Brilio.net - Seseorang sering mengatakan bahwa kecerdasan adalah anugerah yang diberikan untuk seseorang sejak ia lahir. Menurut para ahli, kecerdasan bisa diperoleh dari lingkungan sekitar yang secara drastis mempengaruhi keterampilan otak.

Ada banyak mitos umum tentang orang cerdas, beberapa yang mungkin sudah banyak kita tahu adalah orang cerdas merupakan individu yang rajin belajar. Namun penelitian menunjukan bahwa IQ tinggi sering dikaitkan dengan kebiasaan aneh dan rutinitas yang tidak biasa. Berikut ini adalah daftar hal-hal yang terbukti secara ilmiah banyak dilakukan orang cerdas.

1. Tidak banyak bicara

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Loading...

Orang cerdas tidak ikut terhadap obrolan-obrolan yang tidak berguna. Mereka selalu menjaga diri mereka dengan tidak banyak bicara karena mereka selalu dikelilingi oleh pikiran positif. Telah diamati bahwa orang yang lebih pintar cenderung kurang berbicara kepada orang lain dengan berbagai alasan. Menurut para ahli, orang cerdas cenderung menyendiri karena mereka terlalu logis untuk membuat percakapan terus berjalan. Mereka juga lebih suka sesuatu yang produktif daripada bergosip.

2. Memiliki selera humor yang tinggi

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Menurut para ilmuwan, seseorang yang mampu mengubah setiap hal kecil menjadi lelucon dan membuat orang lain tertawa adalah orang yang cerdas. Dibutuhkan keterampilan kreatif yang luar biasa untuk membuat humor dalam kehidupan sehari-hari.

3. Berbicara sendiri

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Tahukah kamu jika Albert Einstein salah satu orang jenius yang ada di dunia, ia sering berbicara sendiri kepada dirinya. Para peneliti menemukan bahwa bahwa orang-orang yang sering berbicara sendiri baik dalam hati ataupun dengan suara yang keras, lebih cerdas dari orang-orang yang tidak melakukan hal itu. Berbicara dengan diri sendiri dapat mempertajam kerja otak, meningkatkan daya ingat dan membatu kamu mengatur pikiran. Meskipun banyak yang menyebut hal ini gila karna berbicara dengan diri sendiri tapi, hal inilah yang dilakukan orang-orang jenius.

4. Sering mendengarkan musik

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Semua orang mendengarkan musik tetapi, orang yang selalu terlihat memakai earphone adalah jenius sejati. Dalam sebuah studi baru-baru ini, ditemukan bahwa tidak hanya orang-orang yang tahu cara memainkan alat musik memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, tetapi orang-orang yang sering mendengarkan musik juga sangat cerdas.

Studi ini juga menambahkan bahwa orang-orang cerdas lebih suka mendengarkan musik tanpa vokal dari pada lagu-lagu dengan lirik yang tidak bermakna. Jadi, jika kamu salah satu dari orang-orang yang menyukai ketukan kata-kata dan irama, kamu mungkin lebih cerdas dari yang kamu pikirkan.

5. Bekerja dengan cerdas

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Orang-orang cerdas tidak belajar dan bekerja sepanjang waktu sebaliknya, mereka sebenarnya malas. Karena mereka malas, mereka mencoba menemukan cara termudah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka tanpa harus bekerja keras.

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang kurang aktif secara fisik cenderung lebih cerdas daripada orang-orang yang sibuk sepanjang waktu. Orang cerdas menggunakan kecerdasannya sehingga membutuhkan lebih sedikit waktu.

6. Selalu mencari jawaban

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Menurut sebuah penelitian, memiliki rasa ingin tahu untuk belajar lebih banyak adalah tanda yang jelas dari kecerdasan seseorang. Orang cerdas juga banyak membaca dan sering membuat catatan harian. Mereka selalu penasaran dengan apa yanag menganggu kepala mereka, bahkan tidak sehelai daun pun terlewatkan untuk menjadi pertanyaan mereka.

7. Mengakui kesalahan

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Menurut Jeff Bezos, pendiri pusat perbelanjaan yang sukses di Amazon mengatakan, tanda kecerdasan terbesar adalah kemampuan untuk mengakui kesalahan dan belajar darinya. Tidak ada yang sempurna tetapi orang yang maju untuk mengakui kesalahan mereka adalah yang paling cerdas. Secara tidak langsung, manusia cenderung percaya bahwa mereka benar dan orang lain salah. Tetapi, dibutuhkan otak yang sangat fungsional untuk memahami sudut pandang orang lain dan menemukan kesalahan pada diri sendiri.

8. Makan Coklat

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Pecinta coklat, ini saatnya kamu bahagia. Menurut sebuah penelitian, makan coklat secara teratur meningkatkan fungsi otak dan sebagai hasilnya, membuat kamu lebih tajam dalam berpikir. Telah dibuktikan bahwa orang yang makan coklat memiliki ingatan yang lebih baik dan hebat dalam hal penalaran.

9. Mengurus diri mereka sendiri

orang cerdas © 2019 brilio.net

foto: brightside

Menghakimi orang lain dan bergosip adalah hal-hal yang dihindari orang pintar. Mereka tidak suka berbasa-basi dan tidak pernah terganggu oleh apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, orang cerdas paling bahagia ketika mereka dibiarkan melakukan hal yang mereka sukai. Mereka bukan penyendiri, otak mereka hanya membutuhkan ruang untuk bernapas lega hingga berfungsi kembali.

reporter: mgg/gusti radani

RECOMMENDED BY EDITOR