Brilio.net - Banyak orang berpendapat bahwa teori di bangku kuliah nggak banyak yang bermanfaat di dunia kerja. Sebab, perusahaan banyak memilih orang berpengalaman dibanding hanya pandai teori saja. Karena itu, untuk menjembataninya perlu sebuah pengalaman kerja, di samping bangku kuliah. Salah satu caranya adalah dengan magang.

Pendapat orang itu banyak benarnya. Karena dunia magang nggak hanya bisa memberikan pengalaman, tapi juga sejumlah keuntungan lainnya. Berikut beberapa keuntungan anak magang yang dikutip brilio.net dari beberapa sumber, Kamis (17/11):

1. Test drive karier.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: dablabillmeier.com

Magang itu adalah cara belajar yang sesungguhnya. Ibarat seperti orang akan belajar berenang, maka tempat sesungguhnya adalah di kolam renang. Begitu juga dengan belajar menjadi seorang profesional, tempatnya adalah di dunia kerja, bukan di bangku kuliah. Materi kuliah memang penting, tapi yang jauh lebih penting adalah bersentuhan langsung dengan realitas yang ada. Kamu bisa “tes drive” kariermu mulai dari sini.

2. Nambah resume.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: Forbes.com

Perusahaan menginginkan seorang pekerja yang mempunyai pengalaman. Makin banyak pengalaman yang didapat, maka makin banyak juga kesempatan untuk masuk dalam dunia kerja. Maka kesempatan magang bisa dipergunakan untuk menambah resume pekerjaan untuk bekal kelak di kemudian hari.

3. Buka jaringan.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: wiseqml.wordpress.com

Dunia kerja banyak menyajikan informasi-informasi baru yang nggak bisa kamu dapatkan di bangku kuliah. Maka beruntunglah bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa tapi sudah masuk dunia kerja, walaupun masih berstatus magang.

Jangan lewatkan waktu magang itu untuk menjalin komunikasi dengan banyak orang. Siapa tahu dari komunikasi yang baik, bisa mempunyai jaringan luas yang memudahkan langkahmu saat keluar dari kampus setelah lulus kuliah. Agar bisa masuk dalam sebuah jaringan kerja yang bagus, kamu perlu memiliki #PassionGanteng yang membuat orang lain percaya dengan kemampuanmu. Ingat ya, selain pelajaran hal penting, yang perlu dimiliki adalah karakter dan passion tersebut.

4. Nambah pengalaman.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: pinimg.com

Kalo pengalaman sudah pasti didapat. Dari pengalaman yang ada, baik itu pengalaman berupa salah mengerjakan tugas atau berhasil menyelesaikan sebuah misi bisa menjadi modal untuk memperkuat skill. Nggak akan pernah rugi orang mempunyai banyak pengalaman. Percaya, deh.

5. Ningkatin rasa pede.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: Forbes.com

Makin banyak bergaul dengan yang sudah lama berkecimpung di dunia profesional membuat kamu bisa tambah ilmu. Bukan hanya itu, kepercayaan diri pun tumbuh. Karena peserta magang jadi yakin bahwa mereka sebenarnya juga bisa menjadi seorang profesional dengan belajar langsung dari mereka.

Modal lain agar kamu bisa semakin percaya diri adalah penampilan yang prima. Jaga penampilanmu agar tetap ganteng dan menawan dengan produk-produk dari GATSBY. Misalnya untuk menjaga aroma badan tetap segar sepanjang hari meski kamu sibuk kerja, kamu bisa pakai GATSBY Urban Cologne yang punya banyak varian aroma, Sob!

6. Dapet traktiran dari bos tempat magang.

Manfaat jadi anak magang berbagai sumber

foto: iqglobal.intel.com

Anak magang biasanya banyak disukai rekan kerja. Karena selain rajin dan mau belajar, mereka juga mempunyai semangat baja pantang menyerah. Nggak heran banyak orang yang mengapresiasi, termasuk bos di perusahaan tersebut. Kalau sudah disuka bos, kamu siap-siap saja menerima undangan makan gratis. Lumayanlah dibanding makan bayar sendiri. Apalagi anak magang banyak yang nggak dibayar bulanan oleh kantor.

Jadi, sudah siap magang di mana, Sob?