Brilio.net - Lulus kuliah dan terjun ke dunia kerja bagi fresh graduate adalah langkah yang sangat besar. Mencari pekerjaan di tengah pandemi juga punya tantangannya sendiri. Sebagai perempuan, kamu juga harus bisa berkompetisi dengan fresh graduate lain yang mencari pekerjaan impian.

Berbeda dari masa sebelumnya, saat new normal ini kamu harus mengoptimalkan internet atau digital untuk mencari pekerjaan, sampai melakukan proses rekrutmen kerja. Mulai dari tes kerja, wawancara kerja, sampai bekerjapun semuanya dilakukan di rumah. Karena itu, kamu harus mengasah kemampuan dan tampil percaya diri agar berhasil.

Lewat internet, kamu juga bisa mengikuti aneka kelas untuk meningkatkan skill. Langkah pertamamu ini akan menjadi modal berharga untuk karier ke depan. Meski penuh tantangan dan persaingan mendapatkan pekerjaan ketat, tapi kamu harus tetap percaya diri dengan kemampuanmu.

Nah, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini untuk meraih pekerjaan impian di masa pandemi. Bukan jadi momok menakutkan, kamu malah bisa mendapatkan kesempatan emas pada masa sulit ini. Diulas Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/10), yuk kita simak bersama!

1. Menghargai waktu.

Dove Super Shampoo © 2020 shutterstock

foto: shutterstock.com

Di rumah saja sering membuatmu lupa waktu. Jangan terlena, kamu harus menghargai waktu. Perhatikan dengan saksama jadwal recruitment, meeting, atau janji yang sudah kamu buat. Menghargai waktu akan jadi modal paling besar untukmu mencari kerja. Kamu bisa memulainya dengan membuat agenda, memasang alarm, atau memulai kebiasaan rutin.

2. Membiasakan diri dengan networking online.

Dove Super Shampoo © 2020 shutterstock

foto: shutterstock.com

Karena tak bisa meeting di luar rumah, networking online kini sedang populer. Banyak sekali kesempatan yang bisa kamu ambil seperti kelas online , temu kangen, hingga meet and greet yang diselenggarakan secara digital.

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, di antaranya Google Meet atau Zoom. Agar aktivitas rapat atau pertemuan online lancar, pastikan jaringan internet dan fitur penunjang pada gadget, seperti kamera, mic, audio mumpuni. Perhatikan juga lokasi saat kamu melakukan meeting, lakukan di tempat dengan latar belakang menarik dan pencahayaan cukup.

Dan yang tak kalah penting adalah penampilan kamu. Siapkan dirimu dengan baik agar kamu makin percaya diri dan memberi first impression yang baik saat melakukan networking online.

Cukup modal gadget dan kuota internet, kamu bisa meraup banyak ilmu, wawasan, hingga sarana latihan persiapan tes dan wawancara kerja dengan networking online. Sebagai langkah awal, kamu bisa ikut networking online dengan alumni kuliah, teman sejawat, atau grup pencari kerja di media sosial.

3. Tampil percaya diri.

Dove Super Shampoo © 2020 shutterstock

foto: shutterstock.com

First impression atau kesan pertama saat bertemu recruiter lewat video call akan menentukan bagi seorang pencari kerja. Penting untuk menampilkan kesan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri tinggi. Perhatikan gaya bicara, gestur tubuh, dan penampilan kamu, salah satunya rambut.

Bagi perempuan, rambut adalah penunjang penampilang yang utama. Studi ilmiah dari Departemen Studi Psikologi, Perempuan, dan Gender Universitas Yale, Amerika Serikat menemukan bahwa bad hair day berpengaruh negatif terhadap kepercayaan diri, terutama saat bekerja. Tiga masalah utama yang sering dialami perempuan adalah ketombe, rontok, dan lepek.

DOVE DOVEfoto: Istimewa

Namun, kini tidak perlu lagi khawatir berlebih dengan tiga permasalahan rambut tersebut. DOVE meluncurkan produk terbaru Dove Super Shampoo untuk menangani masalah rambut seperti lepek, ketombe, dan rontok.

Kandungan Piroctone Olamine aktif menghilangkan ketombe. Selain itu, kandungan serum mampu menutrisi setiap helai rambut hingga ke akar untuk mengurangi rambut rontok. Formulasinya yang ringan juga efektif menghilangkan lepek agar kamu bisa mendapatkan #SuperHairSuperDay. Informasih lebih lanjut bisa kamu dapatkan di sini.

4. Ikuti kelas online untuk meningkatkan skill sesuai passion.

Dove Super Shampoo © 2020 shutterstock

foto: shutterstock.com

Mengikuti kelas online sangat berguna di masa new normal. Sebab, dari sana kamu bisa mendapatkan kemampuan baru yang akan berguna di dunia kerja. Ada banyak kelas online yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan yang ingin kamu dalami sesuai passion, misalnya kelas online Dove Super Day Class.

DOVE © 2020 brilio.netfoto: Istimewa

Dove Super Day Class ini sayang banget untuk dilewatkan. Sebab, kelas ini menghadirkan para pembicara yang inspiratif, seperti Marchella FP Penulis Buku Generasi 90-an & NKTCHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini), Clarin Hayes dokter muda content Creator YouTube, Martha Puri Natasande enterpreneur, Chef Dea Vialdo, dan Meira Anastasia penulis film Cek Toko Sebelah.

Total akan ada lima kelas dengan topik beragam. Rangkaian kelas online Dove Super Class akan dilakukan secara virtual dari September hingga November 2020.

Kamu bisa mengikuti langsung kelas online ini di Vidio.com. Informasi lebih lanjut tentang Dove Super Class bisa kamu temukan di Instagram resmi Fimela di sini.

5. Kolaborasi dengan teman.

Dove Super Shampoo © 2020 shutterstock

foto: shutterstock.com

Di masa new normal ini, kamu jangan menutup diri. Kolaborasi dengan teman bisa jadi nilai tambah bagi calon pekerja. Kamu bisa memulainya dengan proyek kecil-kecilan sesuai passion.

Misalnya, kamu yang jago menggambar, bisa kolaborasi dengan komikus untuk membuat komik bertema. Bagi yang suka memasak, bisa memulai bisnis kuliner kecil-kecilan, seperti membuat snack homemade maupun camilan yang sedang populer.

Proses mencari modal, produksi, pemasaran, hingga ekspansi mengembangkan usaha akan mengajarkanmu pengalaman yang berharga. Dengan kolaborasi, karya-karya menarik sesuai passionmu ini nantinya akan menjadi nilai tambah di mata perekrut, loh.