Brilio.net - Apakah kamu pernah memiliki teman yang seringkali menunjukkan respons berbeda terhadap sesuatu masalah. Dia bisa menjadi begitu baik dan begitu jahat, misalnya, sampai kamu merasa temanmu adalah dua jiwa berbeda yang terperangkap dalam satu tubuh?

Jika kamu memiliki teman atau kenalan yang menunjukkan gejala tersebut, mungkin dia terkena gangguan kepribadian ganda atau bisa disebut dengan istilah Gangguan Identitas Disosiatif. Penderita gangguan ini bisa berubah karakter dari A menjadi B.

Berikut beberapa ciri-ciri seseorang memiliki kepribadian ganda yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber. Check this out Guys:

1. Dia memiliki dua kepribadian atau lebih dalam dirinya.

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: dingtwist

Misalnya saja namanya Lukman, Lukman ini dikenal sebagai seseorang yang baik dan taat beribadah. Tapi, di sisi lain Lukman juga mempunyai pribadi yang jahat dan suka membuat orang menderita. Lukman bisa memerankan kedua kepribadiannya ini sesuai dengan kepribadian mana yang tengah ada pada dirinya.

2. Dia memiliki dua sikap berbeda pada situasi yang berbeda.

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: healthtap

Kalau kamu punya teman yang kadang sangat rapuh tapi kadang sangat kuat dalam menghadapi situasi kemungkinan dia seorang penderita kepribadian ganda. Misalnya saja seseorang bisa menjadi sangat tak percaya diri saat mengambil keputusan, tapi di kali lain dia bisa sangat berani dan percaya diri.

3. Kemampuannya berubah-ubah secara signifikan.

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: helloquizzy

Misalnya saja, suatu ketika kamu melihat seseorang sangat pandai memainkan gitar. Di kali lain mendadak orang itu tak tahu caranya memainkan gitar tersebut.

4. Sering lupa dengan barang-barang yang dia miliki sendiri.

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: psychologyguideonline

Seorang dengan kepribadian ganda sering mengalami amnesia (hilang ingatan jangka pendek), maka ketika dia tengah menjalankan kepribadian A dan membeli sebuah barang, dia akan melupakan barang itu ketika memerankan kepribadian B.

5. Sangat berubah-ubah.

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: scienceclarified

Tentu dia berubah-ubah karena perannya tergantung dari kepribadian mana yang tengah dia perankan. Kalau kamu pernah menonton beberapa film yang bercerita tentang kepribadian ganda kamu pasti paham deh.

6. Aku siapa? Aku di mana? Kenapa aku di sini?

kepribadian ganda 1-6 © 2016 brilio.net foto: personalitydisorder

Yap, hal yang mungkin sekali terjadi adalah penderita sering tak sadar mengapa dia berada di suatu tempat dan alasan apa yang membawanya ke tempat tersebut. Selain itu seorang dengan kepribadian ganda sering mendengar suara-suara dalam kepalanya sendiri. Dia juga sering mengalami sakit kepala.