Brilio.net - Belajar keterampilan penting buat kamu dan lebih berharga daripada apa pun. Karena banyak keterampilan yang pastinya nggak kamu dapat di bangku sekolah.

Banyak hal-hal di luar sana yang bisa kamu pelajari lho, yang akan menunjang keterampilanmu, dan tentunya akan membuatmu merasa tercerahkan. Nah, ternyata ada beberapa skill atau keterampilan yang wajib kamu pelajari sebelum usia 50 tahun. Apa saja?

Kalau kamu penasaran, yuk intip tujuh skill berikut ini yang wajib kamu pelajari sebelum kamu berusia setengah abad, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/10).

1. Negosiasi.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: targettraining.eu

Negosiasi adalah salah satu keterampilan yang paling penting yang dapat kamu pelajari, dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam setiap aspek kehidupan kamu, lho. Apakah kamu ingin mengembangkan bisnis, atau memiliki lebih banyak kontrol atas hidupmu, belajar untuk bernegosiasi secara efektif dapat membantu kamu untuk menuju tujuanmu itu.

2. Bermain instrumen musik.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: classicfm.com

Jangan disepelekan, belajar memainkan alat musik tidak hanya akan membuat teman-teman di sekitarmu terkesan sama kamu, tetapi dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif kamu. Memainkan alat musik telah terbukti meningkatkan keterampilan konsentrasi. Kamu bisa memilih instrumen alat musik apa yang cocok sama kamu.

3. Public Speaking.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: briantracy.com

Berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan yang paling penting yang dapat kamu pelajari, yang juga menunjang kariermu. Mampu berkomunikasi secara efektif dapat berdampak positif hampir di semua yang kamu lakukan dalam hidup kamu, dari mulai karir, hubungan asmara, sampai bisnis. Tidak semua orang lahir sebagai seorang komunikator yang hebat, dan public speaking adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan dikembangkan oleh siapa pun.

4. Mampu mengelola keuangan.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: raweva.com

Keterampilan yang satu ini cukup diremehkan oleh kebanyakan orang, tapi kalau kamu nggak punya keterampilan yang satu ini dijamin deh kamu akan susah mengatur hidupmu. Mampu mengelola keuangan kamu sendiri adalah langkah pertama untuk mencapai kemandirian.

5. Membaca cepat.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: 7speedreadingreview.com

Bill Gates saja sepakat kalau membaca cepat adalah salah satu keterampilan yang wajib dimiliki. Waktu adalah komoditas yang paling penting dan terbatas yang kita miliki. Belajar membaca lebih cepat dapat menghemat puluhan jam per tahun, bahkan ratusan jika kamu adalah seorang yang rajin pembaca.

6. Networking.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: huffingtonpost.com

Jika kamu ingin lebih sukses, maka kamu harus mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang telah mencapai apa yang ingin kamu capai. Orang-orang tersebut nantinya bisa menjadi mentor, pelatih, atau penasihat yang dapat memandu kamu untuk menuju ke apa yang kamu inginkan. Karena hal itulah networking sangat penting.

7. Bahasa baru.

skill sebelum 50 tahun Istimewa

foto: bodyhacks.com

Ketika dunia menjadi lebih global, kita cepat memasuki era multibahasa. Dua puluh tahun lalu, kamu bisa lolos ujian sekolah dengan hanya mengetahui satu bahasa. Tapi hari ini, dengan bisnis yang berskala global, satu bahasa tak cukup lho. Untuk itulah kamu perlu belajar bahasa lainnya.

Nggak cuma skill di atas yang wajib kamu bisa sebelum usia 50 tahun. Untuk tampil ganteng, kamu juga harus mulai memperhatikan #AttitudeGanteng dan #StyleGanteng dari sekarang. Apalagi kalau ketemu orang baru, kamu butuh dua hal ini.

Nah, biar kamu makin cakep, jangan lupa juga untuk pakai #GantengKit dari GATSBY. Salah satunya kamu bisa nih, percakep rambutmu dengan Styling Pomade Supreme Hold atau bisa juga menggunakan Styling Pomade Supreme Grease, yang bisa membentuk gaya rambut bervolume dan tahan lama, atau bisa juga membentuk efek klimis tapi mudah dibilas. Selengkapnya, kamu bisa cek di sini. Gih, buruan!