Brilio.net - Salah jurusan ketika kuliah bisa dibilang merupakan salah satu malapetaka yang harus bisa dihindari oleh mahasiswa. Memilih jurusan sama dengan memilih nasib di masa depan karena keputusan tersebut bukan hanya untuk sehari, namun untuk seterusnya. Dan jika pilihan jurusanmu ternyata salah dan baru kamu sadari di tengah jalan, maka besar kemungkinan kamu bisa kehilangan semangat untuk menyelesaikan kuliahmu hingga akhir dan menyebabkan kuliahmu jadi terganggu.

Nah, oleh karena itu sangat penting buat kamu untuk tahu gejala atau tanda-tanda kamu telah salah memilih jurusan, dan buat yang sedang dalam proses untuk memilih biar tahu dan jangan salah pilih. Apa aja? Yuk simak di bawah ini, Kamis (13/4)!

1. Paling males untuk berangkat kuliah.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: shutterstock

Bangun pagi untuk berangkat ke kampus adalah salah satu hal yang paling menyiksa buat kamu. Rasanya kamu enggan untuk berangkat karena tidak ada semangat untuk menerima pelajaran. Jika sudah parah, ini akan mendorongmu buat titip absen hadir saking malasnya.

2. Ngerjain tugas ditunda mulu.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: rotasinews

Karena sudah tidak sesuai dengan passion-mu, kamu jadi suka menunda tugas, dan bisa menjadi orang yang paling terakhir tahu tentang tugasmu. Hal inilah yang bisa menimbulkan kamu sering mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam alias SKS.

3. Ke kampus cuma pengen ketemu temen.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: bandarlampungku.com

Berkuliah untuk mendapatkan ilmu bukan lagi menjadi tujuan utamamu. Kamu cenderung merasa ingin ke kampus karena ingin bertemu dan sekedar ngobrol dengan teman-temanmu sambil Wi-Fi-an di area internet gratis di kampus. Hmmm...

4. Terus-terusan memikirkan untuk segera pindah jurusan.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: youthmanual

Hal ini seringkali terjadi ketika misalnya kamu bertemu dengan temanmu yang ada di jurusan lain yang kelihatannya keren. Atau orang yang bekerja di bidang tertentu yang tiba-tiba menginspirasimu. Kamu jadi terus memikirkan hal tersebut dan membayangkan seandainya kamu mengambil jurusan itu.

5. Susah konsentrasi saat di kelas.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: tumblr.com

Jika kamu sudah berada di dalam kelas, pikiranmu melayang entah ke mana. Apapun yang diucapkan dosenmu tidak ada mampir di telinga. Matamu juga sibuk memandangi jam atau arloji berharap kuliah itu cepat selesai.

6. Nilai semakin turun dan IPK semakin jeblok.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: laporantekniksipil

Waktu kuliah, kita semua pernah merasakan masuk ke kelas yang kita sama sekali nggak paham. Atau nggak suka dengan cara mengajar dosennya. Karena itu, nilai C di satu atau dua mata kuliah mungkin wajar. Namun, kalau kamu melihat nilai kamu banyak C dan D-nya, mungkin ini tanda bahwa jurusan ini bukan untuk kamu.

7. Nggak kebayang kalau lulus mau kerja apa.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: kaskus

iasanya ketika kamu berkuliah, kamu bisa membayangkan pekerjaan impian apa yang kamu inginkan dengan bekal ijazah dari universitasmu. Namun hingga saat ini di tengah masa perkuliahanmu, kamu bahkan belum punya bayangan akan jadi apa nantinya.

8. Nggak punya jawaban setiap kali ditanya "Kenapa milih jurusan ini?"

salah jurusan kuliah istimewa

foto: memesuper.com

"Eummm, kenapa ya?? Eh tuh lihat ada kuda terbang!" sambil mengalihkan pembicaraan. Mungkin itu gambaran buat kamu yang salah jurusan ketika ditanyai tentang alasan memilih jurusan yang kamu pilih.

9. Cita-cita pekerjaan justru nggak ada kaitan sama jurusan kuliah.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: pixabay

Kamu sudah mulai menekuni bidang-bidang pekerjaan yang nggak ada hubungannya sama jurusanmu.

10. Nggak tertarik ngebahas jurusan sendiri, malah ngomongin jurusan lain.

salah jurusan kuliah istimewa

foto: freepik.com

Karena nggak ada chemistry dengan kuliah, kamu selalu merasa sulit memahami apa yang disampaikan dosen saat kuliah. Bagimu, materi kuliah yang disampaikan dosen adalah sesuatu yang sangat absurd, sehingga perlu secepatnya dihilangkan dari dalam kepala setelah keluar dari ruang kelas. Kamu merasa muak dan nggak ingin lagi membicarakan tentang jurusanmu.

Nah kalau kamu hanya merasakan dua sampai lima hal di atas, dan itupun nggak terjadi setiap hari mungkin itu hanyalah tanda-tanda kamu mulai bosan saja. Namun jika intensitasnya cukup sering dan dari kesepuluh hal di atas kamu rasain semu, kamu juga mulai harus memikirkan kembali mengenai jurusan yang kamu pilih.

Memilih jurusan kuliah memang tidak semudah memilih baju atau sepatu di mal. Kesalahan memilih jurusan akan menjadi penyesalan yang tidak hanya dirasakan semasa kuliah, namun juga seumur hidup. Maka dari itu, pertimbangkanlah dengan matang sebelum membuat keputusan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek video di bawah ini deh, agar kamu jangan salah pilih!