Brilio.net - Sebuah gambar sebenarnya tanpa sadar bisa mengukur kemampuan otakmu dalam mencerna persoalan. Ada sebuah tantangan dan makna tersembunyi dari gambar yang terkadang sering kamu abaikan. Terkadang pertanyaan yang ada di gambar tersebut sangat sederhana dan tidak perlu dipikirkan dengan rumit-rumit, namun kamu malah berpikir menjauh dan membuka apapun yang ada di dalam pikiranmu.

Nah dilansir dari Brightside.me, Rabu (12/4), ada tiga kunci untuk menunjukkan sisi kepribadianmu, yakni menemukan kesamaan di antara ketiga pasang gambar karya Leonid Khan dengan cepat. Dari ketiga pasang gambar ini, kamu bisa tahu apakah kamu adalah si Mad Hatter, sosok misterius dan "gila" dari Alice in Wonderland. Atau sosok Salvador Dali yang jenius. Seperti apa? Yuk simak di bawah ini!

1. Kesamaan antara ceret air dengan kapal.

foto: Brightside


2. Kesamaan antara mobil balap dengan tornado.

foto: Brightside


3. Kesamaan antara sepatu dengan pensil.

foto: Brightside

Mau tahu jawaban yang benar? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


Kunci pertanyaannya adalah:

1. Uap

2. Berputar untuk bergerak 

3. Meninggalkan jejak 

Dari jawaban ketiga gambar tersebut, apabila jawaban-jawaban di atas sama sekali tidak terpikirkan olehmu, tenang, itu artinya keadaan pikiranmu baik-baik saja. Namun apabila kamu dengan mudah menemukan ketiga jawaban tersebut dengan mudah dan sederhana, maka ini bisa menunjukkan sebuah kecenderungan pada masalah psikologis.

foto: brighthealing

Seperti dikutip dari brightside.me, tes semacam ini disebut dengan metode kontraposisi, yang biasa digunakan untuk mengungkap sejauh mana kesadaran seseorang. Seseorang yang memiliki mental yang baik-baik saja jika dihadapkan dengan pertanyaan, "Apa kesamaan burung gagak dengan meja?" akan menjawab dengan "Tidak ada".

Pada dasarnya hal tersebut memang benar adanya dan tidak bisa dibandingkan. Namun bagi seseorang dengan skizofrenia, mereka akan langsung mencari kesamaan kedua benda itu, yang paling menonjol. Tanpa banyak berpikir mereka akan menjawab "Orang menulis biasanya di atas meja, dan burung gagak memiliki buli yang bisa digunakan untuk menulis pada zaman dulu".

Nah apabila kamu bisa menjawab dari ketiga gambar tersebut dengan benar maka kamu bisa menentukan apakah kamu adalah si jenius atau malah memiliki gejala skizofrenia. Orang dengan skizofrenia akan menjawabnya tanpa berpikir panjang, sedangkan si jenius akan menjawab setelah mereka berpikir agak lama dan mengeluarkan respons mereka secara spontan.

foto: Contrepoids

Jadi, kamu termasuk skizofrenia atau orang jenius nih, sobat Brilio? Atau bahkan tak bisa menjawab pertanyaan di atas?