Brilio.net - Perasaan tertekan atau stres kerap dialami orang. Banyak pemicu terjadinya hal tersebut. Ada yang karena pekerjaan, keluarga, atau lingkungan sosial.

Saat mengalami stres, jangan pernah sekalipun mengabaikannya. Banyak dampak buruk bila stres dibiarkan. Mulai dari wajah lesu, rambut rontok, hingga yang fatal keinginan bunuh diri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Salah satunya tertawa. Ya, tertawa sama kuatnya dengan pelepasan emosi, seperti halnya menangis.

Kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan, seperti menonton film komedi atau berkumpul bersama teman dengan berbagi cerita lucu. Berikut manfaat tertawa untuk atasi stres dilansir Brilio.net dari Yourtango, Minggu (12/7).

1. Mengalihkan pikiran dari masalah yang ada.

Loading...

Saat tertawa atas suatu hal lucu, tanpa disadari kamu akan fokus pada hal itu dan melupakan masalah yang sedang kamu alami. Tertawa bisa melindungi dirimu dari kecemasan.

2. Menghindari kecemasan.

Saat kamu tertawa, amigdala juga terlibat. Amigdala merupakan area paling kecil pada otak yang merupakan pusat dari respons ancaman atau kecemasan yang sedang kita alami. Dengan tertawa, itu bisa mengatasi kecemasan hingga stres.

3. Memberi kesehatan lebih baik.

Tertawa dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan dan mengurangi kortisol, hormon yang sangat tinggi ketika seseorang menderita stres jangka panjang dan menekan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, kadar antibodi meningkat, dan respons anticarcinogenik alami tubuh meningkat.

4. Tertawa membangun koneksi.

Tertawa memberikan koneksi yang kuat sehingga ketika kita tertawa, orang lain juga akan tertawa. Tanpa disadari kita menularkan zat endorfin yang memberikan kebahagiaan.

5. Tertawa meningkatkan kinerja mental.

Seorang psikolog dan peneliti tawa, Rod Martin, menjelaskan bahwa tertawa bisa menyembuhkan stres karena hasil dari detak jantung yang dipercepat, yang meningkatkan oksigen ke otak. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang saat melepaskan tawa.

RECOMMENDED BY EDITOR