Brilio.net - Phobia adalah rasa takut yang berlebih terhadap sesuatu. Salah satunya adalah phobia ketinggian. Nah, kalau kamu termasuk seorang yang takut dengan ketinggian, kamu harus mulai untuk menghilangkan ketakutan itu. Mengapa? Karena perasaan takut itu justru nantinya malah akan merugikan dirimu sendiri lho, guys. Rasa cemas akan ketinggian itu pun akan membahayakan diri kamu sendiri saat ada di tempat-tempat yang tinggi.

Tak hanya itu, nantinya kamu pun akan kesulitan jika ingin melakukan hal-hal yang berhubungan dengan ketinggian. Itu sebabnya phobia atau ketakutan yang berlebih itu harus kamu lawan. Berikut ini adalah tips-tips jitu yang bisa kamu coba untuk mengatasi phobia ketinggianmu itu, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (16/1), khusus buat kamu. Cekidot!

1. Lakukan relaksasi

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: photobotos.com

Relaksasi ringan dapat membantu kamu untuk meredam rasa cemas atau gugup saat ketakutan ini menyerang. Tarik nafas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan terus hingga rasa cemas dan deg-degan kamu mereda.

2. Memberikan sugesti

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: youtube.com

Beri sugesti-sugesti positif dalam diri kamu untuk menghilangkan rasa takut. Nantinya, sugesti tersebut itu harus diingat terus menerus hingga kamu mulai melupakan ketakutan kamu sendiri.

3. Yakinlah tidak akan terjadi apa-apa

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: 500px.com

Kamu juga harus yakin bahwa jika kamu memanjat atau naik ke tempat yang lebih tinggi, maka tidak akan terjadi apa-apa kepadamu. Dengan demikian, selain membuat pikiran lebih tenang juga membuat kamu akan menjadi orang yang lebih berani menaklukkan ketinggian.

4. Sering latihan dan membiasakan diri

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: wisegeek.org

Tips mengatasi takut ketinggian yang keempat adalah dengan sering melakukan latihan dan membiasakan diri untuk melawan ketinggian. Mungkin caranya kamu bisa naik turun tangga berjalan di mall-mall, atau naik turun tangga di rumahmu.

5. Membayangkan hal indah di tempat yang tinggi

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: 500px.com

Biasanya metode yang satu ini ampuh untuk mengatasi phobia takut ketinggian ringan. Coba bayangkan hal-hal indah ketika berada di ketinggian, misalnya membayangkan serunya bermain terjun payung, melihat romantisnya awan, hingga menikmati cantiknya wajah bumi yang bisa kamu lihat dari atas.

6. Melihat aksi yang menyenangkan di ketinggian

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: briff.me

Melihat tayangan televisi atau YouTube yang menyuguhkan aksi menyenangkan di ketinggian bisa jadi cara ampuh lho untuk memberanikan berada di tempat yang tinggi. Nah, setelah terbiasa mengimajinasikannya, pelan-pelan beranikan diri kamu untuk berada di tempat-tempat tinggi dan melakukan sesuatu seperti apa yang telah kamu imajinasikan.

7. Memotivasi diri sendiri

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot! foto: sixflags.com

Coba ingat kembali awal mula mengapa kamu bisa mengalami phobia ketinggian. Ketika kamu sudah mengingat penyebabnya, motivasikan pada dirimu bahwa sebenarnya semua orang bisa mengalami hal seperti kamu dan berhasil keluar dari segala ketakutan yang ada di dalam pikiran. Motivasi yang dilakukan berulang kali tentu akan menumbuhkan kepercayaan diri dan sekaligus membangkitkan keberanianmu.

8. Hindari Kopi

Ini dia tips jitu biar kamu nggak lagi phobia ketinggian, cekidot!

foto: ilmupilot.blogspot.com

Jika kamu memiliki phobia ketinggian tapi harus naik pesawat karena tugas kantor yang mengharuskan kamu pergi ke luar kota atau keluar negeri, sebaiknya hindari mengonsumsi kafein beberapa saat sebelum bepergian. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa jadi berkontribusi pada kecemasan dalam dirimu yang berhubungan dengan phobia ketinggian. Membatasi atau malah tidak mengonsumsi kafein dapat membantu meredakan rasa cemasmu, lho.