Brilio.net - Selera musik dan bagaimana kepribadian seseorang ternyata bisa berkaitan satu sama lain lho. Dilansir brilio.net dari Psychcentral.com, Selasa (23/8), ada sebuah riset yang dilakukan oleh Adrian North dari Heriot-Watt University yang melibatkan puluhan ribu orang di seluruh dunia, yang ingin meneliti tentang hubungan antara musik favorit dengan kepribadian.

Adrian mengaku bahwa penelitian yang ia lakukan sebagai penelitian terbesar yang pernah dilakukan terkait riset serupa.

Dari hasil temuannya, yang menurutnya paling menarik adalah adanya kemiripan antara pribadi penyuka musik klasik dan musik heavy metal.

"Ini yang bikin saya terkejut adalah ada kesamaan antara penyuka musik metal dengan klasik, yaitu mereka sama-sama kreatif dan tenang, namun tidak outgoing," kata dia.

Penasaran nggak dengan kepribadianmu seperti apa? Cek playlist kamu deh, sukanya genre apa dan baca penjelasan berikut ini ya, Sobat Brilio!


1. Up-beat music.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Jenis musik ini biasanya disukai oleh mereka yang punya kepribadian ekstrovert. Musik ini biasanya bikin orang penyuka musik ini bakal semangat dan bisa mengeluarkan ekspresi mereka.

Tapi untuk kasus tertentu, musik ini juga bisa untuk mereka yang ingin melarikan diri dari sesuatu. Misalnya orang yang lagi bahagia atau malah sedang sedih. Musik up-beat bisa banget untuk melepaskan emosi yang meluap-luap.


2. Musik metal.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Musik seperti ini biasanya digambarkan untuk orang-orang yang punya sifat yang keras dan cenderung destruktif. Padahal itu nggak sepenuhnya bener lho. Orang yang menyukai musik ini biasanya adalah orang yang kreatif dan peka. Mereka adalah orang-orang yang nggak suka dengan keadaan yang monoton, sesuai standar. Nah, hal ini yang bikin orang-orang penyuka musik metal ini dinilai antimainstream dan dicap sebagai penyuka musik rebel.


3. Musik slow.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Penyuka musik-musik slow seperti ini biasanya adalah orang-orang dengan pembawaan tenang, berpikiran dewasa dan mampu mengatur emosi jiwa. Mereka juga cenderung dewasa dan mengutamakan pemikiran penjang sebelum memutuskan sesuatu.


4. Musik klasik.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Karakter orang penyuka musik ini adalah mereka yang suka kedamaian, penyendiri, pendiam, dan nggak terlalu suka bergaul. Musik klasik adalah musik yang susah untuk dimengerti dan dinikmati, oleh karena itu penyuka musik ini biasanya kecerdasan yang tinggi.


5. Dangdut.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Orang penyuka musik dangdut ini cenderung sederhana, easy going dan suka hal-hal yang seru dan asyik. Tidak berpikir rumit dan nggak mau memikirkan beban hidup. Sehingga mereka sebisa mungkin menghindari masalah, terkadang lari dari masalah, oops!


6. Jazz.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Penyuka musik jazz biasanya adalah orang-orang yang senang mencari sesuatu punya jiwa petualang yang tinggi.


7. Pop modern.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Orang-orang penyuka musik pop biasanya punya percaya diri yang tinggi, tipe pekerja keras dan sangat suka dengan perubahan-perubahan. Namun mereka cenderung tak kreatif dan mudah gegabah dalam menghadapi permasalahan.


8. Reggae.

sifat dan pribadi © 2016 brilio.net

Karakter penyuka musik ini adalah mereka cenderung punya kepercayaan diri yang tinggi. Bukan termasuk orang-orang pekerja keras, namun sangat kreatif dan cenderung kalem kalau menghadapi masalah.

Gimana Sobat Brilio, kalau kalian tipe yang mana nih?