Brilio.net - Pakaian yang dipergunakan merepresentasikan karakter seseorang. Maka nggak cukup baju bagus, celana keren dan dasi mahal untuk menunjukkan bahwa kamu adalah cowok yang berkualitas. Semua hal yang dipakai mempunyai makna, termasuk pilihan warna dasi yang dipergunakan untuk melengkapi busana formalmu.

Jangan salah lho, aksesori leher ini bahkan bisa memberikan makna yang paling penting atas penampilan yang kamu tunjukkan. Kamu bisa percaya atau nggak, jika warna dasi bisa membuat orang bosan melihatmu dalam waktu lama. Maka warna dasi juga perlu juga disesuaikan dengan audien yang kamu akan temui. Apakah kamu seorang guru yang akan bertemu dengan murid, pekerja yang akan bertemu klien, atau malah ingin bertemu dengan calon mertua. Memilih warna dasi yang tepat dapat membantu kamu menyampaikan pesan yang diinginkan.

David Zyla, seorang penulis tentang gaya warna hidup menyebutkan bahwa warna mengeluarkan sinyal yang sangat spesifik, dimana mengubah warna dasi juga berarti mengubah pesan yang ingin disampaikan. Berikut beberapa warna dasi yang perlu kamu ketahui maknanya, Selasa (8/11):

1. Merah mempunyai arti powerful.

warna dasi Istimewa

foto: independent.co.uk

Bukan sebuah kebetulan jika banyak politisi menggunakan dasi warna merah yang dipadukan pakaian warna gelap. Menurut Mark Woodman, seorang analis tren yang tinggal di Maryland, di Amerika Serikat yang mempelajari warna , merah adalah dasi kekuasaan. Jika dipadukan dengan pakaian (celana dan jas) warna hitam atau gelap, dasi merah semakin menunjukkan kami sebagai orang yang mempunyai kepercayaan tinggi. "Ada sesuatu tentang merah yang selalu merujuk pada kekuatan dan gairah," ujar Woodman.

Warna ini juga cocok dipakai para pengusaha atau pemimpin sebuah proyek besar, karena mempunyai arti ambisi besar. Lebih baik lagi jika warna yang dipergunakan adalah merah mengkilap dan tebal, sehingga sinyal ambisi ini bisa lebih terpancar.

2. Pink tunjukkan solidaritas pada perempuan.

warna dasi Istimewa

foto: pinterest.com

Mark Woodman sebagai analis warna juga menyebutkan bahwa dasi warna pink menunjukkan pria yang memakainya mempunyai solidaritas pada perempuan. Jadi bagi kamu yang ingin menunjukkan sesuatu atau care pada pasanganmu, bisa pertimbangkan untuk memakainya.

3. Warna ungu lebih mudah diterima di tempat kerja.

warna dasi Istimewa

foto: Getty Images

Eve Roth Lindsay, konsultan kesan yang berdomisili di Hongkong menyebutkan, makna tradisional dari warna ungu adalah kesetiaan dan kekayaan.Warna ini cocok untuk dipakai di tempat kerja, karena lebih mudah diterima oleh rekan-rekan. Banyak juga pengusaha dan eksekutif yang menggunakan dasi warna ungu, bukan merah, saat pertemuan bisnis, karena warna ini memberi kesan persahabatan dan tetap percaya diri. Seperti yang biasa ditunjukkan oleh Ross Znavor, seorang eksekutif di bidang jasa keuangan di New York.

4. Dasi hitam beritakan getaran tersendiri.

warna dasi Istimewa

foto: Getty Images

David Zyla, penulis asal New York yang memberi perhatian pada style warna menyebutkan, sekali-kali eksekutif muda perlu memakai dasi warna hitam pada pesta koktail atau acara makan malam kelas atas. Warna ini bisa memberikan getaran tersendiri. Namun harus diperhatikan, warna ini kadang dalam banyak situasi diartikan dengan kesombongan dan overconfidence.

5. Abu-abu bikin gagah.

warna dasi Istimewa

foto: mytuxedocatalog.com

Mark Woodman menyebutkan, tampil dengan dasi warna abu-abu bikin seorang pria tampak lebih canggih, megah dan terlihat modern. Padukan dasi abu-abu ini dengan kemeja ringan. Warna abu-abu yang dipilih bisa yang terlihat mengkilap.

6. Hijau beri arti kerja keras.

warna dasi Istimewa

foto: Thinkstock

Warna hijau atau juga disebut warna taman sebenarnya jarang dipilih, karena sulit dipadukan dengan warna pakaian pada umumnya. Hijau bisa menandakan beberapa hal, termasuk warna mata uang di sejumlah negara. Warna ini juga memperlihatkan sebuah kerja keras di tempat kerja. Dasi hijau muda dengan cetak halus dapat pasangan baik dengan kemeja berwarna netral.

7. Dasi kuning tunjukkan keyakinan.

warna dasi Istimewa

foto: photobucket.com

Kuning adalah warna dasi tradisional di banyak negara, termasuk Inggris, yang bisa menandakan keyakinan. Dasi kuning yang merupakan warna cerah dan simbol matahari membuatmu lebih mudah mendekati rekan-rekan karena ini ada warna cerah yang simbolis matahari. Orang yang menggunakannya dapat menunjukkan optimisme dan pandangan positif tentang kehidupan. Namun hati-hati saat memakai warna kuning di Indonesia, sebab yang memakai biasanya pedagang.

8. Biru beri efek menenangkan.

warna dasi Istimewa

foto: dhgate.com

Jika ragu untuk memilih dasi warna apa yang akan dipergunakan untuk menyampaikan pesan, kamu bisa pilih dasi biru. Sebab warna yang merepresentasikan langit ini memberi efek menenangkan dan paling aman dipakai. Dasi biru cenderung mengeluarkan nuansa profesional klasik dan dapat dipakai dalam lingkungan bisnis global tanpa mengirim pesan yang salah. Nggak heran jika banyak pemimpin dunia saat bertemu menggunakan dasi biru agar nggak ada kesan ingin menyampaikan pesan tertentu.

Setelah tahu arti dari berbagai warna dasi, kamu tinggal mempersiapkan diri tampil dengan #StyleGanteng dengan dari GATSBY. Nggak hanya dasi yang perlu kamu perhatikan, kerapian pakaianmu juga jangan diabaikan, Sob. Begitu juga dengan kerapian rambut dan bau badanmu harus tetap terjaga dalam berbagai suasana agar rekan kerja atau gebetan nggak menjauh. Nah, biar rambutmu rapi, pertimbangkan untuk memakai POMADE agar tampak mengilap dan mantap. Cek di sini untuk info selengkapnya di tautan ini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR