seseorang.

Tertarik mencoba? Berikut tes kepribadian gambar dan jawabannya yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/6).

Loading...

Tes kepribadian dengan gambar dua objek. 

Perhatikan gambar di bawah ini, hal yang pertama kali kamu lihat akan mengungkap karakter diri.

foto: playbuzz.com

- Otak
Jika otak adalah gambar yang pertama kali dilihat, berarti kamu adalah orang yang perfeksionis, yang menetapkan standar tinggi, dan selalu yakin untuk mencapainya. Kamu juga mengutamakan kesempurnaan dalam segala hal yang kamu lakukan. Inilah yang membuatmu memiliki semangat kuat yang hanya bisa ditandingi oleh sedikit orang. Selain itu kamu juga merupakan orang tegas dan berkomitmen. Kamu sangat berani, terbiasa bertarung dengan sekuat tenaga, untuk mencapai tujuan.

- Tangan
Jika tangan adalah gambar yang pertama kali dilihat, berarti kamu adalah orang yang penuh pengamatan dan sangat intuitif. Selain itu, suara hatimu juga tidak pernah mengecewakan dan tidak menyesatkan. Itulah sebabnya kamu mengandalkan intuisimu, bahkan mungkin kamu sudah memahaminya sendiri. Tapi, orang-orang di sekitar juga mungkin menganggap kamu sebagai orang yang terlalu emosional dan sensitif, padahal kenyataannya kamu hanya memiliki kecerdasan emosi yang sangat tinggi.

2 dari 3 halaman

Tes kepribadian dengan gambar tiga objek.

Ungkap apa yang kamu lihat dari gambar di bawah ini.

foto: brightside.me

- Wanita berbibir merah.
Kalau kamu melihat wanita berbibir merah dalam gambar tersebut, berarti kamu memiliki karakter yang kuat dan kepribadian ceria. Hidup selalu memberikan banyak kejutan dan tantangan, tetapi kamu dengan karakter ini dapat belajar dan berjuang untuk menghadapinya. Karakter ini terbilang lebih sukses di bidang sosial dan kreatif sehingga pekerjaan dalam desain komunikasi bisa dipertimbangkan.

- Pria.
Jika kamu menemukan sosok pria dalam gambar ini, maka kamu termasuk orang yang jenius. Kamu dapat sukses dalam bidang yang dipilih karena kepintaranmu dalam menemukan solusi serta tidak suka berkonsentrasi pada masalah. Kamu juga merupakan orang yang kreatif dan senang melakukan observasi.

- Ayam.
Umumnya hanya sedikit orang yang bisa menemukan ayam dalam gambar ini. Artinya, kamu adalah sosok yang sering berpikir out of the box dan kerap mengamati aspek positif dalam hidup. Kamu juga merupakan orang yang sabar dan kompeten dalam bidang sains dan matematika. Diprediksi dapat sukses dalam karier terkait angka dan arsitektur.

3 dari 3 halaman

Tes kepribadian dengan gambar abstrak. 

Pilih salah satu gambar abstrak di bawah ini, kemudian lihat karakter sebenarnya dalam dirimu.

foto: dazzling.news

- Gambar nomor 1.
Jika kamu memilih gambar nomor satu, kamu adalah orang yang suka mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru. Dalam mengambil keputusan, kamu cenderung lebih spontan. Selain itu kamu juga orang yang punya rasa empati yang tinggi. Kamu adalah sosok teman yang baik dan selalu berusaha selalu ada jika dibutuhkan.

Kamu juga punya sifat optimis dan mudah menularkannya pada orang lain. Ambisi dan harapanmu sangat tinggi, namun itu adalah hal yang baik. Jika mampu memberi kemungkinan kamu akan mendapatkan kesempatan yang mengubah hidupmu.

- Gambar nomor 2.
Jika kamu memilih gambar nomor dua, maka kamu adalah orang yang sangat peka dan baik hati. Karena itulah, kamu sering mendahulukan kebutuhan orang lain sebelum kepentinganmu sendiri. Sebenarnya itu adalah hal yang baik, namun terkadang ada saja yang memanfaatkan sifat baikmu untuk mencari keuntungannya sendiri. Di sisi lain kamu juga sosok yang tetap teguh pada apa yang sudah kamu ucapkan dan melihat semuanya dari sisi positif tak peduli seperti apa situasinya.

- Gambar nomor 3.
Jika kamu memilih gambar nomor 3, maka kamu adalah orang yang tenang meski di tengah situasi yang membuat stres sekalipun. Kamu memperhatikan setiap detail dan sangat terorganisir. Ketika kamu sudah menentukan suatu hal, tak ada satupun yang bisa mengubah pikiranmu. Dan sekalinya kamu peduli atau menyukai suatu hal, kamu akan memberikan segalanya.

- Gambar nomor 4.
Jika kamu memilih gambar nomor 4, hal ini menandakan kepribadian terdalammu yang sangat bersemangat dan penuh rasa humor. Tak ada satupun yang bisa melemahkan semangat yang kamu miliki, karena kamu selalu menghargai setiap momen dalam kehidupan. Kamu juga tipe orang yang memilih untuk hidup damai dan menghindari konflik.

- Gambar nomor 5.
Kamu adalah pengambil risiko, kreatif, dan selalu mencari jawaban dari sebuah masalah. Kamu sangat berani mengambil jalan yang berbeda dan itulah yang menjadi kelebihanmu. Kamu juga sosok yang dapat dipercaya dan bisa memotivasi orang lain untuk tidak berputus asa. Bagi orang-orang di sekitarmu, kamu adalah seorang role model. Kamu selalu berpikir dulu sebelum memutuskan satu hal dan memikirkan konsekuensinya sebelum melakukan sesuatu.

- Gambar nomor 6.
Bagimu, hidup adalah petualangan. Kamu tipe sahabat yang baik dan selalu ada. Namun tidak mudah untuk menemukan sahabat yang cocok dengan kepribadianmu. Kamu cenderung memilih teman yang ingin kamu jadikan sahabat. Sebenarnya tidak masalah, namun akan lebih baik lagi jika kamu mulai membiasakan bergaul dengan banyak orang, meski mereka tak memiliki kesukaan dan hobi yang sama denganmu.

- Gambar nomor 7.
Kamu adalah pribadi yang kalem dan santai. Berbagai masalah bisa kamu tanggapi dengan enteng dan kepala dingin. Di sisi lain kamu juga orang yang teguh terhadap pendirian dan tegas. Namun ada baiknya untuk saling berbagai saran dengan orang lain, jika kamu memiliki persoalan yang melibatkan kondisi banyak orang.

- Gambar nomor 8.
Kamu adalah orang sangat positif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Kepekaanmu terhadap orang lain sangat tinggi dan sangat optimis terhadap suatu hal. Sangat sulit bagi orang di sekitarmu untuk tidak berpikir hal yang sama.


RECOMMENDED BY EDITOR