Brilio.net - Massa pendukung dan penolak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam sidang keenam dugaan penistaan agama di sepanjang jalan HM Harsono terlihat tidak  begitu ramai dibanding sidang-sidang sebelumnya. Dari pantauan brilio, sekitar kurang lebih 300 massa GNPF-MUI masih terus melakukan orasi di sepanjang jalan HM Harsuno dan sekitar kurang lebih 30 massa pendukung Ahok meneriakan yel-yel untuk kebebasan Ahok.

Kasubag Humas Polres, Kompol Purwanta mengatakan, meski massa tidak terlalu banyak dari sidang sebelumnya, kemanan tetap diperketat. Sekitar 1000 personel diturunkan untuk mengamankan jalannya sidang Ahok.

Sekjen GNPF MUI klaim sidang Ahok sempat ada ketegangan, kenapa ya? © 2017 brilio.net



"Pengamanankan sesuai SOP yang dilaksanakan. Standarnya kan ada, mau massa cuma tiga orang kita tetap sesuai standarlah. Pengamanan tetap seperti kemarin, ring 1, ring 2, ring 3, dan ring 4. Jumlah tidak bisa saya tetapkan karena saya takut  enggak akurat. Masih ada tambahan lagi dari rekan-rekan Satpol PP dari rekan-rekan Damkar dari rekan-rekan TNI," ungkapnya kepada media, Selasa (17/1).

Sidang ahok © 2017 brilio.net



Menurut Purwanta berkurangnya massa pada sidang keenam ini, bisa jadi karena keinginan mereka sudah terpenuhi. "Kan pertama permintaan dia, kemauan dia (massa) sudah kita tindak lanjuti mungkin dia juga nggak perlu datang karena sudah kita tindak lanjuti tinggal kita lakukan pengamanan saja," ujarnya.

Sidang ahok © 2017 brilio.net