Brilio.net - Kalau kamu anak muda aktif pastinya ingin sekali memiliki bakat dan passion yang sesuai dengan keinginanmu kan? Tapi ingat ya, kamu harus tahu dulu bakat dan potensi yang ada dalam diri kamu. Jangan asal ikut-ikutan teman atau tren saja. Coba dong gali potensi kamu.  

Nah, ini coba deh simak tips yang diberikan psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo. Menurut dia, setiap orang, khususnya para remaja, harus mengetahui potensi di dalam dirinya. Ini sangat penting karena berkaitan erat dengan masa depan lho.

“Usia remaja tugasnya sangat berat. Karena, mereka harus menata masa depannya. Jika para remaja tidak mampu membuat komitmen pada dirinya sendiri dengan menggali potensi, mereka tidak akan bisa mengembangkan bakat di masa depan,” katanya kepada brilio.net.

Nah, sebenarnya apa saja sih yang harus kamu lakukan agar bisa mengenali potensi dalam diri? Simak ya.

1. Membuat jurnal pribadi.

Loading...

tips bakat © 2016 brilio.net

Dengan membuat jurnal, bisa membantu kamu menggali potensi dalam diri. Tapi ini bukan buku harian ya yang isinya soal putus dengan pacar. Namun ini jurnal  atau catatan tentang hal-hal positif yang ada dalam diri kamu

2. “Me time” itu penting.

tips bakat © 2016 brilio.net

Cari waktu tenang untuk diri kamu sendiri. Ini bisa dilakukan di mana saja, di taman, termasuk di toilet. Gunakan waktu itu untuk merenung. Tanya pada diri sendiri apa yang kamu mau dan suka.

3. Membuat target.

tips bakat © 2016 brilio.net

Nggak perlu yang yang spektakuler. Misalnya minggu ini kamu targetin baca satu buku, atau paling tidak punya teman baru dan lingkungan perteman baru.

4. Minta bantuan teman.

tips bakat © 2016 brilio.net

Nah, kalau cara di atas masih sulit juga untuk menemukan potensi dalam diri, kamu bisa bertanya kepada teman atau keluarga. Tapi kalau sudah tidak bisa juga kamu harus datang ke psikolog agar dilakukan pengarahan. Nanti kamu akan diberikan pembekalan mengenai minat dan bakat dalam diri kamu.

5. Mau berusaha dan mengasah potensi.

tips bakat © 2016 brilio.net

Ini yang terpenting, kemauan untuk berusaha menemukan potensi dan bakat yang ada dalam diri kamu. Sebab, semua orang termasuk kamu sejatinya punya bakat. Hanya saja harus ada usaha untuk menemukan bakat tersebut.

Nah mulai sekarang, temukan deh bakat kamu.

RECOMMENDED BY EDITOR