Brilio.net - Cinta itu nggak pandang bulu. Setuju nggak? Ada orang cakep jatuh cintanya sama orang yang secara penampilan biasa aja, bahkan nggak banget. Siapa yang tahu, sih? Kenapa bisa begitu, ya?

Kalau sebelumnya udah dibahas alasan cewek cantik cinta sama cowok biasa aja, kini giliran cowok kenapa lebih tertarik sama cewek biasa aja.

Sebuah penelitian oleh ahli biologi evolusi, Julien Renoult dan tim dari University of Paris membuktikan bahwa cowok lebih tertarik sama cewek yang nggak terlalu cantik dan berpenampilan biasa. Dalam studi yang dipublikasikan Royal Society of Open Science ini, peneliti meminta dua kelompok cowok menilai foto-foto cewek yang berbeda, seberapa menariknya sih mereka? Jawaban partisipan kemudian digabungan dan ditinjau oleh komputer model korteks visual otak untuk menentukan apa sih yang bikin cewek itu terlihat cantik.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari NEXTSHARK, Minggu (24/7), para peneliti menemukan bahwa cewek dengan wajah 'sederhana' dianggap lebih menarik oleh para partisipan. Dilihat dari proses pengolahan komputer, wajah cewek yang dinilai paling menarik adalah harus yang paling jarang dikodekan oleh korteks visual utama. Itu artinya, wajah cewek yang paling menarik adalah yang harus memudahkan otak mengingatnya, nggak banyak hal yang harus dideteksi lebih detail dan ribet.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bill von Hippel, psikolog University of Queensland, Australia. "Jika memang demikian adanya, efek ini seharusnya tidak tergantung jenis kelamin. Dengan kata lain, perempuan harus menunjukkan preferensi yang sama untuk wajah 'sederhana' laki-laki yang mudah diingat," kata Hippel.

Lebih lanjut Von Hippel menambahkan bahwa penemuan tersebut memperkuat keyakinan bahwa kesan pertama menentukan seseorang menilai orang lain apakah orang itu menarik atau tidak.

Hmmm... kamu setuju nggak dengan hasil penelitian di atas, Sobat Brilio?